Article

Homepage Article Desain Fesyen Aplikasi Kain Sutera Pada…

Aplikasi Kain Sutera Pada Busana

Ratu kain, merupakan salah satu sebutan untuk kain sutera. Kain ini banyak disukai wanita karena memiliki keunggulan tersendiri dibanding kain jenis lainnya. Kain sutera memiliki kilauan seperti mutiara yang sangat cantik. Meskipun penampilannya yang halus, sutera merupakan serat alami terkuat yang dikenal manusia. Kain sutera juga mampu menyesuaikan iklim, misalnya sutera akan terasa hangat dan nyaman dikenakan saat musim dingin, nyaman dan sejuk di musim panas. Kain sutera juga penyerap yang baik, sutera mampu menyerap hingga 30% dari berat uap air tanpa merasa basah, sutera akan menyerap keringat sementara membiarkan kulit tetap bernapas.

Aplikasi kain sutera biasanya digunakan untuk berbagai macam busana, misal busana pengantin, busana pesta, busana muslimah, kaftan, jilbab, sorban, mukena, dress, dan lain sebagainya. Saat inipun banyak kain sutera yang kemudian diaplikasikan dengan proses pembatikan, hasilnya kain sutera semakin bertambah mahal harganya namun tetap nyaman ketika digunakan.

Busana Pengantin Berbhan Kain Sutera

Busana Pengantin Berbhan Kain Sutera

Sumber: http://kain-sutra.com

Mukena Kain Sutera

Mukena Kain Sutera

Sumber: http://mukenapelangi.com

Kaftan Sutera

Kaftan Sutera

Sumber: http://www.penjahitkebaya.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Begitu istimewanya kain sutera sehingga dalam proses menjahitnya pun memerlukan perlakuan khusus agar kain ini menjadi busana yang indah. Mulai dari memilih jarum jahit untuk proyek jahitan berbahan sutera anda. Pemilihan jarum jahit yang salah bisa mengakibatkan hasil jahitan yang kurang bagus, bisa merusak bahan. Periksa dan cocokkan dengan jenis mesin jahit anda. Ingatlah untuk selalu memeriksa tipe mesin jahit anda. Mesin jahit dinamo kecil dan besar berbeda tipe jarum jahit yang digunakan. Belilah jarum jahit yang bagus, meskipun harga jarum jahit itu tidak seberapa mahalnya, tetapi ada juga produk palsunya, jadi pastikan anda membeli jarum jahit di tempat yang dipercaya atau tempat langganan anda. Biasanya jarum jahit (isi 10) dikemas dalam bungkus kertas warna hijau, sebelum anda bayar, coba cek dulu isinya, ada beberapa kasus yang jarumnya bengkok. Selain mudah bengkok atau patah, jarum palsu biasanya cepat tumpul dan lubang benangnya lebih kecil dari yang biasa sehingga sangat susah untuk memasukkan benang kedalam jarum. Ada dua merk jarum jahit yang sering digunakan yaitu merk butterfly dan 555. Untuk harga, merk 555 lebih mahal daripada butterfly. Selisih harga yang jauh itu tentu menunjukkan kualitas dan perbedaan dari kedua merk jarum jahit itu, gunakan jarum jahit 555 untuk menjahit bahan kain sutera. Pastikan jenis jarum jahit yang digunakan sesuai dengan ketebalan bahan. Jarum jahit juga memiliki ukuran, ukuran yang biasa digunakan untuk kain sutera adalah nomor 9 dan 11.

Jarum Jahit

Jarum Jahit

Sumber: http://rumahjahithaifa.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Saat memotong kain sutera, gunakan gunting yang bersih dan tajam karena sutera rentan terhadap tarikan. Saat memotong kain sutera, sebaiknya lapisi kain dengan kertas sebelum mengguntingnya. Sutra memiliki tekstur yang licin sehingga harus hati-hati dalam mengguntingnya. Jangan melipat kain sutera saat memotong, sebaiknya memotongnya satu persatu. Pilihlah jarum pentul atau pins yang tajam karena pins dapat meninggalkan lubang di sutera. Kalau pins yang anda gunakan tumpul akan merusak kain sutera dan meninggalkan bekas yang tidak bagus pada kain sutera. Hati-hati dalam pemberian tanda pada kain sutera, penggunaan spidol kain dan kapur kadang-kadang bisa sulit untuk dihilangkan dari kain sutera. Pastikan melakukan tanda uji pada kertas dan mencoba untuk menghapusnya sebelum membuat tanda potong pada kain sutera. Sebaiknya gunakan jarum pentul atau pins untuk menandainya.

Kain Sutera

Kain Sutera

Sumber: http://www.sew4home.com

Menjahit kain yang halus lembut seperti sutera terkadang menemui kesulitan dan sangat memakan waktu untuk mengerjakannya. Menjahit busana dengan bahan kain sutera dapat menimbulkan masalah tersendiri bagi para pemula yang tidak memiliki banyak pengalaman. Saat menjahit kain sutera ada baiknya menggunakan beberapa kertas tisu atau kertas koran di bawah kain sutera. Hal ini akan mencegah peregangan dan kerutan pada kain. Setelah selesai menjahit potong atau robek kertas yang digunakan dengan hati-hati. Cara lain untuk menghindari kerutan pada jahitan yaitu saat anda menjahit peganglah kain sutera pada bagian depan dan belakang jarum. Sebaiknya jangan menggunakan benang sutra untuk menjahit kain sutra anda. Benang sutra biasanya tidak sekuat katun atau benang poliester.

Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.