Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Bahan…

10 Alasan Mengapa Bahan Spandek Jersey Bagus Untuk Fashion Wanita

Butuh rekomendasi bahan kain yang halus, lembut, dingin di kulit, memiliki sifat stretch dan juga tidak mudah kusut?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa memilih bahan spandek jersey yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Spandek Jersey

Bahan spandek jersey termasuk ke dalam jenis kain rajut / knit single jersey yang sangat elastis dan tidak mudah kusut. Berdasarkan komposisi penyusunnya, bahan spandek jersey sendiri umumnya banyak dibuat dari campuran serat polyester dan spandek lycra dengan perbandingan tertentu.

  • Serat poliester yang lebih dominan membuat bahan spandek jersey mempunyai sifat kuat, tidak mudah sobek dan tidak gampang kusut.
  • Sedangkan serat spandek yang terkandung di dalamnya membuat bahan spandek jersey mempunyai sifat stretch dan nyaman dipakai.

Kain Spandex Jersey Kain Spandex Jersey

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Bahan Spandek Jersey

Layaknya bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian sehari-hari, bahan spandek jersey ini pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih bahan spandek jersey diantaranya:

1. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Bahan spandek jersey termasuk ke dalam jenis bahan kain yang kuat, elastis dan tahan lama karena dibuat dari bahan dasar polyester dan lycra.

2. Bahannya Halus dan Lembut

Bahan spandek jersey memiliki karakteristik halus dan lembut jadi akan terasa sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit.

3. Memiliki Elastisitas Yang Baik

Bahan spandek jersey memiliki sifat yang sangat khas yakni cenderung stretch ke 4 sisi. Walau pemakaian campuran spandek lycra pada kain ini hanya beberapa persen saja, tapi serat spandek lycra yang ada di dalamnya akan membuat bahan spandek jersey memiliki daya elastisitas yang baik.

4. Bahannya Dingin di Kulit

Bahan spandek jersey termasuk ke dalam jenis varian kain spandek yang dingin dan tidak panas di tubuh, jadi sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia yang cenderung panas.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Bahan spandek jersey tidak menerawang atau tembus pandang karena memiliki konstruksi benang yang rapat dan lumayan tebal. Ketika dijadikan sebagai bahan pakaian, bahan spandek jersey ini bahkan tidak perlu lagi tambahan furing atau lapisan lain didalamnya.

6. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Bahan spandek jersey cenderung tidak mudah kusut karena memiliki banyak kandungan polyester di dalamnya. Jadi sekalipun digunakan dalam waktu lama dan tanpa disetrika sekalipun tampilan kainnya akan tetap terlihat rapi.

7. Lentur dan Nyaman Dipakai

Bahan spandek jersey tergolong ke dalam jenis bahan kain yang lentur dan sangat nyaman jika dipakai untuk daily outfit.

8. Bahannya Terkesan Jatuh

Bahan spandek jersey teksturnya sangat lemas sehingga mudah jatuh ketika dikenakan sebagai bahan pakaian.

9. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Bahan spandek jersey termasuk ke dalam jenis kain yang warnanya tidak mudah pudar, tidak akan luntur dan tidak kusam walaupun sudah dicuci berulang kali di cuci.

10. Bahannya Gampang Kering

Perawatan bahan spandek jersey sangatlah mudah karena kain ini juga gampang kering apabila basah.

Kegunaan Bahan Spandek Jersey

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari kain ini umumnya banyak digunakan sebagai bahan dasar dari banyak produk fashion wanita seperti terusan/gamis, dress, kerudung, baju muslim, blus, legging, atasan dengan model cardigan dan masih banyak lagi produl lainnya yang tidak kalah menarik.

1. Gamis

Gamis merupakan salah satu busana wanita yang dapat dibuat dari bahan spandek jersey. Dengan karakteristik bahannya yang tidak menerawang gamis yang dibuat dari bahan ini tidak membutuhkan furing lagi.

Kain Spandex Jersey

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Download pola gamis siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat bergo sendiri dengan pola yang sudah jadi.

2. Dress

Berikutnya bahan spandek jersey juga akan terlihat sangat bagus jika digunakan untuk membuat berbagai model dress wanita, terutama dres-dress yang didesain dalam potongan longgar.

3. Kerudung

Untuk pelengkap gaya berhijab, kain spandek jersey sangat cosok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kerudung model bergo, khimar maupun hijab instan bertali. 

  • Bergo merupakan model hijab instan yang praktis dan memiliki ciri khas berupa tambahan pet (bantalan busa) di bagian depan.
  • Khimar umumnya memiliki desain yang lumayan panjang dan besar untuk menutupi bagian kepala mapun leher dan menjulur hingga dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk tulang selangka).
  • Sementara hijab instan bertali merupakan salah satu jenis jilbab instan dengan ciri khas ada tambahan tali di bagian belakang.

Kain Spandex Jersey

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Download pola bergo siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat bergo sendiri dengan pola yang sudah jadi.

4. Tunik

Selanjutnya ada tunik, sejenis busana wanita yang biasa didesain dalam ukuran cukup panjang hingga mencapai lutut bahkan bagian betis.

5. Blus

Selain tunik ada juga blus wanita yang dikreasikan dengan berbagai model lengan dan kerah baju. Blus yang dibuat dari bahan spandek jersey ini akan terlihat sangat cantik jika dipadupadankan dengan rok ataupun celana.

6. Legging

Fashion item berikut yang bisa dibuat dari kain spandek jersey yakni berupa legging yang memiliki desain pas dikaki. Selain mudah dipadupadankan dengan berbagai item fashion, celana legging dari bahan spandek jersey ini juga dikenal sangat fungsional karena dapat dipakai sebagai celana sehari-hari.

Kain Spandex Jersey

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Cardigan

Untuk pelengkap gaya layering atasan dengan model cardigan pun juga termasuk ke dalam jenis busana wanita yang sangat cocok dibuat dari bahan spandek jersey. Beberapa contoh cardigan yang dapat dibuat dari bahan ini antara lain berupa: 

  • Pertama ada long cardigan yang memiliki potongan lebih panjang hingga ke betis bahkan mencapai mata kaki.
  • Kedua ada kimono cardigan yang memiliki desain layaknya kimono atau yukata, dimana lengan tangannya dibuat lebar.
  • Ketiga ada batwing cardigan yang memiliki lengan sangat lebar seperti layaknya sayap kelelawar.

Kain Spandex Jersey

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan bahan spandek jersey lengkap dengan berbagai macam fashion item wanita yang dibuat dari bahan tersebut. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Butuh bahan spandek jersey berkualitas dengan harga murah untuk membuat gamis, dress, kerudung, tunik, blus dan berbagai model busana wanita lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Spandex Jersey (SKW) yang kami miliki.

Semoga Bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.