Article

Homepage Article Fashion Design Asal Usul Motif Polkadot…

Asal Usul Motif Polkadot Serta Pengaplikasiannya Pada Berbagai Produk Fashion Pria dan Wanita

Biasa diidentikkan sebagai motif yang bernuansa vintage dan jadul, motif polkadot yang kembali booming di tahun 2020 ternyata juga memiliki makna yang sangat dalam karena diyakini dapat membawa keceriaan dan kebahagiaan. Untuk mewarnai hari-hari anda pilihan outfit dengan motif polkadot pun juga lumayan banyak lho.

Pengertian Motif Polkadot

Motif polkadot sendiri sebenarnya merupakan sebuah motif berbentuk bintik-bintik teratur yang biasa dijumpai pada bermacam-macam produk pelengkap fashion. Dahulu motif polkadot hanya didominasi warna hitam dan putih saja namun seiring berjalannya waktu motif tersebut juga dikembangkan dalam berbagai variasi warna.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.freepik.com/

Meski tidak ada catatan sejarah yang menerangkan siapa orang pertama yang menggunakan istilah polkadot, namun berdasarkan kamus Webstre’s Ninth New Collegiaten Dictionary dapat disimpulkan bahwa motif polkadot tersebut pada prinsipnya telah lama digunakan sebagai motif tekstil untuk mempercantik berbagai busana wanita.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Selain itu ada pula sumber yang menyebutkan bahwa polkadot berasal dari nama tarian Eropa Timur karena pengulangan motifnya yang berbentuk bintik-bintik teratur dengan pola print 2/4, tampaknya sesuai dengan langkah-langkah dasar sekaligus irama tarian polka yang dipopulerkan kaum bohemia di Eropa sekitar tahun 1844.

Motif Polkadot

Sumber : https://stylemakerfabrics.com/

Perkembangan Motif Polkadot

Dari yang awalnya hanya didominasi warna hitam dan putih saja, pola cetakan motif polkadot lambat laun juga mengalami perubahan warna dan ukuran menjadi lebih bervariasi. Penggabungan besar kecilnya ukuran bintik atau bulatan pada sebidang motif tersebut nyatanya juga semakin menambah keanekaragaman motif polkadot.

Berdasarkan ukuran bulatan atau dimensi bulatannya motif polkadot sendiri pada umumnya dapat dibedakan ke dalam tiga ukuran, yakni polkadot dengan bulatan kecil, polkadot dengan bulatan berukuran sedang dan polkadot dengan ukuran bulatan besar.

  1. Penilaian besar kecilnya ukuran bulatan yang menjadi ciri khas motif polkadot ini relatif, dalam artian tergantung persepsi orang.
  2. Bisa saja bulatan yang dianggap besar oleh sebagian orang dianggap sedang untuk orang lain atau bulatan yang sebenarnya sedang dianggap kecil oleh orang lain.
  3. Selain dibedakan berdasarkan ukurannya, warna bulatan yang terdapat pada motif polkadot sebenarnya juga sangat banyak, namun secara keseluruhan dapat dibagi dalam dua kategori besar, yakni polkadot dengan bulatan satu warna dan polkadot dengan banyak warna.

Dengan karakteristik motifnya yang jadul namun tetap terkesan segar sampai saat ini motif polkadot tetap menjadi salah satu motif yang begitu diminati oleh banyak orang. Bahkan di kalangan desainer ternama sekalipun motif polkadot juga sering digunakan untuk membuat produk pakaian dengan kualitas premium.

Beberapa hal menarik yang bisa anda temukan dari motif polkadot diantaranya:

  1. Motif polkadot identik dengan kesan santai yang ceria dan menyenangkan.
  2. Banyak orang yang mempercayai motif polkadot sebagai pembawa kebahagiaan dan kemakmuran.
  3. Semakin besar ukuran polkadot dan semakin padat susunan motifnya maka semakin besar perasaan senang yang dirasakan pemakainya.
  4. Motif polkadot juga identik dengan optimisme yang pada akhirnya membuat seseorang cepat bangkit saat mengalami kesedihan.

Aplikasi Motif Polkadot

Terkait dengan pemanfaaannya dalam dunia fashion, motif polkadot yang terkesan unik dan menarik pada prinsipnya dapat dijumpai pada bermacam-macam produk fashion untuk pria maupun wanita bahkan anak-anak dari berbagai kategori usia. Walaupun pemakaian motif polkadot pada busana wanita memang jauh lebih bervariasi.

Dengan tetap mempertahan karakteristiknya yang khas, pada produk pelengkap fashion wanita kini motif polkadot banyak dihadirkan melalui berbagai macam item seperti gamis, tunik, blus wanita, rok, celana, hijab, tas, sepatu bahkan jas hujan.

1. Gamis

Gamis merupakan pakaian muslim yang banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar hingga menutupi seluruh badan pemakainya mulai dari leher sampai ke mata kaki. Detail motif polkadot yang kecil-kecil akan memberikan kesan yang atraktif tanpa terkesan berlebihan.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.hipwee.com/

Tertarik untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis ada bisa mendownload pola gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

2. Tunik

Tunik merupakan sepotong pakaian longgar yang menutupi dada, bahu dan punggung dengan panjang hingga sebatas lutut maupun betis. Jika dimasa lalu kebanyakan tunik hanya dibuat dari bahan yang polos maka untuk saat ini tunik juga bisa dengan mudah ditemukan dalam motif-motif polkadot yang menarik.

Motif Polkadot

Sumber : https://hijabenka.com/

3. Blus Wanita

Blus wanita juga termasuk ke dalam salah satu jenis busana penutup tubuh bagian atas yang saat ini banyak dibuat dari bahan kain bermotif polkadot. Dengan tampilannya yang simple namun tetap terkesan berkelas blus ini sangat cocok dipakai pada kesempatan formal, semi formal maupun casual.

Beberapa ciri-ciri khusus dari blus wanita yang penting untuk anda ketahui di antaranya:

  • Blus wanita tidak selalu dibuat dengan model menggantung.
  • Blus wanita tidak selalu menggunakan manset dan kancing penuh di bagian depannya.
  • Beberapa blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus wanita bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus wanita juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.blibli.com/

Untuk anda yang ingin membuat blus yang simple tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya anda bisa mendownload Pola Blus Wanita Dewasa dari kami.

4. Rok

Khusus untuk anda para wanita yang ingin tampil lebih feminim dalam setiap kesempatan wajib bagi anda untuk memiliki rok bermotif polkadot. Ukuran dan siluet rok yang anda pilih pun tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Berdasarkan ukuran panjangnya rok wanita secara umum dapat dibagi menjadi enam kategori.

  • Rok micro yang panjangnya sampai batas pangkal paha.
  • Rok mini yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  • Rok kini yang panjangnya sampai batas lutut.
  • Rok midi yang panjangnya sampai pertengahan betis.
  • Rok maxi yang panjangnya sampai mata kaki.
  • Rok floor yang panjangnya sampai menyentuh lantai.

Sementara kalau berdasarkan siluetnya rok wanita bisa dibedakan menjadi tujuh kategori.

  • Rok dari pola dasar yang modelnya dibuat tanpa ada lipit atau kerut.
  • Rok span yang memiliki bentuk menyempit di bagian bawah dan rok semi span yang bagian sisinya lurus ke bawah.
  • Rok pias yang diberi nama tergantung jumlah pias atau potongan yang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.
  • Rok kerut yang dibuat dengan model kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawahnya tampak melebar.
  • Rok kembang yang bagian bawahnya dibuat melebar.
  • Rok lipit yang mempunyai garis-garis lurus dari pinggang ke bawah.
  • Rok bertingkat yang dibuat dalam beberapa tingkat ada yang dua tingkat ada yang tiga tingkat.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.uniqlo.com/

5. Celana

Celana merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang memiliki bentuk seperti pipa dan biasanya dipakai mulai dari pinggang melewati panggul kebawah sesuai panjang yang diinginkan. Celana polkadot yang dipadukan dengan jaket jeans sangat cocok dikenakan untuk jalan-jalan.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.tradesy.com/

6. Hijab

Hijab segi empat dengan motif polkadot dapat dijadikan sebagai hijab favorit bagi para wanita muslimah untuk tampil cantik maksimal karena bentuknya yang simple lebih mudah untuk dibentuk dan dikreasikan. Supaya jauh dari kesan berlebihan sebaiknya kenakan hijab ini dengan busana yang polos.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Tas

Khusus untuk anda yang memiliki kecintaan tersendiri terhadap motif polkadot mungkin anda bisa memasukkan tas sebagai pelengkap gaya penampilan. Modelnya sendiri bisa bermacam-macam mulai dari tote bag, backpack, sling bag dan lainnya.

Motif Polkadot

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Sepatu

Tidak hanya terbatas pada pakaian dan tas saja anda juga bisa mengenakan sepatu bermotif polkadot sebagai pelengkap gaya penampilan. Dengan tampilannya yang gaya dan trendy sepatu polkadot akan sangat membantu anda untuk tampil lebih keren dalam setiap kesempatan casual.

Motif Polkadot

Sumber : https://berrybenka.com/

9. Jas Hujan

Untuk melindungi tubuh dari terpaan hujan serta meminimalisir masuknya air ke bagian tubuh kenakan jas hujan yang memiliki sifat tahan air. Bila duu kebanyakan jas hujan hanya dibuat dari bahan polos kini terdapat pula beberapa jenis jas hujan yang dibuat dengan motif polkadot.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.plumo.com/

Ingin membuat jas hujan untuk keperluan produksi tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload Pola Jas Hujan Gamis/Hijab siap pakai dari kami.

Pola Jas Hujan

Sumber : https://fitinline.com/

Pola jas hujan gamis/hijab adalah pola jas hujan model gamis/hijab yang biasanya digunakan oleh perempuan muslim dengan tetap mempertahankan model yang syari. Standar ukuran untuk jas hujan gamis/hijab di Fitinline adalah sebagai berikut.

Ukuran Jas Hujan

Pola jas hujan gamis/hijab ini dibuat untuk konsumsi rumahan, dimana pola dalam bentuk file PDF. Setelah dicetak, pola harus disusun sesuai dengan ukuran nomor yang tertera di halaman. Panduan penyusunan halaman ada di lembar panduan yang ada di dalam paket pola.

Meskipun perkembangan polkadot juga merambah ke banyak perlengkapan busana pria, namun aplikasinya masih terbatas sebagai bahan pelapis untuk jas, kemeja pria, kimono tidur, sapu tangan, dasi hingga kaos kaki. Motif yang digunakan secara kesuluruhan juga memiliki ukuran bintik-bintik yang relatif kecil.

1. Kemeja Pria

Kemeja pria dengan motif polkadot menjadi salah satu jenis kemeja yang dapat digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan casual maupun semi formal. Pilihan kemeja yang dipilihpun sangat beragam mulai dari kemeja ragular hingga kemeja bermodel slim fit.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.lyst.com/

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis maka anda bisa mendownload pola kemeja pria dari kami. Beberapa contoh pola kemeja yang bisa anda pakai diantaranya:

2. Kimono Tidur

Baju tidur kimono menjadi salah satu pilihan baju tidur yang nyaman dan praktis digunakan. Kalau kamu ingin menggunakan baju tidur yang satu ini anda bisa memilih kimono tidur yang dibuat dari bahan kain bermotif polkadot.

3. Sapu Tangan

Sapu tangan merupakan selembar kain (cita) berbentuk persegi yang digunakan untuk mengelap tangan, menutup mulut ketika batuk serta membersihkan bagian luar mulut. Untuk anda yang mau tampil sesuai trend wajib bagi anda untuk memiliki setidaknya satu buah sapu tangan bermotif polkadot.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.aliexpress.com/

4. Dasi

Sebagai salah satu aksesoris yang biasa digunakan untuk pelengkap gaya busana pria keberadaan dasi memang memiliki peranan yang sangat penting. Bila selama ini anda sudah biasa memakai dasi yang polos atau bermotif garis maka tidak ada salahnya bila anda mencoba dasi yang bermotif polkadot. 

Motif Polkadot

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Kaos Kaki

Untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan rasa nyaman saat mengenakan sepatu, kaos kaki memang memiliki peran yang sangat penting bagi sebagian besar pria. Selain diciptakan dalam warna-warna polos, kini banyak juga kaos kaki pria yang didesain dengan motif-motif polkadot.

Motif Polkadot

Sumber : https://www.pinterest.com/

Selain digunakan sebagai pelengkap kebutuhan fashion, motif polkadot sebenarnya juga dapat dipakai sebagai penghias berbagai perlengkapan rumah tangga seperti sprei, tirai, kursi, meja rias, sampul kado, hingga wallpaper dinding.

Padupadan Busana Polkadot

Bagi anda yang menyukai motif polkadot tapi masih bingung menentukan padupadannya intip yuk tips padupadan busana polkadot yang bisa anda coba.

1. Gunakan Gaya Klasik

Motif polkadot yang cantik sangat cocok jika digunakan untuk menciptakan gaya yang klasik. Caranya yakni padukan outfit polkadot dengan fashion item lain yang sama-sama klasik.

2. Padukan Dengan Busana Polos

Motif polkadot terkadang menjadi terkesan penuh saat dipakai. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka seimbangkan penampilan anda dengan item fashion lain yang lebih polos.

  • Bila anda ingin memakai blus bermotif polkadot sebaiknya padukan dengan rok atau celana yang cenderung polos.
  • Bila anda ingin memakai dress polkadot maka seimbangkan penampilan anda dengan blazer polos berwarna putih.
  • Ketika polkadot dipadukan dengan busana lain yang polo maka anda juga akan mendapatkan tampilan yang lebih elegan.

3. Pastikan Warnanya Senada

Untuk anda yang ingin memadukan busana bermotif polkadot dengan outfit lain, pastikan warna yang digunakan sesuai dengan warna-warna yang ada di motif polkadot.

4. Padukan Dengan Motif Polkadot Lain

Padukan busana bermotif polkadot dengan motif polkadot yang warnanya senada. Sebagai bahan percobaan anda bisa memadukan busana penutup tubuh bagian atas yang bermotif polkadot hitam dengan dasaran putih dan bawahan polkadot putih yang berwarna dasar hitam.

5. Padukan Dengan Motif Lain

Jika berani padukan motif polkadot dengan motif lain. Kunci utamanya yaitu pastikan bahwa motif yang dipadukan tidak memiliki kerapatan yang sama.

6. Tambahkan Aksesoris

Padukan busana bermotif polkadot dengan aksesoris sederhana yang berwarna kontras untuk memberikan fokus pada penampilan anda. Dengan cara ini aksesoris yang anda pakai akan membuat tampilan jadi lebih elegan.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah singkat perkembangan motif polkadot dan aplikasinya dalam berbagai produk fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis motif lain yang tidak kalah seru dan menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.