Article

Homepage Article Fashion Design Perhatikan 8 Hal Berikut…

Perhatikan 8 Hal Berikut Saat Memilih Korset Pelangsing

Korset termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian pelangsing yang bisa memberi ilusi ramping dan kurus pada tubuh. Meski tidak ada aturan pasti yang melarang dan mengharuskan seseorang untuk memakai korset tertentu, tapi tetap saja dalam memilih korset ada banyak hal penting yang perlu anda perhatikan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Korset

Korset merupakan sejenis pakaian pelangsing yang telah populer di Eropa sejak abad ke-16 dan mencapai puncaknya pada era pemerintahan Ratu Victoria di Inggris. Dilihat dari asal bahasanya kata “korset” sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu “korps” yang artinya tubuh kecil.

Korset Pelangsing

Sumber : https://neheleniapatterns.com/

Dibandingkan dengan korset yang berkembang saat ini, korset era Victorian umumnya dibuat lebih kecil karena dulu bentuk tubuh jam pasir menjadi hal wajib bagi tiap wanita. Bagian pengait terletak di depan dan berbahan besi untuk mengunci sementara di bagian perut terdapat tali untuk mengencangkan korset.

Korset Pelangsing

Sumber : https://in.pinterest.com/

Dari yang awalnya dibuat untuk membentuk badan dan pinggang jadi lebih kecil dan mungil, korset  peangsing selanjutnya mulai dikembangkan lebih lanjut untuk banyak keperluan seperti mengencangkan perut yang kendur setelah melahirkan, pelengkap berkuda dan berbagai fungsi lain yang tidak kalah penting.

Korset Pelangsing

Sumber : https://www.gucci.com/

Beberapa fungsi lain dari korset pelangsing yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Merampingkan perut maupun pinggang dan membuat tubuh lebih berbentuk.
  • Memperbaiki proporsi tubuh supaya terlihat lebih sempurna.
  • Membuat posisi duduk jadi lebih tegap.
  • Membentuk tubuh wanita jadi lebih ramping sehingga pakaian apapun yang dikenakan jadi terlihat lebih bagus dan menarik.

Tips Memilih Korset

Berencana untuk membeli korset pelangsing dalam waktu dekat tapi masih bingung seperti apa model, bahan dan desain korset yang paling sesuai dengan kebutuhan anda?. Biar tidak salah pilih simak tips berikut yuk.

1. Tentukan Tujuan Penggunaan Korset

Pertama tentukan lebih dulu tujuan penggunaan korset, apakah anda ingin menggunakan korset tersebut di bagian dalam atau justru di luar pakaian lain.

  • Korset yang dikenakan seperti layaknya pakaian dalam sangat cocok dipadupadankan dengan kebaya, gaun pengantin dan gaun pesta.
  • Korset yang dikenakan di luar pakaian lain cocok untuk memberi sentuhan elegan pada pakaian yang berpotongan longgar.

Korset Pelangsing

Sumber : https://id.pinterest.com/

Download Pola Kebaya Kutubaru dan Pola Kebaya Kutubaru (Wiwid Hosana) siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat kebaya sendiri.

2. Pilih Brand Yang Sudah Terpercaya

Untuk mendapatkan korset yang berkualitas pastikan anda memilih korset yang diproduksi oleh brand atau merek yang sudah terpercaya. Kalau masih ragu anda bisa melihat testimoni dari para konsumen yang lebih dulu menggunakan merek tersebut.

3. Pilih Model Korset Yang Tepat

Dalam memilih korset jangan sampai tergiur dengan diskon atau harga murah yang ditawarkan, namun pastikan modelnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

  • Korset Underbust

Jika ada lebih suka memakkai korset di bawah payudara maka anda bisa memilih korset model underbust.

Korset Pelangsing

Sumber : https://www.kiltandjacks.com/

  • Korset Overbust

Jika anda lebih sula memakai korset yang bisa difungsikan sebagai bra sekaligus maka anda bisa memilih korset model overbust.

Korset Pelangsing

Sumber : https://www.kiltandjacks.com/

4. Sesuaikan Pola Korset Dengan Pakaian

Jangan sampai pemakaian korset justru malah memperburuk penampilan. Karenanya selalu sesuaikan pola korset pelangsing dengan pakaian yang hendak anda kenakan, agar bentuk lekukan pakaian di atas korset tetap terlihat bagus bahkan ketika anda sedang duduk.

Korset Pelangsing

Sumber : https://glamorouscorset.com/

5. Pilih Bahan Korset Yang Nyaman

Berikutnya pastikan anda memilih korset yang nyaman dipakai, memiliki bahan yang breathable (memiliki sirkulasi udara yang mampu mengalirkan udara panas) dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Dengan memilih bahan korset yang breathable dan mampu menyerap keringat dengan baik, tentu anda akan terhindar dari bau badan yang dapat mengurangi rasa percaya diri, gatal-gatal dan juga iritasi kulit.

Tiga bahan utama yang menjadi patokan dasar dalam memilih korset pelangsing diantaranya:

  • Bahan Mesh

Bahan mesh yang tipis dan lentur ideal untuk mengurangi rasa sesak dan gerah. Dengan begitu, timbulnya iritasi akibat pemakaian korset pelangsing dapat dicegah.

  • Bahan Latex

Bahan latex yang stretch dan memiliki elastisitas tinggi dapat mengurangi lecet akibat gesekan. Korset ini umumnya juga lebih mudah untuk dipakai dan dilepaskan.

  • Bahan Katun

Bahan katun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang memiliki kulit sensitif karena terbuat dari serat alami tumbuhan kapas.

6. Pilih Warna Korset Yang Tepat

Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna perhatikan kesesuaian warna korset pelangsing dengan warna pakaian yang anda kenakan.

  • Bila anda ingin mengenakan korset di dalam pakaian lain pastikanlah untuk memilih korset yang sama dengan warna pakaian atau dengan warna kulit agar tidak terlihat dari luar pakaian.
  • Bila anda ingin mengenakan korset di luar pakaian lain maka anda bisa memilih korset yang berwarna kontras dari warna pakaian (bisa lebih gelap atau justru lebih terang).

Korset Pelangsing

Sumber : https://poshmark.com/

7. Pilih Ukuran Korset Yang Sesuai

Pilihlah ukuran korset sesuai bentuk tubuh, agar manfaat dari pakaian pelangsing tersebut dapat anda rasakan secara langsung. Meski begitu ada baiknya hindari korset yang terlalu ketat terlebih jika anda ingin memakainya dalam waktu lama.

  • Korset yang terlalu besar tentu tidak akan cocok dipakai oleh wanita yang bertubuh kurus.
  • Sementara korset yang terlalu kecil tentu hanya akan membuat tubuh terasa sesak saat memakainya.

8. Periksa Kualitas Jahitan Korset

Periksa jahitan yang terdapat pada korset untuk memastikan bahwa pakaian pelangsing yang anda pilih memang memiliki kualitas yang baik. Jahitan korset yang berkualitas sendiri dapat ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Jahitan berbentuk lurus dan tidak bertumpuk.
  • Jahitan tampak halus dan rapi.
  • Jahitan tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Warna benang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Bagian sisi jahitan pinggirnya yang tidak menyisakan benang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips penting yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih korset pelangsing. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan korset yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga pembahasan mengenai 7 Hal Yang Membedakan Korset dan Bustier kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang perbedaan antara keduanya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.