Article

Homepage Article Kain 10 Kelebihan dan Kekurangan…

10 Kelebihan dan Kekurangan Cover Motor Berbahan Parasut

Biasa memarkirkan motor di tempat yang terbuka dan tidak memiliki atap pelindung?. Untuk memastikan agar motor tetap aman, penting bagi anda untuk melindungi motor tersebut dengan menggunakan bahan yang tepat. Salah satunya yakni dengan menggunakan cover motor berbahan parasut yang menawarkan banyak kelebihan.

Cover motor berbahan parasut umumnya sangat unggul dari segi kualitas bahan karena terkenal kuat, tidak mudah sobek dan memiliki sifat anti air. Dengan sifatnya yang anti air, cover motor ini dapat dipakai untuk melindungi cat motor agat tetap awet dan mencegah timbulnya karat pada bagian besi motor saat musim hujan.

Pengertian Cover Motor

Cover motor merupakan produk pelengkap rumah tangga yang memiliki fungsi sangat penting yaitu untuk melindungi cat motor agar terhindar dari bahaya kerusakan akibat terkena air hujan, sinar matahari maupun debu. Selain itu cover motor berfungsi untuk melindungi motor dari tindak kejahatan  ketika diparkirkan di luar rumah.

Cover Motor

Sumber : https://shopee.co.id/

Ide pembuatan cover motor sendiri sebenarnya berawal dari adanya jas hujan yang keberadaannya tidak pernah tergantikan dari masa ke masa. Terinspirasi dari jas hujan yang bermanfaat untuk melindungi pengendara sepeda motor di saat musim penghujan maka lahirlah cover motor yang kurang lebih mempunyai manfaat sama.

  • Penggunaan cover motor sangat dianjurkan jika motor diparkirkan di luar ruangan atau halaman rumah yang terbuka dan berpotensi besar terpapar panas matahari maupun hujan.
  • Cover motor dapat digunakan untuk melindung motor agar tetap bersih dan tidak berdebu, dengan demikian cat motor pun akan lebih awet dan tidak cepat kusam.
  • Pada saat musim penghujan cover motor berfungsi sebagai pengganti atap pelindung yang berperan penting untuk mencegah timbulnya karat di bagian besi motor.
  • Cover motor berperan untuk melindungi motor dari paparan sinar matahari yang juga bisa merusak ban motor.
  • Cover motor juga bisa dipakai untuk melindungi motor dari bahaya tindak kejahatan seperti misalnya pencurian kendaraan bermotor.

Cover Motor

Sumber : https://moedah.com/

Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya cover motor sendiri secara umum juga dapat dibedakan ke dalam dua kategori yang berbeda lho. Pertama yakni berupa cover motor indoor yang dipakai di dalam ruangan dan yang kedua berupa cover motor outdoor untuk dipakai di luar ruangan yang terbuka.

  • Cover Motor Indoor

Cover motor indoor merupakan jenis cover motor yang biasa digunakan untuk melindungi motor dari debu maupun kotoran di dalam ruangan seperti halnya garasi. Karena digunakan di dalam ruangan, biasanya cover motor indoor ini banyak dibuat dari bahan yang tidak memiliki coating anti air.

Cover Motor

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Cover Motor Outdoor

Cover motor outdoor merupakan jenis cover motor yang biasa digunakan untuk melindungi motor dari panas dan hujan di luar ruangan. Karena digunakan di luar ruangan, cover motor outdoor biasanya banyak dibuat dari bahan-bahan khusus seperti halnya bahan kain parasut yang bersifat anti air.

Cover Motor

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kelebihan Cover Motor Parasut

Berencana membeli cover motor outdor untuk melindungi motor kesayangan anda?. Sebagai referensi anda bisa memilih cover motor berbahan kain parasut sebagai alternatifnya. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memiliki cover motor berbahan parasut diantaranya:

1. Bahannya Terbilang Awet

Cover motor yang dibuat dari kain parasut termasuk ke dalam jenis cover motor yang bagus karena bahannya terbilang awet dan tidak mudah sobek walau sebenarnya cenderung tipis.

  • Cover motor berbahan dasar parasut terkenal akan durabilitas dan kekuatannya.
  • Cover motor berbahan parasut tahan terhadap debu, sinar matahari, air dan goresan.
  • Cover hujan berbahan parasut juga bertekstur halus, licin dan biasanya memiliki sifat waterproof yang sangat baik.
  • Walaupun bahan kain parasut lumayan tipis tapi cover motor yang dibuat dari bahan ini umumnya terbilang awet dan tidak mudah sobek.
  • Dengan pemakaian yang tepat, cover motor berbahan parasut bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Cover Motor

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Tahan Terhadap Angin

Cover motor parasut terbilang tahan terhadap terpaan angin kencang, jadi ketika digunakan di tempat yang terbuka cover motor tersebut mampu memberikan perlindungan yang maksimal pada bodi motor.

3. Bisa Melindungi Dengan Baik

Cover motor berbahan parasut umumnya memiliki sifat anti air jadi sangat cocok diandalkan untuk melindungi cat motor dari bahaya kerusakan akibat terkena air hujan. Selain itu cover motor berbahan parasut juga mampu memproteksi permukaan bodi motor dari goresan, debu dan kotoran.

  • Cover motor berbahan parasut yang memiliki tingkat ketahanan tinggi terhadap air mampu melindungi motor meski cuaca sedang tidak menentu.
  • Dengan adanya cover motor tersebut, kendaraan anda akan tetap aman dan tidak mudah berkarat meski sering terguyur hujan.
  • Performa motor yang terlindungi dengan baik biasanya juga jauh lebih baik dibandingkan motor yang sering terguyur hujan.

Cover Motor

Sumber : https://tokoonline88.com/

4. Tidak Mudah Kusut

Cover motor berbahan parasut memiliki tampilan yang senantiasa terlihat rapi karena karakteristik bahannya tidak mudah kusut walau sudah sering dipakai berkali-kali. Tanpa harus mendapatkan perlakuan khusus cover motor yang diciptakan dari bahan kain parasut akan selalu tampak keren.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali kain parasut yang dapat dijadikan cover motor. Misalnya saja Kain Parasut Silver, Kain Parasut Bening, Parasut Jas Hujan dan Kain Parasut WP (010).

  • Kain parasut silver merupakan sejenis bahan kain yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna silver. Untuk cover mobil dan motor banyak yang menggunakannya secara terbalik.
  • Kain parasut coating bening merupakan kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan.
  • Kain parasut jas hujan merupakan kain parasut yang dibuat khusus untuk keperluan pembuatan jas hujan maupun cover (sarung) tahan air lainnya. Bahan ini mempunyai lapisan anti air yang kuat.
  • Kain parasut WP (010) merupakan jenis kain parasut waterproof (anti air) yag mirip dengan parasut jas hujan hanya gramasinya lebih tipis.

5. Harganya Relatif Murah

Untuk masalah harga, cover motor berbahan kain parasut kebanyakan juga dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Jadi dengan membeli cover motor ini anda bisa sedikit lebih berhemat dan menggunakan uang yang anda miliki untuk keperluan lain.

  • Dari segi harga cover motor berbahan parasut biasanya tergolong murah bila dibandingkan dengan cover motor yang dibuat dari bahan lain.
  • Meski harga jualnya murah bukan berarti cover motor yang dibuat dari kain parasut memiliki kualitas yang buruk.

Cover Motor

Sumber : https://www.lazada.co.id/

6. Model dan Ukurannya Bervariasi

Selain unggul dari segi kualitas bahannya kini tersedia pula berbagai cover motor yang telah disesuaikan dengan jenis-jenis motor tertentu. Jadi anda tidak perlu bingung lagi mencari cover motor yang sesuai dengan motor kesayangan anda.

  • Dari segi desain dan tampilannya, cover motor berbahan parasut umumnya memiliki tampilan yang menarik.
  • Cover motor hadir dalam berbagai macam model yang bisa dipilih sesuai dengan jenis motor.
  • Cover motor juga tersedia dalam berbagai macam ukuran jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan untuk melindungi bodi motor sampai bawah.

7. Ringan dan Mudah Digunakan

Cover motor berbahan parasut termasuk ke dalam jenis cover motor yang ringan sehingga sangat praktis dan mudah untuk digunakan dalam kondisi apapun, baik itu hujan maupun panas.

  • Cover motor parasut yang ringan sangat cocok digunakan untuk melindungi motor terutama yang biasa diparkirkan di ruangan terbuka.
  • Cover motor yang dibuat dari kain parasut sangat ringan dan mudah untuk dilipat menjadi berbentuk kecil.
  • Ketika tidak digunakan untuk menutup motor, cover motor bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam kantung kecil yang disertakan saat pembelian cover motor.

Cover Motor

Sumber : https://tokoonline88.com/

8. Pilihan Warnanya Cukup Beragam

Cover motor hadir dalam berbagai macam warna yang cukup bervariasi, beberapa ada yang diciptakan dalam warna-warna cerah namun ada juga yang berwarna gelap, jadi bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan.

  • Cover motor yang berwarna gelap termasuk ke dalam jenis warna yang mudah menyerap panas jadi kurang bagus jika dipakai di tempat yang panas.
  • Sebaliknya cover motor yang berwarna terang cenderung menolak panas dan melindungi ketahanan warna cat motor dari pengaruh sinar Ultra Violet.

Cover Motor

Sumber : https://tokoonline88.com/

9. Mudah Dibersihkan

Cover motor berbahan parasut sangat mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat. Jika ada kotoran atau noda yang menempel anda bisa membersihkan bagian kotor tersebut dengan air mengalir.

  • Ketika ada noda pada cover motor, anda cukup mencucinya dengan air bersih saja memakai selang atau sprayer tanpa harus memakai sabun cuci.
  • Selesai melakukan pencucian selanjutnya jemur cover motor tinggal dijemur hingga benar-benar kering supaya nantinya tidak menempel pada motor dan menimbulkan embun. Embun dapat meninggalkan bercak atau noda pada cat motor.

Selain menerapkan cara perawatan seperti yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya ada juga hal lain yang perlu anda perhatikan untuk merawat cover motor kesayangan anda tetap awet dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

  • Hindari membersihkan cover motor dengan detergen karena dapat merusak daya tahan air atau coating anti air yang ada pada cover motor tersebut.
  • Jangan sesekali mengucek apalagi menggunakan sikat cuci ataupun green sponge yang kasar karena lama-lama semua itu akan merusak lapisan anti airnya.
  • Apabila ada noda yang sedikit membandel cobalah cuci dengan sabun atau sampo motor yang lembut lalu gosok dengan sponge yang halus.

Untuk membersihkan cover motor yang basah karena terkena air hujan gunakan bahan yang lembut seperti spons dan kanebo. Jangan mengemas cover motor dalam keadaan basah, sebab akan merekat jika kering dan meninggalkan bau tidak sedap.

Segera keringkan cover motor yang basah akibat terkena air hujan sesaat setelah hujan reda, jangan sampai ditunda sampai esok hari karena akan membuat bodi motor menjadi basah atau berembun. Jika dibiarkan biasanya akan tumbuh jamur yang merusak cat motor.

10. Mudah Ditemukan

Cover motor berbahan parasut sangat mudah untuk ditemukan. Bila anda ingin membelinya anda bisa langsung memesan cover motor melalui online shop yang sudah terpercaya. 

Kekurangan Cover Motor Parasut

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya cover motor berbahan parasut sendiri sebenarnya juga memiliki kelemahan karena dapat berembun pada bagian dalamnya. Jika bagian dalam sarung motor berembun, maka segera lepaskan dan keringkan sarung motornya agar tidak terjadi bercak-bercak jamur pada permukaan cat motor.

Tips Memilih Cover Motor

Khusus untuk anda yang ingin membeli cover motor penting bagi anda untuk memilih cover motor yang ukurannya benar-benar pas dan sesuai dengan jenis motor, dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan.

  • Memilih cover motor yang terlalu kecil akan membuat sebagian sisi bagian bawah motor tidak tertutupi dengan sempurna, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu.
  • Sebaliknya bila terlalu besar cover motor kemungkinan tidak terpasang dengan presisi dan tidak kencang.

Dalam memilih cover motor terbaik anda juga perlu mempertimbangkan warna yang tepat. Hindari warna hitam jika ingin menggunakan cover motor di cuaca panas karena warna tersebut cenderung lebih cepat menyerap panas. Sebagai gantinya anda bisa memilih cover motor dengan warna lain yang lebih cerah.

Pilihlah cover motor yang mudah dipasang namun tidak mudah terlepas ketika terkena terjangan angin. Bila masih ragu anda bisa membaca review yang diberikan pembeli terkait produk yang anda pilih.

  • Kemudahan pemakaian juga bisa dilihat dari adanya tanda atau warna di bagian depan dan belakang cover.
  • Dengan melihat tanda ini anda akan tahu jika bagian depan atau belakang cover masih belum tertutup secara kencang.

Untuk alasan keamanan sebaiknya gunakan cover motor yang dilengkapi dengan pengencang berbentuk strap ataupun belt, agar cover motor tersebut dapat melekat kuat dengan bodi motor. Jika cover motor hanya dikencangkan dengan karet, lama-lama karet tersebut akan kendur dan membuat cover motor mudah terlepas.

Disamping sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, ada lagi satu hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika memilih cover motor. Kalau mau lebih berhemat pastikan anda memilih cover motor yang sesuai kebutuhan dan juga budget.

  • Sebelum membeli cover motor ada baiknya bila anda mengecek harga cover motor yang sejenis di tempat lain.
  • Dengan membandingkan harga cover motor, maka peluang untuk menemukan cover motor yang  berkualitas tapi harganya jauh lebih murah jadi semakin besar.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa selain unggul dari kualitas bahannya cover motor berbahan parasut umumnya juga memiliki tampilan yang cukup menarik. Tidak hanya berfungsi untuk melindungi motor dari hujan, debu, angin dan panas matahari, cover motor ini juga berguna untuk melindungi motor dari pencurian.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain parasut atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.