Article

Homepage Article Fesyen Muslim 5 Cara Merawat Baju Model…

5 Cara Merawat Baju Model Kaftan Sesuai Bahan

Sering menggunakan kaftan sebagai busana harian anda?. Meski terkesan sepela namun penting untuk anda ketahui bahwa mencuci kaftan itu tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu alasannya karena beda bahan yang digunakan beda juga cara perawatannya sahabat Fitinline.

Merawat Kaftan

Sumber : https://www.pinterest.com/

Mau tahu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat kaftan kesayangan anda?. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa anda terapkan untuk membersihkan kaftan sesuai bahannya.

Merawat Kaftan

Sumber : https://www.zalora.com.my/

Kaftan Katun

Dibandingkan dengan kaftan lainnya, cara merawat kaftan berbahan katun terbilang jauh lebih mudah. Sebab sahabat Fitinline hanya perlu mencucinya dengan deterjen berbahan lembut dan menyetrikanya dengan suhu rendah.

Merawat Kaftan

Sumber : https://www.tulsionline.in/

Usahakan untuk tidak menggunakan cairan pemutih pada saat mencuci kaftan berbahan kain katun, kecuali jika kain itu berwarna putih. Sebab penggunaan cairan pemutih pada pakaian berwarna dikhawatirkan dapat menyebabkan warnanya menjadi luntur.

Merawat Kaftan

Sumber : https://www.polyvore.com/

Kaftan Chiffon

  • Kaftan dengan bahan chiffon akan lebih baik jika tidak dicuci dengan air hangat, karena bisa menyusut.
  • Suhu ideal yang direkomendasikan untuk mencuci kaftan chiffon yaitu berkisar 40 derajat celcius.
  • Gunakan deterjen berbahan lembut seperti detergen untuk pakaian bayi agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.
  • Jika anda ingin mencuci kaftan chiffon dengan mesin cuci sebaiknya pisahkan dengan bahan pakaian lain.
  • Mencuci kaftan chiffon terlalu lama juga bisa membuat warna chiffon cepat pudar, begitu juga pada saat pengeringan. Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengeringkan kaftan chiffon yaitu dengan cara diangin-anginkan.

Merawat Kaftan

Sumber : https://guide.alibaba.com/

Kaftan Satin

  • Seperti halnya kaftan chiffon, kaftan yang dibuat dari bahan satin sebenarnya juga kurang bagus jika dicuci dengan air hangat. Sebagai gantinya gunakan air dingin dan deterjen lembut.
  • Sebelum melakukan pencucian, rendam kaftan satin terlebih dahulu selama lima menit untuk memaksimalkan fungsi detergen dan menghilangkan noda yang menempel pada kaftan tersebut.
  • Hindari memeras kaftan satin terlalu kuat untuk meminimalisir dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.
  • Bilas kaftan sebanyak tiga hingga empat kali sampai sisa-sisa deterjen yang menempel benar-benar hilang.
  • Setelah proses pencucian selesai dilakukan selanjutnya keringkan chiffon secara alami di bawah sinar matahari.

Merawat Kaftan

Sumber : https://www.etsy.com/

Kaftan Sutra

Periksa label pakaian yang disertakan pada busana kaftan. Jika anda menjumpai kata “Dry Clean” berarti metode yang disarankan untuk membersihkan kaftan sutra tersebut yaitu berupa metode pembersihan kering atau tanpa air.

Simak kembali pembahasan mengenai Sejarah Singkat Teknik Dry Cleaning.

Merawat Kaftan

Sumber : https://www.lyst.com/

Jika tidak, itu berarti anda diperbolehkan untuk membersihkan kaftan sutra kesayangan anda dengan cara biasa yaitu menggunakan air dan sabun cuci khusus sutera.

  • Saat mencuci kaftan sutra sebisa mungkin hindari mengucek atau memerasnya terlalu keras agar permukaannya tidak berubah menjadi kusut dan sulit kembali ke bentuk semula.
  • Jemur kaftan sutera dengan cara di gantung dan diangin-anginkan di tempat yang teduh agar warnanya tetap awet dan tidak berubah menjadi kusam.

Merawat Kaftan

Sumber : https://www.lyst.com/

Kaftan Payet

Kaftan yang dilengkapi dengan detail manik-manik, bebatuan atau sequin tentu membutuhkan perawatan yang jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan kaftan polos. Jika tidak bisa saja detail tersebut menjadi rusak.

Merawat Kaftan

Sumber : http://shop.nordstrom.com/

Untuk membersihkan kaftan berdetail payet terapkan teknik pencucian secara manual yaitu dengan menggunakan tangan bukan dengan mesin cuci. Kucek secara perlahan bagian kaftan yang tidak berdetail. Gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan area manik-manik yang terdapat pada kaftan. 

Merawat Kaftan

Sumber : http://www.neimanmarcus.com/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat kaftan model terbaru dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.