Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memilih Outfit Lari…

8 Tips Memilih Outfit Lari Pagi Yang Nyaman dan Juga Keren

Biasa melakukan aktivitas lari pagi di sekitar rumah untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membakar ekstra kalori dalam tubuh?. Agar aktivitas lari yang kamu lakukan lebih maksimal yuk cari tahu apa saja hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih outfit lari pagi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Outfit Lari

Outfit lari merupakan sejenis outfit untuk lari yang dirancang untuk memberikan kenyamanan, dukungan dan kinerja optimal selama berlari. Seperti halnya outfit yang didesain untuk olahraga lain, outfit lari ini pada prinsipnya juga terdiri dari beberapa elemen pendukung.

Tips Memilih Outfit Lari Pagi

Mau tahu apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memilih outfit lari?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba ketika hendak memilih outfit untuk lari pagi.

1. Pilih Yang Bahannya Nyaman

Pertama pilih baju lari yang bahannya mudah menyerap keringat dan memberikan ventilasi yang baik. Dalam hal ini baju lari yang terbuat dari nilon, poliester atau spandex bisa jadi pilihan yang tepat untuk lari pagi.

  • Saat lari pagi penting bagi kamu untuk memilih baju lari yang ringan.
  • Pilih baju lari yang memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan baik.
  • Pastikan juga baju lari yang kamu pakai memiliki sifat yang breathable atau bisa membantu mencegah penumpukan keringat selama digunakan untuk berlari.

Memilih Outfit Lari

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Sesuaikan Dengan Kondisi Cuaca

Sesuaikan baju yang kamu pakai dengan kondisi cuaca.

  • Saat cuaca tengah panas misalnya, pilihlah pakaian yang ringan dan breathable.
  • Sementara saat musim hujan dan cuaca lebih berangin, pertimbangkan untuk menambahkan jaket yang dapat dilepas jika diperlukan.

Memilih Outfit Lari

Sumber : https://www.runnersworld.com/

Tapi ingat jika kamu ingin memakai jaket saat lari pagi adalah pastikan jaket yang kamu kenakan memiliki sirkulasi udara yang baik agar tubuh kamu ga kepanasan selama melakukan aktivitas lari.

3. Kenakan Sepatu Yang Tepat

Pilih sepatu lari yang sesuai dengan bentuk kaki dan dapat memberikan dukungan yang baik pada kaki saat berlari.

  • Pilih sepatu lari dengan bantalan sol yang empuk.
  • Pilih sepatu lari memiliki fleksibilitas dan sirkulasi udara yang baik.
  • Pilih sepatu lari yang ukurannya pas dengan ukuran kaki.

Memilih Outfit Lari

Sumber : https://www.idntimes.com/

4. Kenakan Kaos Kaki Olahraga

Hindari kaos kaki berbahan katun yang dapat membuat kaki basah dan meningkatkan risiko gesekan. Sebagai gantinya kamu bisa memakai kaos kaki khusus olahraga yang dirancang untuk menyerap keringat dan memberikan dukungan pada area kaki.

5. Pilih Bawahan Yang Tepat

Berikutnya pilihlah busana penutup tubuh bagian bawah yang nyaman, paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan yang paling penting tidak membuat kamu kesulitan saat melangkah. Untuk pilihan modelnya beberapa contoh busana penutup tubuh bagian bawah yang bisa kamu coba antara lain berupa:

  • Celana training yang dirancang khusus untuk digunakan ketika melakukan aktivitas fisik, namun belakangan juga dikembangkan untuk pelengkap gaya casual.
  • Celana legging yang memiliki potongan ketat atau pas di kaki, dikenal sangat fungsional dan mudah dipadupadankan.
  • Celana jogger yang memiliki ukuran cenderung longgar di bagian paha ke bawah sementara bagian opening leg atau bagian pergelangan kakinya justru tampak lebih ketat.
  • Celana kulot pendek yang memiliki ukuran cukup longgar mulai dari bagian paha hingga bagian bawah.

Memilih Outfit Lari

Sumber : https://www.ebay.com/

Dari beberapa model celana yang disebutkan di atas, celana training dan celana jogger juga cocok dijadikan sebagai pilihan outfit lari pagi yang paling aman untuk pengguna hijab.

Download juga Pola Celana Training Anak usia 3 - 12 tahun dan Pola Celana Training Dewasa siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana training sendiri dengan pola yang sudah jadi.

6. Pilih Pakaian Dalam Yang Sesuai

Untuk mencegah gesekan dan memberikan dukungan tambahan selama kamu melakukan aktivitas lari, ada baiknya kenakan pakaian dalam khusus (sport bra dan celana dalam olahraga) yang memang didesain untuk berlari.

Simak juga 5 Tips Memilih Sport Bra Yang Tepat Untuk Aktifitas Olahraga.

7. Kenakan Sport Hijab

Khusus untuk kamu yang berhijab, kenakan pula sport hijab alias hijab khusus yang didesain sebagai pelengkap gaya penampilan saat berolahraga.

  • Dibandingkan dengan hijab biasa, sport hijab umumnya punya bahan yang lebih lentur.
  • Sport hijab kebanyakan juga memiliki karakteristik yang khas yakni mudah menyerap keringat namun cepat kering.
  • Sport hijab bisa dipakai untuk menjaga suhu kepala agar tetap stabil saat lari.

Memilih Outfit Lari

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Gunakan Aksesoris Yang Tepat

Tips selanjutnya gunakan aksesoris seperti headband untuk membantu menjaga keringat agar tidak jatuh ke mata dan wajah, topi untuk melindungi kepala dari sinar matahari langsung serta tas pinggang untuk membawa barang-barang berharga.

Memilih Outfit Lari

Sumber : https://www.hindustantimes.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam memilih outfit lari pagi. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih outfit lari yang tepat dan mampu mendukung rutinitas sehatmu.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.