Article

Homepage Article Kain 8 Tips Memilih Cover Mobil…

8 Tips Memilih Cover Mobil Terbaik Agar Tidak Merusak Bodi

Cover mobil menjadi salah satu produk funsional yang memiliki peran sangat penting yakni melindungi mobil agar tetap bersih dan terhindar dari bahaya pencurian. Untuk memaksimalkan fungsi tersebut cover mobil hendaknya juga dibuat dari bahan kain yang berkualitas dan dipilih secara tepat sesuai dengan kebutuhan.  

Pengertian Cover Mobil

Cover mobil merupakan salah satu produk pelengkap rumah tangga yang memiliki fungsi sangat penting yaitu untuk melindungi cat mobil agar terhindar dari bahaya kerusakan akibat terkena air hujan, sinar matahari maupun debu. Dengan adanya cover mobil tersebut maka cat mobil pun akan lebih awet dan tidak cepat kusam.

Cover Mobil

Sumber : https://www.covercraft.com/

Selain difungsikan untuk melindungi cat mobil agar tidak cepat rusak, cover mobil ini biasanya juga sering dimanfaatkan untuk meminimalisir bahaya pencurian mobil ketika diparkirkan di luar rumah lho.

  • Penggunaan cover mobil sangat dianjurkan jika mobil diparkirkan di luar ruangan atau halaman rumah yang terbuka.
  • Dengan adanya cover mobil pencuri akan kesulitan untuk mengidentifikasi jenis mobil dan membutuhkan waktu lebih banyak untuk melepaskannya.

Cover Mobil

Sumber : https://www.blibli.com/

Kriteria Cover Mobil Yang Bagus

Untuk memaksimalkan fungsinya yakni sebagai alat pelindung mobil, cover mobil sendiri hendaknya dipilih yang kualitasnya benar-benar bagus. Beberapa kriteria penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah cover mobil diantaranya:

  • Cover mobil yang baik hendaknya dibuat dari bahan kain yang bersifat anti air seperti halnya kain parasut.
  • Cenderung berwarna terang untuk menolak panas dan melindungi ketahanan warna cat mobil dari pengaruh sinar Ultra Violet.
  • Mampu menutup seluruh bagian mobil dengan sempurna hingga bagian ban.
  • Memiliki ukuran yang pas sesuai ukuran mobil dan dibuat dengan jahitan sambungan rapi.

Tips Memilih Cover Mobil

Berencana untuk membeli cover mobil tapi masih bingung harus memilih cover mobil yang seperti apa?. Meski bisa dipilih secara bebas, tapi tetap saja untuk memastikan bahwa cover mobil yang anda dapatkan memang sesuai dengan kebutuhan ada juga lho beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Ketahui Komposisi Bahan Cover Mobil

Dalam memilih cover mobil terbaik penting bagi anda untuk mengetahui apa saja komposisi bahan dari cover mobil yang akan dipilih.

  • Cover mobil yang baik hendaknya dibuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari seperti halnya kain parasut yang dilengkapi dengan fitur anti air.
    • Untuk memastikan ada tidaknya sifat anti air pada cover mobil anda dapat menyiramkan air pada cover tersebut.
    • Apabila terlihat efek seperti daun talas, maka itu berarti cover mobil tersebut memiliki lapisan anti air.
  • Selain bersifat anti air, cover mobil hendaknya juga memiliki permukaan yang lembut di bagian dalam untuk melindungi bodi mobil agar tidak lecet atau tergores akibat bergesekan dengan cover mobil itu sendiri.

Cover Mobil

Sumber : https://fitinline.com/

Untuk pemilihan material anti air, anda dapat membeli cover dengan bahan dasar poliester atau parasut. Bahan poliester atau parasut ini umumnya memiliki kemampuan untuk menolak air yang cukup baik, tahan terhadap cuaca panas, tidak muudah pudar dan rusak, sehingga cocok untuk outdoor.

2. Pilih Yang Bahannya Mudah Kering

Untuk memudahkan anda dalam melakukan perawatan usahakan untuk memilih cover mobil yang mudah dibersihkan dan dikeringkan.

  • Memilih cover mobil yang lebih cepat kering akan menjaga kualitas dari cat mobil itu sendiri.
  • Dengan memakai cover mobil yang mudah kering, bodi mobil dapat terhindar dari jamur yang mungkin tumbuh dan berkembang biaknya pada cover mobil yang digunakan.

Cover Mobil

Sumber : https://coversuper.com/

3. Pahami Keunggulan dan Kekurangan Bahan

Sebelum memutuskan untuk membeli cover mobil ketahui terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan dari bahan yang digunakan untuk cover mobil. Bila anda ingin mendapatkan cover mobil terbaik yang mudah dibersikan dan juga cepat kering maka anda bisa memilih bahan kain parasut sebagai alternatifnya.

Cover Mobil

Sumber : https://fitinline.com/

Dari sekian banyak bahan yang ada, kain parasut menjadi salah satu jenis bahan yang bisa diandalkan untuk membuat cover mobil terbaik karena menawarkan banyak keunggulan.

  • Kain parasut bisa diandalkan untuk melindungi cat mobil saat musim hujan karena ada beberapa yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya. Khusus untuk cover mobil bisa dipilih yag bersifat anti air.
  • Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan kain yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.
  • Kain parasut sangat mudah untuk dibersihkan selain itu proses pengeringannya juga cepat. Jika ada kotoran atau noda yang menempel anda bisa membersihkan bagian kotor tersebut dengan air mengalir.
  • Kain parasut tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa rapi walau sudah sering dipakai berkali-kali.
  • Untuk masalah harga kain parasut kebanyakan juga dijual dengan harga yang relatif lebih murah.
  • Kain parasut sangat ringan dan mudah dibentuk menjadi berbagai macam model cover mobil.

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya kain parasut sendiri juga memiliki kelemahan karena dapat berembun pada bagian dalamnya. Jika bagian dalam sarung mobil berembun, maka segera lepaskan dan keringkan sarung mobilnya agar tidak terjadi bercak-bercak jamur pada permukaan cat mobil.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali kain parasut yang dapat dijadikan cover mobil. Misalnya saja Kain Parasut Silver, Kain Parasut Metalik (MG), Kain Parasut Balon dan Kain Parasut WP (010).

  • Kain parasut silver merupakan kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna silver. Untuk cover mobil banyak yang menggunakannya secara terbalik.
  • Kain parasut metalik merupakan kain parasut yang bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku.
  • Kain parasut balon merupakan kain parasut yang bersifat waterproof karena memiliki coating jenis balon yang cukup tebal.
  • Kain parasut WP (010) merupakan jenis kain parasut waterproof (anti air) yag mirip dengan parasut jas hujan hanya gramasinya lebih tipis.

4. Pastikan Bahan Cover Mobil Tidak Luntur

Dalam memilih cover mobil terbaik anda perlu mempertimbangkan warna yang tepat. Jika cover mobil digunakan di indoor, maka anda dapat memilih warna yang sesuai dengan keinginan. Namun jika untuk keperluan outdoor pilihlah warna yang tidak cepat luntur supaya permukaan mobil tidak cepat rusak.

  • Bila anda ingin membeli cover mobil yang warna warni sebaiknya lakukan tes sederhana untuk menguji luntur tidaknya warna pada sarung mobil.
  • Cover mobil yang warnanya luntur saat terkena air hujan biasanya berpotensi besar untuk melekat pada permukaan mobil bahkan merusak cat mobil.

Cover Mobil

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Pastikan ukuran cover mobil yang anda pilih memang pas dengan ukuran mobil dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan.

  • Memilih cover mobil yang terlalu kecil akan membuat sebagian sisi bodi bagian bawah mobil tidak tertutupi dengan sempurna, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu.
  • Sebaliknya bila terlalu besar cover mobil kemungkinan tidak terpasang dengan presisi dan tidak kencang, sehingga jadi lebih mudah terlepas atau terangkat ketika ada angin yang berhembus kencang.

Cover Mobil

Sumber : https://www.bukalapak.com/

6. Jangan Ragu Pilih Yang Bermerek

Dalam memilih cover mobil tidak masalah bila anda mencari harga yang murah. Tapi kalau mau yang kualitasnya benar-benar bagus tidak ada salahnya juga bila anda menginvestasikan uang lebih untuk membeli cover mobil yang bermerek walaupun dari segi harga biasanya memang lebih mahal.

  • Sebelum membeli cover mobil ada baiknya bila anda mengecek harga cover mobil yang sejenis di tempat lain.
  • Dengan cara tersebut maka peluang untuk menemukan cover mobil bermerek yang kualitasnya tetap sama bagus tapi harganya jauh lebih murah jadi semakin besar.

7. Perhatikan Kemudahan Yang Ditawarkan

Memasang dan melepas cover merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Jadi kalau anda tidak ingin repot, sebaiknya perhatikan kemudahan pemasangan yang ditawarkan cover mobil. Tiap produk biasanya menawarkan fitur-fitur yang memudahkan anda untuk memasang dan melepas cover mobil.

  • Pilihlah cover mobil yang mudah dipasang namun tidak mudah terlepas ketika terkena terjangan angin.
  • Bila masih ragu anda bisa membaca review yang diberikan pembeli terkait produk yang anda pilih.

Cover Mobil

Sumber : https://id.aliexpress.com/

8. Pilih Cover Mobil Yang Dilengkapi Pengencang

Sebisa mungkin pilih cover mobil yang dilengkapi dengan fitur pengencang misal dalam bentuk belt atau strap, agar cover mobil tersebut dapat melekat kuat dengan bodi mobil. Jika cover mobil hanya dikencangkan dengan karet, lama-lama karet tersebut akan kendur dan membuat cover mobil mudah terlepas.

  • Saat membeli cover mobil pastikan produk pilihan anda dilengkapi dengan strap, belt atau benda sejenis lainnya supaya dapat menempel kuat di mobil.
    • Strap, belt atau benda sejenis lainnya dapat dipilih sebagai tali pengencang cover mobil karena potensi penurunan kualitasnya cenderung kecil.
    • Selain itu, ada juga pengencang yang dijahit pada sekeliling pinggiran cover dan cukup diserut talinya untuk dapat mengencangkan.
  • Dengan adanya fitur pengencang, cover mobil tidak akan mudah lepas ketika tertiup angin. Karena cover mobil melekat kuat pada bodi mobil, maka angin pun jadi sulit untuk masuk.

Sudah menemukan cover mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk memastikan agar cover mobil tersebut dapat berfungsi dengan baik pastikan anda juga menggunakan cover mobil tersebut dengan cara yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan cover mobil diantaranya:

  • Untuk memasang cover mobil yang dilengkapi dengan kantung kaca spion, cover mobil harus mulai dipasangkan dari bagian kaca spion lalu bagian bumper depan dan belakang.
    • Pasangkan kantung spion pada tempat yang semestinya, yakni bagian spion mobil.
    • Jika kedua kantung sudah menutup spion, mulailah menyelubungi bagian atap lalu ke depan dan belakang.
    • Jangan menarik atau menyeret cover mobil, usahakan diangkat untuk menghindari baret-baret halus.
    • Pastikan pemasangan cover mobil fit atau pas ke bodi mobil.
  • Tapi kalau cover mobil tidak memiliki tempat spion maka pemasangannya bisa dimulai dari bagian atas mobil.
    • Sebelum memasang cover mobil mula-mula gulung cover mobil terlebih dahulu kemudian taruh di atap mobil.
    • Jika sudah gulungan cover mobil selanjutnya dapat dibuka di arah depan atau belakang hingga menutupi mobil dengan sempurna, agar tidak terjadi gesekan antara cover dengan cat yang terkadang meninggalkan baret halus.
    • Jangan menarik atau menyeret cover mobil, usahakan diangkat untuk menghindari baret-baret halus.
  • Untuk mobil yang ditinggal cukup lama maksimal 2 minggu, sebaiknya sarung mobil dibuka untuk menghindari kelembaban udara.
  • Biasakan untuk membersihkan cover mobil secara rutin tapi jangan sampai mencucinya dengan menggunakan deterjen dan mesin cuci, bila anda tidak ingin merusak serat kainnya.
    • Selalu bersihkan cover mobil dengan bahan yang lembut seperti spons dan kanebo untuk cover mobil yang basah.
    • Hindari membersihkan cover mobil dengan detergen karena dapat merusak daya tahan air atau coating anti air yang ada pada cover mobil tersebut.
    • Ketika ada noda pada cover mobil, anda cukup mencucinya dengan air bersih saja memakai selang atau sprayer tanpa harus memakai sabun cuci.
    • Jangan sesekali mengucek apalagi menggunakan sikat cuci ataupun green sponge yang kasar karena lama-lama semua itu akan merusak lapisan anti airnya.
    • Apabila ada noda yang sedikit membandel cobalah cuci dengan sabun atau sampo mobil yang lembut lalu gosok dengan sponge yang halus.
    • Selesai melakukan pencucian selanjutnya jemur cover mobil hingga benar-benar kering supaya nantinya tidak menempel pada mobil dan menimbulkan embun. Embun dapat meninggalkan bercak atau noda pada cat mobil.
  • Jangan mengemas cover mobil dalam keadaan basah, sebab akan merekat jika kering dan meninggalkan bau tidak sedap.
  • Segera keringkan cover mobil yang basah akibat terkena air hujan sesaat setelah hujan reda, jangan sampai ditunda sampai esok hari karena akan membuat bodi mobil menjadi basah atau berembun. Jika dibiarkan biasanya akan tumbuh jamur yang merusak cat mobil.
  • Lipat cover mobil dengan benar, caranya tarik cover mobil dari depan dan dari belakang kemudian kumpulkan ke atas mobil. Sebisa mungkin hindari gesekan yang dapat merusak bodi mobil, setelah itu lipat cover mobil menjadi satu dan digulung dengan rapi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih cover mobil yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan cover mobil yang berkualitas bagus, penting bagi anda untuk memilih cover mobil yang mudah kering, tidak luntur dan dari segi ukuran juga benar-benar pas.

Ketika anda memutuskan untuk membeli mobil, ada baiknya bila anda juga membeli cover mobil yang bagus sebagai sarana pelindung mobil itu sendiri. Dengan demikian mobil yang anda miliki bisa lebih aman dan terhindar dari debu atau air hujan saat diparkir di tempat yang tidak beratap seperti halaman rumah.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih cover mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain parasut atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.