Article

Homepage Article Fashion Muslim 8 Panduan Memakai Blazer…

8 Panduan Memakai Blazer Wanita Hijab Untuk Busana Sehari-hari

Blazer wanita hijab menjadi salah satu fashion item yang kini banyak dicari muslimah modern. Untuk anda yang juga ingin tampil modis saat bekerja di kantor ataupun hangout, berikut kami bagikan beberapa panduan penting yang harus anda perhatikan saat memakai blazer wanita hijab.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Blazer

Blazer wanita hijab dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis fashion item yang memiliki bentuk seperti jas tapi potongannya tampak lebih santai dan fleksibel. Di Indonesia sendiri blazer lebih sering dipakai untuk baju kerja, walaupun pada akhirnya banyak juga yang menjadikan blazer sebagai pakaian casual. 

Meski tidak ada ketentuan pasti yang mengatur tata cara penggunaan blazer wanita hijab, namun untuk mendapatkan tampilan yang tetap terkesan rapi dan stylish saat bekerja ada baiknya bila anda mempertimbangkan sejumlah aturan dasar dalam memakai blazer.

Aturam Memakai Blazer

Mau tahu apa saja hal penting yang harus diperhatikan dalam memakai blazer wanita hijab?. Khusus untuk anda yang mau tampil modis saat bekerja di kantor atau sekedar hangout mungkin anda bisa menerapkan sejumlah tips berikut.

1. Pilih Yang Ukurannya Pas Badan

Untuk anda yang ingin memakai blazer sebagai pelengkap gaya berhijab, pilihlah blazer yang ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh anda. Jangan memilih blazer yang terlalu ketat atau longgar, karena hal ini justru akan menjadikan penampilan anda terlihat tidak rapi.

  • Blazer wanita yang terlalu sempit di bagian dada atau lengan akan terasa tidak nyaman ketika dikancingkan.
  • Sementara jika ukuran blazer terlalu longgar yang ada penampilan anda akan terlihat aneh dan kurang maksimal.

Blazer Wanita Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Perhatikan Panjang Lengan Blazer

Gunakan blazer wanita hijab yang lengannya tidak lebih panjang dari pergelangan tangan. Blazer wanita sendiri dapat dikatakan ideal jika ujung lengannya berada tepat di bagian tulang pergelangan tangan yang menonjol.

Blazer Wanita Hijab

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Pilih Model Blazer Yang Tepat

Hal penting lainnya yang juga harus anda perhatikan ketika memakai blazer wanita hijab yaitu, sesuaikan model blazer dengan bentuk badan anda.

  • Jika anda memiliki bahu yang kuat dan lebar serta pinggul yang ramping pilihlah model blazer wanita hijab yang berpotongan cropped.
  • Jika anda memiliki pinggul besar seperti buah pear pilihlah model blazer wanita hijab  dengan panjang tepat di atas pinggul atau sedikit di bawahnya.
  • Jika anda memiliki tubuh lurus atau rectangle, blazer model boxy yang lurus dengan aksen tegas di bagian bahu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kalau anda mau tampil lebih kekinian, anda bisa juga memilih blazer wanita panjang / model blazer wanita hijab yang mirip dengan coat (mantel hangat).

  • Blazer wanita panjang yang memiliki potongan sangat khas, bisa dipakai untuk menyamarkan lekuk tubuh yang kurang proporsional.
  • Tidak hanya membuat penampilan anda makin menarik, blazer wanita panjang juga bisa dijadikan baju hangat saat cuaca dingin.

Blazer Wanita Hijab

Sumber :  https://www.blibli.com/

4. Pilih Bahan Blazer Yang Tepat

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, umumnya blazer hadir dalam berbagai pilihan bahan yang cukup bervariasi, mulai dari kain kain moscrepe, wollycrepe, twistcone, torry bruch, torino, katun tweed, drill, corduroy dan lainnya.. Beda jenis bahan beda pula kesan yang ditampilkan.

  • Jika anda ingin mendapatkan blazer wanita hijab untuk busana kerja yang profesional pilihlah bahan blazer yang lebih kaku.
  • Tapi kalau anda mau memakai blazer wanita hijab untuk gaya yang lebih casual, maka memilih blazer dengan bahan yang fleksibel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Simak juga pembahasan mengenai 6 Rekomendasi Bahan Untuk Setelan Blazer Wanita Modern.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat blazer wanita panjang / model bazer wanita hijab lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

5. Pahami Etika Mengancingkan Blazer

Untuk memberi kesan rapi pada penampilan pahami pula etika dalam mengancingkan blazer. Sebab jika digunakan dengan cara yang salah penampilan anda justru akan terlihat kurang menarik dan terkesan berantakan.

  • Untuk blazer berkancing satu anda dapat menutup kancingnya ketika berdiri dan melepasnya ketika duduk.
  • Untuk blazer berkancing dua kancing paling atas harus dikancingkan sedangkan kancing di bawahnya tidak.
  • Untuk blazer berkancing tiga ada dua alternatif pilihan yang bisa anda terapkan.
    • Pilihan pertama kancingkan dua kancing teratas blazer dan lepas kancing terbawahnya.
    • Pilihan kedua hanya kaitkan kancing tengah blazer saja sedangkan kancing teratas dan terbawah dibiarkan terbuka.

6. Kenakan Dalaman Yang Sopan dan Tertutup

Penggunaan blazer wanita hijab harus disertai pula dengan baju yang sopan, tertutup dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

  • Jika anda ingin tampil lebih profesional kenakan dalaman berupa blus lalu padupadakan  dengan celana bahan / rok yang panjang.
  • Jika anda ingin tampil lebih casual gunakan dalaman berbahan kaos lalu pasangkan dengan celana jeans / celana kulot.
  • Kalau mau tampil lebih feminim anda bisa juga memakai gamis atau dress panjang yang longgar.

Blazer Wanita Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Mix and Match Warna Blazer

Jangan pernah takut untuk mengaplikasikan blazer wanita hijab dengan warna, bahan dan pola yang berbeda pada penampilan anda.

  • Untuk mendapatkan tampilan yang lebih berwarna coba blazer dengan warna yang cerah dan memiliki pola beragam lalu padukan dengan baju dan hijab yang polos agar motif pada blazer semakin menonjol.

Blazer Wanita Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Tapi kalau anda merasa lebih nyaman memakai blazer wanita hijab yang cenderung polos maka anda bisa memadupadankannya dengan celana bahan yang bermotif, misal motif kotak-kotak.

Blazer Wanita Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Tambahkan Aksesoris Seperlunya

Untuk menambah kesan elegan pada penampilan anda, aplikasikan berbagai macam aksesoris yang simple seperti kalung dan bros.

  • Pilihlah aksesoris yang corak maupun warnanya sesuai dengan warna blazer wanita hijab yang anda kenakan.
  • Jangan memakai aksesoris terlalu banyak karena dapat menimbulkan kesan yang berlebihan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai panduan memakai blazer wanita hijab yang perlu anda ketahui sebelum mengaplikasikannya sebagai busana hari-hari. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu anda untuk tampil lebih keren dan terlihat sempurna saat mengenakan blazer wanita hijab ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.