Article

Homepage Article Fashion Design 9 Tips Merawat Jaket Denim…

9 Tips Merawat Jaket Denim Supaya Warnanya Tidak Mudah Pudar

Lebih suka memakai jaket denim yang terkesan vintage karena warnanya mulai memudar atau jaket denim yang warnanya masih solid?. Jika kamu termasuk orang yang lebih suka memakai jaket denim dengan warna tegas pastikan kamu benar-benar merawatnya dengan cara yang tepat supaya warnanya tidak mudah pudar.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Denim

Jaket denim sendiri merupakan jaket yang terbuat dari bahan kain denim, yaitu sejenis kain yang kuat dan tahan lama dengan ciri khas tekstur tenunan twill yang membentuk pola diagonal. Jaket ini pertama kali populer di Amerika Serikat sebagai pakaian kerja pada akhir abad ke-19 karena ketahanannya sebelum akhirnya menjadi bagian dari dunia mode.

Jaket Denim

Sumber : https://www.ironheartamerica.com/

Dari yang semula lebih sering digunakan sebagai pakaian kerja, seiring berjalannya waktu jaket denim juga kerap digunakan oleh masyarakat umum untuk pekengkap gaya kasual. Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket denim yaitu:

  • Jaket denim biasanya memiliki desain yang klasik dengan kancing di bagian depan, kantong di dada (sering dengan flap) dan jahitan yang tegas.
  • Jaket denim cocok untuk dipadukan dengan berbagai outfit, baik kasual maupun semi-formal.
  • Jaket denim termasuk item fashion yang timeless, mampu memberikan kesan klasik namun tetap modern.
  • Jaket denim tersedia dalam berbagai tingkat fading, mulai dari warna biru tua hingga efek pudar yang memberikan kesan vintage.

Jaket Denim

Sumber : https://www.ebay.com/

Meskipun jaket denim dengan warna yang memudar memang memiliki daya tarik tersendiri tapi jaket denim baru yang memiliki warna lebih solid juga tidak kalah menarik karena tempilannya terkesan lebih tegas. Kelebihan jaket denim yang warnanya masih solid dan tampak seperti baru diantaranya:

  • Jaket denim dengan warna yang masih baru memberikan kesan lebih rapi dan tajam.
  • Jaket denim dengan warna yang masih baru cocok untuk tampilan yang ingin terlihat lebih fresh atau bahkan semi-formal.
  • Jaket denim dengan warna yang masih baru lebih mudah di-mix and match dengan berbagai pakaian karena warnanya yang seragam dan solid.

Cara Merawat Jaket Denim

Berbicara mengenai jaket denim lantas bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk merawat jaket denim agar warnanya tidak mudah pudar?. Mulai dari cara mencuci hingga menyimpannya berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatian untuk merawat jaket denim kesayangan kamu.

1. Jangan Sering Mencuci Jaket

Jangan sering-sering mencuci jaket denim kalau baru sekali dua kali dipakai, karena semakin sering dicuci semakin cepat warna jaket denim akan memudar. Jika hanya ada noda kecil, cukup bersihkan area yang kotor saja tanpa mencuci jaket secara menyeluruh.

Jaket Denim

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Gunakan Air Yang Dingin

Hindari penggunaan air panas untuk mencuci jaket denim, karena air panas dapat melarutkan pewarna dan membuat warna jaket jadi lebih cepat usang. Jika harus mencuci jaket denim sebaiknya gunakan air dingin.

Jaket Denim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Balik Jaket Saat Dicuci

Balik jaket denim agar bagian luarnya tidak langsung terkena gesekan dan menyebabkan warnanya menjadi cepat pudar. Baca juga petunjuk perawatan yang tertera pada label untuk mengetahui cara mencuci yang direkomendasikan.

Jaket Denim

Sumber : https://preloved.co.id/

4. Gunakan Deterjen Khusus

Pilih deterjen yang dirancang khusus untuk menjaga warna tetap cerah atau deterjen yang diformulasikan untuk pakaian berwarna gelap. Hindari juga bahan pemutih pakaian dan produk lain yang mengandung bahan pemutih karena dapat memudarkan warna denim.

Jaket Denim

Sumber : https://www.byflou.com/

5. Cuci Jaket Dengan Benar

Cuci jaket denim dengan cara yang benar dan utamakan dengan menggunakan tangan agar hasilnya lebih bersih maksimal. Tapi jika kamu memilih untuk mencuci jaket denim dengan mesin cuci, sebaiknya gunakan mode putaran rendah agar serat dan warna jaket tidak rusak.

Jaket Denim

Sumber : https://www.wikihow.com/

6. Cuci Dengan Cuka

Khusus untuk jaket denim yang bahannya mungkin menjadi kasar dan pudar karena sering digunakan, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan cuka. Selain membuat warnanya lebih awet, cara ini juga bisa membuat jaket denim jadi lembut dan lebih bersih.

7. Keringkan di Tempat Teduh

Setelah jaket denim dicuci bersih keringkan jaket denim di tempat yang teduh tapi memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat jaket denim lebih cepat rusak dan mudah pudar.

Jaket Denim

Sumber : https://preloved.co.id/

Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan ketika menjemur jaket denim yaitu:

  • Saat akan menjemur jaket denim, pastikan bagian dalam jaket berada di luar sementara bagian luarnya berada di dalam.
  • Gantung jaket denim dengan hanger yang cukup kuat karena jaket denim umumnya terbuat dari bahan yang tebal dan berat.

8. Setrika Dengan Suhu Yang Tepat

Setelah jaket denim sudah kering dengan sempurna selanjutnya kamu bisa membuat jaket denim jadi lebih rapi, bebas bakteri dan tidak lembab dengan cara menyetrikanya.

  • Setrika jaket denim menggunakan suhu yang tepat agar serat kainnya tidak cepat rusak dan warnanya juga tidak mudah berubah.
  • Suhu yang aman dan tepat untuk menyetrika jaket denim yaitu dengan suhu sedang.

Jaket Denim

Sumber : https://blog.ae.com/

9. Jangan Simpan di Area Lembab

Pastikan untuk menyimpan jaket denim di tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar tetap awet dan terhindar dari masalah seperti bau apek atau perubahan warna karena denim sendiri termasuk bahan yang dapat menyerap kelembapan dengan mudah.

Beberapa masalah serius yang mungkin akan kamu hadapi jika menyimpan jaket denim di tempat yang lembab diantaranya:

  • Jaket denim yang disimpan di tempat lembab berisiko mejadi tempat pertumbuhan jamur dan dapat menyebabkan bau apek yang sulit dihilangkan.
  • Kelembapan berlebih dapat merusak serat kain dan membuat jaket denim jadi lebih cepat rusak atau menjadi rapuh.
  • Menyimpan jaket denim di tempat yang kurang berventilasi dan lembab bisa menyebabkan warna jaket jadi memudar secara tidak merata.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai cara sederhana yang bisa kamu coba untuk merawat jaket denim agar warnanya tetap solid dan tidak mudah pudar. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk merawat jaket denim ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket denim?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Denim terbaik di katalog kami.

Download juga Pola Jaket Denim siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket denim sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.