Article

Homepage Article Kain Tekstil Keunikan Motif Madras Pada…

Keunikan Motif Madras Pada Bahan Kain

Sudah tahu dengan apa yang dimaksud dengan motif madras?. Motif madras sebenarnya merupakan pola yang bisa anda lihat dalam berbagai jenis kain hanya saja mungkin sahabat Fitinline tidak sadar akan namanya. Kain ini juga diidentifikasi dengan nama madrasi checks (kotak-kotak madras).

Kain Madras

Sumber : http://global.rakuten.com/

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kain bercorak madras yang kita kenal hingga saat ini konon berasal dari sebuah kota di India yaitu kota Madras yang sekarang sudah berganti nama menjadi Chennai. 

Kain Madras

Sumber : http://store.fabrics-textiles.com/

Pola madras secara garis besar terbentuk dari susunan garis-garis yang malang melintang sebagai pembatas kotak-kotak. Dimana garis-garis yang terdapat pada pola madras tersebut umumnya memiliki warna yang berbeda. Karena menggunakan bahan pewarna alami, jadi kain madras umumnya memiliki penampakan yang sama baik di bagian luar maupun dalam. 

Kain Madras

Sumber : http://www.emmamcginn.com/

Selain diaplikasikan pada kain biasa, pola madras sebenarnya juga dapat dijumpai pada kain patchwork. Madras patchwork merupakan sejenis bahan yang diperoleh dari penggabungan beberapa potongan kain perca yang dijahit menyatu hingga membentuk sebuah pola baru yang tersusun atas berbagai plaids. 

Kain Madras

Sumber : http://afrolia.com/

Di luar negeri pola madras sendiri sering diaplikasikan pada berbagai pakaian musim panas seperti celana panjang, celana pendek, gaun, dan jaket. Madras juga digemari sebagai celana pemain golf, kemeja anak, kaos kaki dan asesoris pelengkap fashion lainnya. 

Kain Madras

Sumber : http://fabrics-fashion.blogspot.co.id/

Hal utama yang membedakan kain madras dengan bahan kain lainnya, dapat dilihat pada pola kotak-kotak dan garis berwarna-warni yang mendominasi kain madras. Sebab garis-garis penyusun pada motif madras ini secara keseluruhan memiliki warna yang berbeda untuk membentuk kotak-kotak yang tidak merata.

Kain Madras

Sumber : http://patchwork-madras.weebly.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.