Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memilih Coat Yang…

8 Tips Memilih Coat Yang Cocok Untuk Iklim Tropis

Memilih coat atau jaket di iklim tropis seperti Indonesia bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun jika kamu memerlukan pakaian yang bagus untuk melindungi tubuh dari hujan ringan atau udara yang sedikit lebih sejuk di malam hari maka tidak ada salahnya juga jika kamu memakai coat. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Coat

Coat termasuk ke dalam salah satu fashion item yang memiliki tampilan sangat khas yakni sering kali memiliki potongan cukup panjang, sehingga saat dipakai cenderung menutupi bagian tubuh seperti gaun.

  • Panjang coat dapat bervariasi, mulai dari yang panjangnya berada di atas lutut hingga yang lebih panjang mencapai betis maupun pergelangan kaki.
  • Coat seringkali dilengkapi dengan kancing atau resleting di bagian depan untuk menutupnya.
  • Beberapa coat juga memiliki saku yang fungsional dan menambahkan elemen praktis pada pakaian tersebut.

Khusus di negara-negara yang mengalami musim dingin, coat sendiri biasanya kerap digunakan sebagai pakaian penghangat tubuh. Tapi sekalipun tujuan awalnya memang untuk menghangatkan badan, namun kini ada juga coat yang khusus dirancang untuk keperluan fashion samata dan dapat digunakan di daerah yang beriklim tropis sepeti Indonesia.

Tips Memilih Coat

Tertarik untuk mengenakan coat sebagai pelengkap gaya penampilan kamu saat bekerja, kuliah ataupun hangout?. Berikut kami bagikan beberapa tips untuk memilih coat yang cocok untuk iklim tropis.

1. Pilih Bahan Yang Tepat

Pertama pilihlah coat yang berbahan ringan, memiliki kemampuan cukup baik untuk menyerap keringat, memiliki sirkulasi udara yang baik dan dapat memberi rasa nyaman pada tubuh tanpa membuatmu merasa kegerahan saat mengenakannya.

Bahan kain yang dimaksud yaitu:

  • Kain katun yang ringan, mudah menyerap keringat dan cocok untuk iklim tropis yang lebih hangat.
  • Kain linen yang yang ringan dan breathable sehingga dapat memberikan tampilan yang santai pada gaya casualmu.
  • Kain corduroy yang memiliki tampilan sangat khas yakni berupa pola garis-garis timbul pada permukaannya. Garis-garis cord yang terdapat pada kain ini akan mempengaruhi seberapa besar kehangatan kain yang dihasilkan.
  • Kain gabardin yang memiliki ciri khas berupa garis-garis berbentuk diagonal pada bagian permukaannya dan jika dilihat secara sepintas tampak mirip sekali dengan kain twill ataupun kain drill.
  • Bahan tweed yang menyerupai katun tapi lebih tebal, cenderung kasar dan berat, karena biasa dibuat dari campuran wool yang halus dengan tambahan polyester.

2. Pilih Desain Coat Yang Sederhana

Kedua pilihlah coat yang memiliki desain sederhana dan serbaguna sehingga kamu bisa dengan mudah memaduapdankannya dengan berbagai fashion item lain dan menggunakannya dalam berbagai kesempatan yang berbeda.

  • Hindari detail coat yang berlebihan dan mungkin akan membuat kamu merasa tidak nyaman saat memakainya.
  • Penggunaan coat yang sederhana juga akan membuatmu tampil semakin modis dibanding memakai coat yang terlalu ramai.

Untuk pilihan modelnya beberapa contoh coat kekinian yang bisa kamu pakai untuk pelengkap gaya penampilan antara lain berupa:

  • Trench coat alias model coat yang memiliki kerah lebar dan biasa dilengkapi pula dengan dua baris kancing ganda sebagai bagian paling ikonik dari gaya trench coat. Beberapa trench coat juga memiliki sabuk yang memberikan tampilan lebih ramping.

Model Coat

Sumber : https://www.harrods.com/

  • Berikutnya ada pea coat alias model coat bergaya klasik yang awalnya dibuat untuk angkatan laut Belanda pada tahun 1800-an namun selanjutnya mulai dikembangkan untuk pelengkap gaya penampilan yang keren untuk outfir ke kantor atau sekedar hangout.

Model Coat

Sumber : https://www.endource.com/

  • Kemudian ada swing coat alias model coat yang biasa diciptakan dalam ukuran sebatas lutut, dilengkapi dengan kerah, sepasang saku depan, serta kancing untuk menutup belahan bagian depannya.

Model Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

3. Pilih Yang Warnanya Netral atau Cerah

Ketiga utamakan untuk memilih coat yang memiliki warna netral atau cerah, tergantung pada gaya dan preferensi pribadi kamu.

  • Coat yang dibuat dalam warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu bisa dengan mudah dipadukan dengan pakaian lain.
  • Sementara coat dengan warna cerah mungkin lebih sesuai untuk iklim tropis di Indonesia yang cenderung hhangat.

4. Pilih Yang Potongannya Longgar

Keempat pilih coat dengan potongan yang longgar, tidak terlalu ketat di tubuh dan dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

5. Sesuaikan Ukuran Panjang Coat

Kelima pilih ukuran panjang coat yang sesuai dengan tinggi badan kamu. Pilihan yang paling bagus yaitu coat dengan ukuran sebatas paha untuk memberikan perlindungan yang cukup tanpa memberikan rasa terlalu tertutup.

6. Pertimbangkan Fungsionalitas

Keenam pilih coat yang dilengkapi pula dengan beberapa kantong atau saku tambahan untuk menyimpan barang-barang penting seperti ponsel, kunci, atau dompet.

7. Pilih Coat Dengan Lapisan Dalam Tipis

Ketujuh jika coat yang hendak kamu pakai dilengkapi pula dengan bahan pelapis di bagian dalamnya, pastikan lapisan tersebut juga ringan dan sesuai dengan iklim tropis. Beberapa contoh bahan pelapis yang cocok digunakan untuk furing coat diantaranya berupa kain furing errow atau hero, kain peles dan kain dormeuil. 

8. Melihat Review dan Rekomendasi

Untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa nyaman dan sesuai coat yang hendak kamu pakai di daerah yang beriklim tropis, pertimbangkan ulasan dari orang-orang yang telah menggunakan coat tersebut.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam memilih dan memadupadankan coat yang keren untuk pelengkap gaya penampilan sesuai dengan iklim Indonesia. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk memilih busana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Karena penggunaan coat di wilayah yang beriklim tropis lebih terbatas dibandingkan dengan daerah yang dingin, maka pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membelinya ya. Yang jelas pastikan coat tersebut sesuai dengan gaya hidup kamu di wilayah yang beriklim tropis.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat coat?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan kain untuk coat yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.