Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memilih dan Memadupadankan…

8 Tips Memilih dan Memadupadankan Rok Midi Yang Bisa Anda Coba

Mencari model rok wanita yang bagus untuk dipakai pada kesempatan formal ataupun sekedar bersantai di akhir pekan?. Barangkali anda bisa menjadikan rok midi yang populer pada tahun 70-an sebagai outfit andalan anda. Buat anda yang masih bingung menentukan padupadannya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Pengertian Rok Midi

Rok midi merupakan model rok wanita yang memiliki panjang sampai pertengahan betis atau batasnya berada diantara lutut dan tumit. Sebagai salah satu fashion item abadi yang memiliki tampilan cukup unik dan terkesan vintage, sampai sekarang rok midi pun bisa dengan mudah dijumpai dalam berbagai desain dan varian.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.blibli.com/

Catatan sejarah menyebutkan rok midi sebenarnya telah dikembangkan sejak lama yakni pada tahun 1960-an untuk menggantikan trend maxi skirt. Selanjutnya item fashion ini kemudian menjadi sangat populer setelah Faye Dunaway menampilkan rok midi yang seksi ketika membintangi film Bonnie and Clyde pada tahun 1967.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.liujo.com/

Dari yang awalnya dibuat sebagai pengganti maxi skirt lambat laun rok midi juga mulai digemari banyak wanita sebagai pelengkap gaya penampilan mereka. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari pemakaian rok midi diantaranya:

  1. Rok midi yang tidak terlalu panjang dan pendek membuatnya terlihat sangat manis jika dipakai dalam segala occasion, baik formal maupun casual.
  2. Model rok wanita yang satu ini sangat cocok dikenakan oleh hampir semua bentuk tubuh.
  3. Rok midi menjadi solusi paling tepat untuk anda yang merasa kurang percaya diri memakai rok pendek.
  4. Rok midi sendiri memiliki potongan yang berbeda-beda, karena alasan itulah rok midi ini tersedia dalam banyak model.
  5. Dengan potongan di bawah lutut tapi tidak sampai mata kaki, rok midi dapat dikenakan untuk menutupi bagian betis yang tampak besar.
  6. Khusus untuk wanita yang cenderung kurus rok midi juga bisa dipakai untuk memberi ilusi lebih berisi pada tubuh.

Tips Memilih Rok Midi

Tertarik untuk mengenakan rok midi sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Sekalipun rok midi termasuk ke dalam salah satu item fashion yang tidak lekang oleh waktu, tapi anda juga harus berhati-hati dalam memilihnya. Jika tidak yang ada anda malah jadi terlihat tua lho saat mengenakannya.

Terkait dengan hal tersebut berikut kami bagikan beberapa hal penting yang wajib anda perhatikan ketika memilih rok midi.

1. Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuh

Sesuaikan model rok midi dengan bentuk tubuh agar penampilan anda jadi terlihat makin menarik. Meski kebanyakan rok midi desainnya relatif simple, tapi item fashion dipercaya dapat membuat penampilan wanita jadi lebih feminin.

  • Untuk anda yang bertubuh mungil dan memiliki kaki langsing pilihlah model rok wanita yang memiliki siluet ketat.
  • Untuk anda yang bertubuh sedang, rok midi dengan model apa pun akan terlihat cocok.
  • Untuk anda yang memiliki tubuh berisi, pilihlah rok midi panjang yang berpotongan lurus atau melebar untuk menyamarkan tubuh bagian bawah.

Beberapa model rok wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap penampilan diantaranya:

  • Rok midi yang dibuat dalam model bertumpuk atau bertingkat.
  • Rok midi model span dan semi span yang didapat dari pengembangan model rok basic.
  • Rok midi model pias yang terbagi menjadi beberapa bagian dengan bagian bawah melebar.
  • Rok midi model kerutan yang dilengkapi dengan karet elastis pada bagian pinggang.
  • Rok midi model kembang yang dapat dibagi lagi menjadi berbagai jenis, dua diantaranya yakni berupa rok lingkaran dan rok ½ lingkaran.
  • Rok midi model berlipit-lipit yang memiliki banyak detail lipatan pada bagian utama roknya.
  • Rok midi model asimetris yang berpotongan cukup unik.

2. Pilih Ukuran Yang Tepat

Memaksakan diri untuk memakai rok midi yang ukurannya tidak pas memiliki efek yang tidak baik terutama bila dikaitkan dengan faktor kenyamanan. Karena itulah untuk alasan kenyamanan pastikan rok yang anda pilih ukurannya benar-benar sudah tepat.

  • Memilih rok midi yang ukurannya terlalu kecil atau ketat hanya akan membuat tubuh anda merasa sesak dan sulit untuk bergerak.
  • Sebaliknya jika rok midi yang anda pilih ukurannya terlalu besar yang ada tubuh anda akan tenggelam dalam baju yang anda kenakan.

3. Beri Kelonggaran Pada Pinggang

Sangat tidak disarankan bagi anda memilih rok midi dengan ukuran pinggang yang pas badan atau bahkan lebih kecil, karena cara ini justru dapat membuat lipatan perut terlihat menonjol.Lebih baik pilihlah rok midi yang ukuran pinggangnya sedikit lebih besar.

4. Cobalah Rok Sebelum Membeli

Model dan ukuran rok midi yang bernomor sama pun bisa berbeda tergantung pada merek dan negara pembuatnya. Oleh sebab itu pastikan anda mencoba rok midi secara langsung lalu periksalah kenyamanan bahan dan tampilannya saat dikenakan.

  • Untuk mendapatkan ukuran rok yang sesuai anda bisa datang ke toko baju lalu  carilah ukuran rok yang sesuai dengan tubuh anda.
  • Cobalah rok secara langsung dengan berdiri di depan cermin kemudian perhatikan tampilannya dari tampak depan, samping, dan belakang.

5. Pilih Bahan Yang Tepat

Saat memilih rok midi periksalah bahan kain yang digunakan untuk membuatnya.

  • Rok midi yang berkain tipis menghasilkan siluet cantik sehingga cocok dikenakan saat cuaca panas.
  • Sementara itu untuk rok midi yang berkain tebal akan sangat cocok digunakan saat cuaca dingin.

Beberapa contoh bahan kain yang cukup nyaman untuk membuat rok midi diantaranya:

  • Kain linen yang mudah kusut dan berkerut namun memiliki daya serap keringat yang cukup baik sehingga sangat sesuai bila dikenakan saat musim panas.
  • Kain katun dari bahan dasar serat kapas yang memiliki karakteristik halus, dingin, tidak mudah pudar serta tidak mudah kusut.
  • Kain denim yang kokoh dan kuat sehingga sangat sesuai digunakan untuk berbagai gaya casual.
  • Kain velvet yang memiliki struktur halus dan rata, sehingga permukaannya  tampak lebih berkilau dan lembut menyerupai karakteristik kain sutera dan wol.
  • Kain satin yang memiliki permukaan mengkilap, halus dan licin.
  • Kain cifon yang memiliki karakteristik transparan, ringan, lembut dan luwes.
  • Kain brokat dengan pola tertentu seperti bunga maupun ornamen lainya untuk menampilkan sisi cantik, mewah dan feminim pada pemakainya.
  • Kain corduroy yang dibuat dari kain kapas tebal sehingga memiliki tekstur yang baik dan halus menyerupai bahan beludru namun sedikit lebih kaku. 

6. Sesuaikan Dengan Kegiatan Anda

Saat memilih rok midi pertimbangkan pula jenis kegiatan yang akan anda lakukan dengan mengenakan rok tersebut.

  • Untuk acara yang sifatnya santai anda bisa memilih rok midi dengan model apa pun.
  • Untuk kegiatan outdoor seperti piknik, pilihlah rok midi dengan model melebar seperti flare dan A-line.
  • Untuk kegiatan kantor yang mengizinkan karyawan memakai busana casual, rok midi dengan potongan pas dan ketat akan memberi kesan cerdas.

7. Pilih Warna Yang Tepat

Untuk keperluan santai anda bisa memilih rok midi yang dibuat dengan warna apapun. Sementara untuk kegiatan kantor anda bisa memilih rok midi dengan warna biru gelap, hitam atau putih untuk memberikan kesan bersih, tanpa adanya efek warna memudar.

8. Kualitas Jahitan Rok Midi

Sama halnya dengan jenis pakaian lain, untuk memastikan bahwa rok midi yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan detail dan bentuk jahitanya. Rok midi yang bagus paling tidak harus dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

  • Jahitan rok midi yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan pada rok midi maka semakin halus dan rapat juga hasil jahitan yang ditampilkannya.

Ingin menjahit rok sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video tutorial cara membuat pola rok dari kami Di Sini.

Padupadan Rok Midi

Sudah menemukan rok midi yang sesuai dengan keinginan anda?. Kalau anda yang kebetulan butuh referensi tentang gaya padupadan rok midi mungkin anda bisa mencoba tips sederhana dari kami. Mulai dengan memasangkan rok midi dengan blazer, blus wanita, kaos, cold shoulder, sweater, tank top, crop top hingga jaket denim.

1. Rok Midi dan Blazer

Blazer yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai memang sangat cocok jika dijadikan sebagai item fashion andalan untuk tampil lebih rapi ketika mengenakan rok midi. Supaya lebih keren jangan lupa tambahkan pula sneakers sebagai pelengkap penampilan.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.newlook.com/

2. Rok Midi dan Blus Wanita

Blus wanita merupakan salah satu model busana penutup tubuh bagian atas yang dapat dipadupadankan dengan apa saja termasuk rok midi. Dengan tampilannya yang simple namun tetap terkesan berkelas style semacam ini akan terlihat sangat keren ketika dipakai pada kesempatan formal, semi formal maupun casual.

  • Untuk tampil tetap manis saat ada meeting mendadak, pasangkan saja rok midi dengan blus wanita yang berwarna netral.
  • Untuk meniru London style, coba padukan rok midi dengan blus wanita berwarna putih, sepatu merah dan kacamata hitam.
  • Bila anda ingin menjadi pusat perhatian cobalah untuk mengombinasikan rok midi dengan blus wanita yang berwarna senada.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

Ingin mencoba membuat blus wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara mengukur badan dan menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih mudah dan praktis anda bisa mendownload pola blus wanita siap pakai dari kami.

3. Rok Midi dan Kaos

Rok midi dan kaos sangat cocok untuk anda kenakan bila tidak suka tampil ribet.

  • Untuk hangout di akhir pekan anda bisa mengkombinasikan penggunaan rok midi dengan t-shirt polos dan sentuhan aksesoris.
  • Sebagai gaya kasual sehari-hari anda bisa mengenakan printed t-shirt dan rok midi dengan belahan dibagian tengah.
  • Untuk anda yang mau tampil beda coba mix and match rok midi dengan stripe shirt, lalu styling rambut dengan model pony tail untuk memberikan kesan lebih dewasa.
  • Cara lain kenakan t-shirt polos yang dipadukan dengan rok midi asimetris. Jangan lupa tambahkan tas tangan sebagai pemanis yang cantik.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.dhgate.com/

Butuh bahan kaos berkualitas dengan harga murah, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kaos dari kami Di Sini. Kalau anda lebih tertarik untuk membuat kaos oblong sendiri tapi masih bingung bagaimana cara mengukur badan dan membuat polanya anda bisa mendownload pola kaos dari kami Di Sini

4. Rok Midi dan Cold Shoulder

Untuk gaya feminim anda bisa memadupadankan busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan cold shoulder dengan rok midi bermotif. Meski tergolong baru, busana cold shoulder yang memiliki potongan terbuka pada bagian bahunya ini akan membuat anda tetap terkesan elegan.

Model Rok Wanita

Sumber : http://www.closetfulofclothes.com/

Ditinjau dari segi desain dan bentuknya busana cold shoulder sendiri secara keseluruhan tersedia dalam dua macam varian. Pertama dalam bentuk off the shoulder dan open shoulder. Meski sama-sama memiliki potongan terbuka namun kedua jenis pakaian tersebut pada dasarnya memiliki perbedaan yang cukup spesifik.

  • Busana off shoulder benar-benar membiarkan seluruh bagian bahu terlihat.
  • Busana open shoulder hanya sebagian bahu yang terlihat.

5. Rok Midi dan Sweater

Saat musim hujan padukan turtle neck sweater yang bersifat menghangatkan tubuh dan rok midi model span yang berpotongan pas badan. Walau simple perpaduan keduanya tetap akan membuat penampilan anda makin fashionable.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.dailymail.co.uk/

6. Rok Midi dan Tank Top

Kenakan rok midi dengan tank top yang didesain tanpa lengan sebagai pelengkap gaya kasual. Tanktop ini sebenarnya juga dapat digunakan untuk pakaian dalam atau pelengkap busana yang lebih formal seperti cardigan, jaket maupun blazer.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.visionsofvogue.com/

7. Rok Midi dan Crop Top

Sebagai salah satu busana wanita yang sengaja diciptakan dalam ukuran pendek hingga sebatas pinggang atau perut, crop top juga sangat cocok dipadupadankan dengan rok midi. Busana wanita yang memiliki sebutan lain belly fashion ini juga bisa difungsikan untuk menyamarkan bentuk perut lho.

Model Rok Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

8. Rok Midi dan Jaket Denim

Selain difungsikan untuk menghangatkan tubuh ketika dingin, jaket denim ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap gaya penampilan yang keren ketika dipadukan dengan rok midi. 

  • Jika anda ingin memakai jaket denim sebaiknya hindari memakai rok midi yang dibuat dari bahan denim juga.
  • Kalau anda tetap ingin memakai rok midi dan jaket yang sama-sama dibuat dari bahan kain denim sebaiknya pilih yang warnanya beda.

Model Rok Wanita

Sumber : http://lookbook.nu/

Buat anda yang lebih tertarik untuk membuat jaket denim sendiri untuk keperluan pribadi, anda bisa mendownload pola jaket denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual dari kami Di Sini.

Selain menerapkan beberapa tips di atas, jangan lupa sempurnakan outfit anda dengan aksesoris yang tepat agar penampilan anda terkesan lebih modis dan stylish. Dalam hal ini anda bisa menambahkan tas kecil, sepasang sepatu stiletto berhak tinggi, statement belt ataupun aksesoris lainnya.

  • Buat anda yang memiliki banyak koleksi belt anda bisa menggunakannya sebagai pemanis rok midi.
  • Jangan kenakan rok midi tanpa sepatu berhak tinggi, terutama bagi anda yang memiliki betis besar.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana dalam memilih dan memadupadankan rok midi yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan referensi dalam memilih model busana lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.