Article

Homepage Article Desain Fesyen Anda Wajib Tahu Perbedaan…

Anda Wajib Tahu Perbedaan Baju Imlek Cheongsam dan Baju Imlek Changshan, Jangan Salah Pakai Ya!

Sahabat Fitinline ada yang ikut merayakan tahun baru imlek?. Supaya perayaan imlek tahun ini jadi terasa lebih berkesan jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang ya. Untuk mengingat kembali tentang sejarah imlek di Indonesia dan baju yang tepat untuk imlek anda bisa menyimak pembahasan berikut.

Sejarah Imlek di Indonesia

Sebagai salah satu perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia termasuk mereka yang ada di Indonesia, imlek kerap dijadikan sebagai momen berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga. Pada perayaan imlek ini biasanya ditampilkan pula beragam pertunjukan khas Tiongkok di sejumlah tempat tertentu.

Baju Imlek

Sumber : http://blog.aseankorea.org/

Mengacu pada penanggalan Tionghoa, perayaan imlek umumnya selalu dilaksanakan tepat pada hari pertama bulan pertama tahun baru China dan diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh pada hari kelima belas. Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chuxi yang berarti “malam pergantian tahun”.

Baju Imlek

Sumber : https://www.cambridgema.gov/

Meski perayaan imlek setiap tahunnya selalu terlihat meriah, namun tahukah anda kalau dulu tepatnya sepanjang masa orde baru perayaan imlek di tempat umum konon sempat dilarang oleh pemerintah Indonesia lho. Barulah pada masa reformasi, imlek kembali memperoleh kebebasannya dan ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Baju Imlek

Sumber : https://www.kyivpost.com/

Gambaran singkat mengenai sejarah imlek di Indonesia bisa anda lihat melalui penjelasan berikut.

Orde Lama

Berdasarkan ketetapan pemerintah tentang hari raya umat beragama yang dibuat pada tahun 1946 imlek resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional pada masa pemerintahan presiden Sukarno.

Orde Baru

Pada pemerintahan presiden Soeharto lahirlah Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967 yang mengatur tentang pembatasan agama, kepercayaan dan adat istiadat Tiongkok. Hal ini menyebabkan:

    • Adat Tionghoa hanya boleh dirayakan secara tertutup di lingkungan keluarga.
    • Imlek, Cap Go Meh, dan barongsai dilarang untuk ditampilkan di hadapan publik.

Reformasi

Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur)

    • Pada tahun 2000 inpres pembatasan agama, kepercayaan dan adat istiadat Tiongkok yang ditetapkan pada masa orde baru resmi dicabut sehingga imlek bebas dirayakan.
    • Menindaklanjuti keputusan sebelumnya, pada tahun 2001 dikeluarkanlah Keputusan Presiden Nomor 19/2001 tertanggal 9 April 2001 yang meresmikan Imlek sebagai hari libur fakultatif bagi mereka yang merayakannya.

Presiden Megawati Soekarnoputri

Baru pada tahun 2002 Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Berawal dari adanya keppres tahun 2002, sampai sekarang imlek juga ditetapkan sebagai hari libur nasional setiap tahunnya.

Khusus di negara Indonesia, tahun baru imlek biasanya selalu dirayakan secara meriah oleh masyarakat Tionghoa seperti halnya hari besar agama lain. Dimana pakaian wajib yang dikenakan untuk menyambut perayaan imlek dalam tradisi warga Tionghoa kebanyakan berbeda dengan pakaian sehari-hari.


Baju Imlek Pria dan Wanita

Menyambung pembahasan mengenai pakaian untuk imlek, selain baju untuk imlek itu beda dengan pakaian sehari-hari ternyata baju imlek wanita dan baju imlek pria pada prinsipnya juga memiliki perbedaan lho. Jika baju imlek untuk wanita itu berupa cheongsam maka baju imlek untuk pria yaitu berupa changshan.

Baju Cheongsam

Baju cheongsam merupakan salah satu jenis pakaian tradisional yang biasa dipakai oleh para wanita Tionghoa. Kata cheongsam sendiri konon berasal dari bahasa Kanton yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, cheongsam berarti “pakaian panjang”. Kalau di wilayah Beijing cheongsam lebih dikenal dengan istilah qipao.

Model baju bernama qipao yang diciptakan dalam bentuk terusan ini banyak dikenakan oleh wanita Manchu dari Dinasti Qing yang berdiam di wilayah utara China. Desain dan tampilannya yang sederhana mampu menjadikan cheongsam sebagai busana berkelas yang sangat cocok digunakan untuk acara formal maupun casual.

Baju Imlek

Sumber : https://www.dhgate.com/

Berdasarkan desain aslinya baju cheongsam ini dulunya selalu dibuat dengan siluet yang pas di tubuh dan dilengkapi dengan kerah yang tinggi sehingga bagian leher pemakaainya secara otomatis akan tertutup ketika mengenakan cheongsam. Untuk mempercantik tampilannya, cheongsam terdapat pula aksen kancing di bagian tengah atau kanannya.

Baju Imlek

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Cheongsam asli Tiongkok dulunya juga memiliki ukuran yang cenderung panjang bahkan  hingga mencapai mata kaki. Untuk memberikan rasa nyaman dan memudahkan pemakainya ketika bergerak pada sisi kiri dan kanan cheongsam biasanya ditambahkan sebuah belahan yang cukup tinggi. 

Baju Imlek

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Cheongsam sendiri kebanyakan selalu menonjolkan kesan feminim dan lekuk tubuh pemakainya. Dengan motifnya yang bervariasi model baju yang satu ini sangat cocok jika dikenakan untuk berbagai acara, baik formal maupun casual. Beberapa motif yang dimaksud umumnya terdiri dari bunga peoni, bunga teratai, bunga krisan, burung, ikan dan naga.

Baju Imlek

Sumber : https://modernqipao.com/

Selain terkesan indah sejumlah motif atau corak yang diaplikasikan pada baju cheongsam sebenarnya juga memiliki makna sendiri-sendiri sahabat Fitinline. Beberapa diantaranya yakni:

  • Selama lebih dari 5000 tahun bunga peoni yang juga menjadi bunga nasional bangsa China memiliki simbol kekayaan dan kesejahteraan.
  • Dalam tradisi China bunga teratai kerap dianggap sebagai lambang pengorbanan yang sakral. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Tibet bunga ini juga memiliki makna kecantikan yang suci.
  • Bagi masyarakat China bunga krisan merupakan perlambang panjang umur.
  • Burung sebagai simbol kecantikan dan kemurnian. Motif burung juga sering dianggap sebagai perlambang kelas sosial pemakainya.
  • Selain bunga peoni ikan juga menjadi lambang kesejahteraan masyarakat Tionghoa.
  • Sementara motif naga pada baju cheongsam diartikan sebagai lambang kekuatan.

Dari yang awalnya dibuat sangat panjang hingga mencapai mata kaki, baju cheongsam pada perkembangannya mulai dibuat dalam banyak variasi model, sehingga tampilannya menjadi tampak lebih modern dan berkelas. Baju cheongsam ini pun kerap dijadikan pilihan busana terfavorit untuk merayakan tahun baru imlek.

Baju Imlek

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Cheongsam tidak melulu harus berbentuk terusan panjang atau berbentuk gaun selutut. Tapi anda juga bisa menambahkan aksen lain seperti peplum, tulle maupun variasi lain yang jauh lebih menarik.

  • Cheongsam dengan gaya cirlce dress bisa anda pakai untuk memberikan kesan anggun sekaligus berkelas.
  • Cheongsam dengan gaya empire waist dress bisa anda pilih untuk menonjolkan bentuk dada sekaligus menyamarkan kekurangan di bagian perut.
  • Cheongsam dengan gaya tent dress yang terkesan simple juga bisa membuat penampilan terkesan santai namun menarik.

Baju Imlek

Sumber : http://www.hotdealsless.ooo/

Baju Imlek

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Bukan hanya modelnya saja yang berubah tapi bahan untuk membuat baju cheongsam juga mengalami banyak perubahan.

Bila anda ingin menjadikan cheongsam sebagai baju santai sebaiknya pilih bahan kain yang menawarkan kenyamanan seperti misalnya kain katun dan kain yang sejenis. Kelebihan kain katun dibandingkan jenis kain lain diantaranya:

  • Kain katun cenderung nyaman, lembut, dan tidak kasar.
  • Kain katun lebih kuat dan tidak mudah robek.
  • Kain katun tidak panas saat dipakai alias adem.
  • Kain katun memiliki daya serap keringat yang baik.
  • Tidak berbulu.

Bila anda ingin menjadikan cheongsam sebagai baju imlek anda bisa memilih kain sutra, kain satin dan brokat. Bahan tersebut akan membuat baju imlek anda jadi tampak mewah, menawan.

  • Kain sutra merupakan salah satu serat tekstil yang paling berkualitas diantara semua serat tekstil yang ada. Kain ini menawarkan kenyamanan, kelembutan, kemewahan serta kesan elegan sehingga sangat cocok jika dipakai untuk membuat cheongsam.
  • Kain satin merupakan sejenis bahan kain yang memiliki ciri khas halus dan licin pada bagian permukaannya. Seperti halnya jenis kain yang lain, kain satinsendiri sebenarnya juga memiliki banyak keunggulan.
    • Kain satin terlihat mewah serta mahal karena permukaan bahannya yang berkilau serta mengkilap.
    • Kain satin cocok digunakan untuk membuat cheongsam yang bernuansa formal.
    • Kain satin memiliki tektur yang lembut serta halus saat disentuh.
  • Kain brokat merupakan sejenis kain yang kaya akan dekorasi. Pola yang ditampilkan pada kain brokat pun sangat beragam bisa terdiri dari pola bunga, tanaman, serta unsur alam lainnya.

Mencari bahan kain satin berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi kain kami Di Sini.

Untuk pelengkap gaya penampilan saat imlek sesuaikan warna cheongsam dengan kebutuhan anda. Warna cheongsam yang semula didominasi oleh warna-warna merah kini juga dibuat makin beragam, mulai dari warna merah, warna putih, warna emas, warna pink, warna biru dan masih banyak lagi jadi anda bebas untuk memilihnya. 

Baju Imlek

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Terinspirasi untuk memakai baju cheongsam untuk perayaan tahun baru imlek nanti?. Supaya anda makin terlihat modis dan stylish simak dulu yuk beberapa tips padupadan cheongsam agar nampak tetap modern.

Pilih motif cheongsam yang cocok dengan momen imlek. Misalnya saja cheongsam dengan bunga peoni, bunga teratai, bunga krisan, burung, ikan dan naga.

  • Padupadankan baju cheongsam dengan sepatu atau alas kaki yang sesuai.
    • Untuk mendapatkan tampilan yang lebih feminim sahabat Fitinline bisa memadupadankan baju cheongsam dengan sepatu berhak tinggi.
    • Kalau mau tampil lebih casual tapi tetap terkesan modern padupadankan saja cheongsam anda dengan sneakers.
  • Untuk mempertegas kesan modern anda bisa menambahkan tas clutch besar dengan warna metalik.
  • Hindari penggunaan aksesoris seperti kalung atau anting yang berlebihan karena dari segi warna, motif dan bentuk cheongsam sudah mendominasi tampilan anda.
  • Sesuaikan tatanan rambut dengan kebutuhan.
    • Jika anda ingin mendapatkan tampilan yang sedikit formal tata rambut anda ke dalam bentuk sanggul chignon yang cantik dan klasik.
    • Kalau mau tampil lebih casual sebaiknya gerai saja rambut anda.
    • Jika ingin penampilan yang lebih rapi kepang rambut bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk anda.
  • Berkreasilah dengan rias wajah modern agar wajah anda tetap terlihat segar dan lebih menarik untuk dipandang.
    • Untuk mempertegas kesan glamor sahabat Fitinline bisa mengaplikasikan warna lipstik yang cenderung cerah pada bibir anda.
    • Kalau mau tampil lebih simple anda juga bisa memakai lipstik yang berwarna nude atau berwarna pastel.

Buat anda yang masih menemukan sedikit kesulitan saat memilih cheongsam, anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Cara Memilih Busana Cheongsam Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh Anda.

Baju Changsan

Beralih ke baju baju changshan. Jadi baju changshan ini merupakan baju tradisional kaum pria China yang memiliki desain cukup simple namun tetap terkesan unik. Tidak jauh berbeda dengan baju cheongsam yang dikenakan wanita, baju changshan ini juga menjadi simbol pakaian yang dikenakan oleh orang-orang di masa lalu.

Baju Imlek

Sumber : https://www.zipy.gr/

Sepanjang abad ke-17 hingga abad ke-20, baju changsan ini konon menjadi pakaian wajib yang harus dikenakan oleh pria China. Karena sifatnya wajib maka orang yang tidak mematuhi aturan ini mau tidak mau harus siap menanggung hukuman berat yang akan dijatuhkan terhadap dirinya. 

Baju Imlek

Sumber : https://guide.alibaba.com/

Dari yang awalnya menjadi pakaian wajib para pria di China lambat laun baju changshan ini mulai ditinggalkan. Seiring dengan perkembangan zaman dan runtuhnya Dinasti Qing, aturan wajib mengenai pemakaian baju changshan itupun tidak lagi dijalankan meskipun masih ada warga yang masih mengenakannya.

Baju Imlek

Sumber : https://www.pinterest.com/

Untuk saat ini baju changshan biasanya hanya digunakan oleh kaum pria ketika menghadiri acara-acara tertentu yang bersifat formal, terutama dalam perayaan hari-hari besar seperti pernikahan atau hari besar China seperti perayaan tahun baru imlek. Model baju changsan pun kini juga makin modern dan colourfull.

Baju Imlek

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Seperti halnya cheongsam, model baju changshan kini juga telah banyak dikembangkan oleh sejumlah produseb baju tradisional  ke dalam bentuk yang lebih modern dan fashionable sehingga bisa dikenakan oleh generasi muda. Buat anda yang ingin tampil lebih gaya saat imlek anda bisa menjadikan baju changshan ini sebagai outfit andalan anda. 

Baju Imlek

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Supaya anda tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal penting yang wajib anda pertimbangkan ketika hendak membeli baju changshan.

  • Pilih bahan kain yang sejuk dan dapat menyerap keringat dengan baik supaya pakaian yang anda kenakan tetap nyaman jika ingin sering digunakan untuk seharian.
  • Sesuaikan warna baju changshan dengan karakter atau kepribadian anda. Untuk menunjukan sisi muda anda sahabat Fitinline bisa memilih baju changshan yang berwarna cerah seperti misalnya warna kuning, merah dan juga biru.
  • Perhatikan kualitas jahitan baju changsan yang hendak anda beli.
    • Baju changshan yang berkualitas bagus minimal jahitannya tidak berkerut.
    • Bagian kerahnya jika dikancingkan lumayan longgar dan tidak tertarik ke bawah.
    • Lingkar lubang lengan tidak jatuh kebawah.
    • Panjang tangan atau lengan pas.
  • Pilihlah baju changsan yang ukurannya pas dengan bentuk tubuh anda dalam artian tidak terlalu ketat ataupun terlalu kebesaran.
    • Pemakaian baju changshan yang terlalu longgar akan membuat badan anda tenggelam dalam baju yang anda kenakan.
    • Sebaliknya pemakaian baju changshan yang ukurannya terlalu ketat hanya akan membuat  postur tubuh anda jadi tercetak jelas.
  • Jika anda ingin memakai baju changshan yang bermotif sebaiknya pilihlah baju changshan yang motifnya kecil.
  • Saat menggunakan baju bermotif hindari penggunaan celana bermotif dan celana dengan warna cerah agar tampilan anda jauh dari kesan berlebihan. Kalau mau aman pilih celana yang warnanya gelap saja seperti warna hitam.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah imlek di Indonesia beserta baju yang biasa dipakai untuk merayakan tahun baru imlek itu sendiri. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips-tips fashion yang tidak kalah unik dan seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.