Article

Homepage Article Kain Rekomendasi Bahan Yang Cocok…

Rekomendasi Bahan Yang Cocok Untuk Jaket Windbreaker Serta Tips Memilih dan Merawatnya

Diantara sekian banyak jenis jaket yang ada, jaket pria dan jaket wanita dengan tipe windbreaker bisa dibilang punya popularitas yang bagus. Bukan semata-mata karena memiliki tampilan yang keren, tapi secara fungsional jaket windbreaker ini juga dapat dijadikan sebagai sahabat sejati di tengah cuaca yang tidak menentu.

Pengertian Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker termasuk ke dalam jenis jaket keselamatan berbahan ringan yang dirancang khusus untuk dapat menahan angin sekaligus hawa dingin sehingga memungkinkan tubuh pemakainya tetap merasa hangat meski berada di tengah kondisi cuaca yang lumaya ekstrim seperti angin besar hingga suhu yang dingin.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://shopee.ph/

Catatan sejarah menyebutkan istilah windbreaker sendiri sebenarnya merupakan merek dagang milik perusahaan John Rismann dari Chicago untuk nama produk jaket mereka. Dari yang awalnya digunakan untuk merek dagang istilah windbreaker tersebut kemudian menjadi populer dan identik dengan jenis jaket penahan angin.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.zumiez.com/

Tidak jauh berbeda dengan jenis jaket yang lainnya, model jaket yang satu ini pada prinsipnya juga memiliki ciri yang sangat khas.

  1. Jaket windbreaker biasanya menggunakan karet elastis pada bagian pergelangan tangan.
  2. Untuk membuka dan menutup belahan jaket terdapat sebuah resleting yang dipasang pada bagian badan depan.
  3. Jaket windbreaker standar biasanya memiliki kerah yang berfungsi untuk melindungi leher.
  4. Selain itu jaket windbreaker umumnya juga memiliki tambahan hoodie untuk melindungi bagian kepala.
  5. Terdapat pula beberapa produsen jaket yang mengeluarkan model jaket windbreaker dengan beberapa fitur ekstra, seperti kantong di beberapa bagian lengan atau bagian dalam jaket.
  6. Jaket windbreaker tidak memiliki seemsheeld atau perisai jahitan.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.supercasuals.com/

Lebih lanjut jaket windbreaker juga sering dianggap sebagai perkembangan jaket parka yang dikenakan oleh suku Inuit di Antartika. Penamaan jaket windbreaker di sejumlah negara pun juga bervariasi lho.

  1. Istilah jaket windbreaker biasa dipergunakan di Amerika Utara dan Jepang.
  2. Kalau di daerah Inggris dan negara persemakmuran (commonwealth) tertentu termasuk Australia dan India jaket ini biasa disebut sebagai windcheater.
  3. Sementara Inggris Raya biasa menyebut jaket windbreaker sebagai windjammers atau cagoules.
  4. Dari beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan jenis jaket tersebut, sebetulnya istilah jaket windcheater lebih dulu lahir dari pada jaket windbreaker.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.walmart.com/

Khusus di Indonesia banyak orang yang sering menyamakan jaket windbreaker dengan jas hujan lantaran sifatnya yang anti angin juga terbukti efektif melindungi tubuh dari hujan ringan. Selain dipakai saat musim hujan, jaket ini juga cocok untuk digunakan saat berolahraga pagi di luar rumah dan saat keluar di malam hari.

Bahan Jaket Windbreker

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya jadi jaket windbreaker sendiri sebenarnya dapat diciptakan dari berbagai macam jenis kain. Biasanya bahan yang digunakan untuk jaket windbreaker yakni berupa bahan parasut, taslan, kanvas, poliester, nilon, despo, mayer dan puma scott.

1. Kain Parasut

Kain parasut dikenal sebagai salah satu bahan kain yang cukup ringan dan memiliki kemampuan untuk menolak air yang cukup baik karena pada dasarnya kain parasut sendiri dibuat dari bahan sintetis.

  • Kain parasut merupakan bahan jaket yang berasal dari serat sintetis hasil pengolahan minyak bumi yang kemudian diproses lebih lanjut menjadi serat fiber poly.
  • Secara keseluruhan bahan jaket parasut mengandung plastik, sehingga cenderung kedap air dan angin.
  • Tidak dapat menyerap keringat dengan baik sehingga kurang cocok jika dikenakan pada udara panas.
  • Bahan kain parasut sangat mudah dibersihkan, cepat kering dan tidak menimbulkan bau.
  • Bahan kain parasut biasanya banyak digunakan untuk membuat jaket windbreaker maupun jaket olahraga.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Berdasarkan bahan utamanya kain ini sebenarnya tersedia dalam berbagai macam variasi harga sebanding dengan kualitasnya. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang kain parasut simak kembali pembahasan mengenai Jenis-Jenis Kain Parasut Untuk Jaket Lengkap Dengan Cara Perawatannya.

2. Kain Taslan

Kain taslan merupakan salah satu bahan jaket yang bersifat eksklusif karena terbuat dari serat sintetis berkualitas tinggi. Kain ini konon juga terkenal sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika digunakan di malam hari.

  • Kain taslan secara umum memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan kai parasut akan tetapi cenderung lebih tebal, lembut ringan dan kuat.
  • Sebagai bahan jaket, kain taslan juga terkenal paling eksklusif karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air.
  • Kain taslan memiliki banyak macam seperti taslan salur, taslsn korea maupun taslan lokal.
  • Kain taslan biasa digunakan untuk membuat berbagai macam model jaket termasuk jaket windbreaker dan berbagai macam jenis jaket outdor yang lainnya.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.ebay.com/

Jaket yang dibuat dari kain taslan bisa dikatakan memiliki kualitas setingkat lebih bagus jika dibandingkan dengan jaket berbahan parasut. Karena karakteristik bahannya terkesan elegan dan tampak mewah kain ini juga banyak digunakan untuk jaket distro kelas menengah.

3. Kain Kanvas

Bahan kanvas merupakan sejenis bahan jaket yang biasa digunakan untuk membuat jaket casual termasuk di dalamnya ada jaket windbreaker. Sebagai bahan pembuatan jaket, kain kanvas sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://ferfi-divat.blog.hu/

4. Poliester

Kain poliester merupakan sejenis kain berbahan serat sintetis atau buatan yang diolah dan di tenun menjadi lembaran kain. Karena dibuat dari serat sintetis kain ini jadi tidak mudah berkerut, cepat kering dan tahan air.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.independenttradingco.com/

5. Nilon

Nilon merupakan sebutan generik untuk keluarga polimer sintetik yang dikenal secara luas sebagai poliamida. Sebagai bahan jaket yang termasuk kedalam jenis kain sintetis kain ini pada prinsipnya menawarkan banyak keunggulan.

  • Kain nilon merupakan bahan yang ringan, kuat dan bersifat elastis.
  • Nilon termasuk kedalam jenis bahan yang awet dan cepat kering.
  • Nilon mudah dicuci, tidak mudah berubah bentuk dan tidak mudah robek.
  • Nilon tahan terhadap panas dan air, sehingga dapat digunakan sebagai bahan jaket windbreaker.
  • Nilon tahan terhadap serangga, jamur dan kutu.

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.etsy.com/

6. Kain Despo

Kain despo termasuk jenis kain windbreaker (penahan angin) sejenis parasut namun agak halus. Karakteristik dari kain ini yaitu saat dipegang cenderung licin, tidak mudah kusut, dan bersifat waterproof (anti air).

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.kaulaku.com/

7. Kain Mayer

Kain mayer merupakan jenis kain parasut polyester. Karakteristiknya yaitu relatif tipis jika dibandingkan dengan kain taslan, tidak kaku, bersifat water resistant (tidak dapat ditembus air jika jumlah airnya tidak terlalu banyak).

Jaket Windbreaker

Sumber : https://www.olx.co.id/

8. Kain Puma Scott

Kain puma scott memiliki karakteristik mirip parasut akan tetapi lebih tebal dengan permukaan yang halus, tidak berisik bila digesekkan dan tidak mudah kusut.

9. Kain ZN

Kain ZN mempunyai sifat yang mirip dengan kain taslan namun tekstur kainnya berbeda. Sebab kain ZN cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan taslan. Disisi lain kain ZN ini juga mempunyai sifat anti air (water resistant).

10. Kain Gore-tex

Kain gore-tex memiliki sifat waterproof (tahan air), windproof (tahan angin) dan breathable (tidak bikin gerah). Jenis kain ini bisa dipakai untuk jaket olahraga outdoor seperti hiking.

Selain beberapa jenis kain yang sudah disebutkan di atas ada lagi bahan yang namanya windstopper. Windstopper sebenarnya merupakan sebuah merk laminasi membran kain yang memiliki sifat windproof sehingga sangat nyaman dikenakan untuk beraktifitas. Produk ini diproduksi oleh W. L. Gore Corporation.

Untuk mengetahui keistimewaan bahan windstopper simak kembali pembahasan mengenai 7 Keunggulan Bahan Windstopper, Bahan Anti Angin Yang Biasa Dipakai Pada Jaket Outdor pada artikel Fitinline terdahulu.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket windbreaker maupun model jaket pria dan jaket wanita yang lainnya?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain kami Di Sini.

Pemanfaatan Jaket Windbreaker

Secara umum jaket windbreaker memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk melindungi dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil ditengah cuaca yang cenderung dingin dan berangin. Karena alasan itulah dalam kehidupan sehari-hari jaket pria dan jaket wanita yang dikenal dengan nama windbreaker ini pemanfaatannya juga sangat luas.

  1. Jaket windbreaker sangat cocok digunakan untuk anda yang sering menghabiskan waktu di daerah-daerah dingin atau bagi anda yang tinggal di kota yang berhawa dingin.
  2. Sifatnya yang tidak mudah tertembus angin dapat memberikan kenyamanan serta kehangatan sewaktu anda harus berkendara motor di malam hari dalam kondisi cuaca yang dingin.
  3. Para pendaki gunung orang yang gemar berpetualang di alam terbuka juga sangat diwajibkan untuk memiliki jaket windbreaker. Selain menghalau udara dingin jaket ini juga dapat melindungi pemakainya dari hujan ringan sehingga tubuh mereka tidak basah.
  4. Sebagai pelengkap gaya penampilan jaket windbreaker ini sangat cocok digunakan pada saat musim kemarau, karena berfungsi untuk mencegah masuknya angin ke bagian badan.

Jika anda ingin mencobanya anda bisa mengkombinasikan penggunaan jaket windbreaker ini dengan jeans dan kaos oblong maupun kaos polo untuk mempertegas sisi maskulin. Sebagai referensi lain anda juga bisa mengenakan jaket windbreaker secara berlapis, yakni sebagai busana terluar dari kemeja dan cardigan.

Tips Memilih Jaket Windbreaker

Berencana untuk membeli jaket windbreaker sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung harus memilih jaket yang seperti apa?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa saran yang penting untuk anda perhatikan ketika hendak membeli jaket windbreaker.

  1. Perhatikan fitur-fitur ekstra yang terdapat dalam sebuah jaket windbreaker. Biasanya semakin banyak fitur yang ditambahkan maka akan membuat jaket windbreaker semakin berat.
  2. Pastikan lengan windbreaker cukup panjang untuk menutupi pergelangan tangan anda. Beberapa produsen membuat variasi windbreaker yang memiliki thumb hole untuk menghangatkan bagian telapak tangan dan melindungi tubuh agar tidak terluka.
  3. Bila jaket windbreaker yang anda pilih menawarkan hoodie, pastikan ukurannya sudah benar-benas sesuai dengan kepala anda. Untuk mengujinya coba dahulu jaket tersebut dan rasakan apakah hood tersebut nyaman dipakai atau malah menyusahkan.
  4. Usahakan untuk memilih jaket windbreaker yang memiliki ukuran sedikit lebih besar di atas nomor pakaian anda, sehingga tubuh anda dapat bergerak dengan mudah dan nyaman meski sedang mengenakan jaket.
    • Jangan memilih jaket windbreaker yang terlalu sempit hingga membuat anda tidak nyaman.
    • Jangan juga memilih jaket windbreaker yang terlalu longgar hingga menyulitkan anda saat beraktifitas.
  5. Perhatikan bagian resleting jaker karena bagian ini biasanya akan menjadi tempat favorit bagi angin untuk menyusup. Supaya lebih aman pastikan bagian dalam resleting memiliki lapisan penutup.
  6. Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga jaket yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan anda. Jangan hanya kerena ingin mendapatkan jaket windbreaker, lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.
    • Biasakan untuk membeli jaket windbreaker yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli jaket karena harganya murah.
    • Kalau anda ingin mendapatkan jaket yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan model jaket yang sejenis.
  7. Periksa kualitas jahitan yang terdapat pada jaket windbreaker yang hendak anda beli, sebab semahal apapun jaket yang anda pilih jika jahitannya kurang rapi dan terlihat tidak kuat maka kualitas jaketnya juga akan turun.

Merawat Jaket Windbreaker

Sudah menemukan jaket windbreaker yang sesuai dengan keinginan anda?. Untuk memastikan bahwa jaket windbreaker yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan cara perawatan yang diterapkan untuk jaket tersebut benar-benar tepat ya.

  1. Periksa label pencucian yang terdapat pada jaket anda untuk mengetahui informasi jenis bahan, anjuran dan larangan dalam perawatannya.
  2. Keluarkan semua benda yang terdapat di dalam saku jaket, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal apa lagi sisa makanan yang tidak sengaja masuk ke dalam saku jaket.
  3. Hindari mencuci jaket pria dan jaket wanita yang bertipe windbreaker dengan menggunakan mesin cuci. Sebagai gantinya kuceklah jaket windbreaker tapi itu pun harus dengan tenaga biasa.
    • Untuk urusan merendam pun sama, hindari merendam jaket terlalu lama karena akan membuat lapisan kainnya menjadi luntur.
    • Untuk membersihkan kotoran membandel pada permukaan jaket, gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan halus kemudian kucek jaket seperti biasa.
    • Hindari memeras jaket windbreaker dengan cara dipelintir karena bisa membuat jaket jadi tampak kusut.
  4. Selesai melakukan pencucian anda bisa menjemur jaket hingga benar-benar kering. Tapi ingat, untuk menjemurnya jangan langsung di bawah sinar matahari agar jaket windbraker anda berumur lebih panjang.
  5. Simpan jaket dalam posisi tetap pada gantungan baju, usahakan jangan melipat jaket windbreaker ketika menyimpannya jika anda tidak ingin menemukan lipatan-lipatan kecil yang timbul pada jaket.

Beberapa hal penting yang harus anda hindari bila ingin memiliki jaket windbreaker yang awet diantaranya:

  1. Jangan menyetrika jaket windbreaker karena bisa membuat hangus permukaan kainnya.
  2. Jangan menyemportkan parfum pada permukaan jaket pria dan jaket wanita dengan tipe windbreaker.
  3. Jangan menyimpan benda tajam dalam kantung jaket anda.
  4. Jika memang tidak perlu, jangan menggunakan jaket gunung saat matahari terik karena hal ini hanya akan membuat tubuh anda merasa kegerahan.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian, jenis-jenis bahan, pemanfaatan jaket windbreaker, serta cara mudah untuk memilih dan merawatnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline tahu lebih banyak tentang info seputar fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.