Article

Homepage Article Fashion Design 8 Langkah Mudah Mengembalikan…

8 Langkah Mudah Mengembalikan Warna Celana Jeans Yang Pudar

Celana jeans kesayangan kamu warnanya mulai tampak memudar, tapi sayang kalau dibuang lantaran dari segi kualitas bahan masih terlihat bagus?. Untuk mengembalikan warna celana jeans agar terlihat seperti baru lagi ternyata caranya tidaklah sesulit yang dibayangkan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Penyebab Warna Jeans Jadi Pudar

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengembalikan warna celana jeans ada baiknya cari tahu dulu yuk apa saja hal yang menyebabkan warna celana jeans menjadi pudar.

Meski kelihatan sepele, faktanya warna jeans dapat memudar karena beberapa alasan termasuk penggunaan, pencucian dan paparan terhadap elemen tertentu.

  • Terlalu sering mencuci celana jeans atau menggunakan deterjen yang berbahan keras dapat menyebabkan warna celana jeans jadi cepat pudar
  • Pemakaian mesin cuci dengan siklus putaran yang terlalu cepat dapat merusak serat kain dan menyebabkan warna jeans memudar.
  • Proses pengeringan dengan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu lama dapat menyebabkan warna celana jadi mudah pudar.
  • Paparan sinar matahari yang berlebih saat menjemur celana jeans.
  • Kualitas pewarna yang rendah atau proses pewarnaan yang dilakukan secara asal.
  • Gesekan berulang antara bagian-bagian celana jeans atau kontak dengan permukaan yang kasar.

Cara Mengembalikan Warna Jeans

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengembalikan warna celana jeans yang terlanjur memudar entah karena efek pencucian yang salah atau karena gesekan berulang antara bagian-bagian celana jeans lantaran terlalu sering dipakai?.

Untuk mengembalikan warna celana jeans yang sudah memudar sebenarnya ada cara praktis yang bisa kamu lakukan yakni dengan mewarnai ulang celana jeans tersebut. Beberapa alat dan bahan yang perlu kamu siapkan untuk mewarnai ulang celana jeans diantaranya:

  • Celana jeans yang akan diwarnai ulang.
  • Bahan pewarna jeans (fabric dye) yang sesuai. Beberapa mungkin membutuhkan air mendidih namun ada juga yang dapat dilarutkan dengan menggunakan air hangat.
  • Ember atau panci untuk mencampur bahan pewarna.
  • Air untuk melarutkan bahan pewarna.
  • Garam untuk memperkuat warna pada kain.
  • Sarung tangan karet untuk melindungi tangan kamu.

Mewarnai Ulang Celana Jeans

Sumber : https://www.ritdye.com/

Sementara untuk langkah-langkahnya kamu bisa mengikuti instruksi berikut.

1. Bersihkan Celana Jeans

Pastikan celana jeans yang hendak kamu warnai benar-benar dalam keadaan bersih dan terbebas dari kotoran maupun debu yang akan menjadi penghalang antara serat jeans dan bahan pewarna. Jika perlu cuci celana jeans terlebih dahulu kemudian jemur hingga kering.

2. Campur Bahan Pewarna

Baca petunjuk yang tertera pada kemasan produk pewarna kemudian ikuti langkah-langkahnya dengan cermat untuk mencampur bahan pewarna dan air.

  • Pertama isi ember atau panci dengan air (sesuaikan suhunya dengan instruksi yang tertera pada kemasan bahan pewarna).
  • Tambahkan setengah botol bahan pewarna ke dalamnya kemudian aduk hingga tercampur sepenuhnya.
  • Untuk memperkuat warna pada celana jeans tambahkan pula satu cangkir garam.

Mewarnai Ulang Celana Jeans

Sumber : https://www.ritdye.com/

3. Gunakan Sarung Tangan Karet

Gunakan sarung tangan karet untuk menjaga kebersihan kulit saat kamu memulihkan warna celana jeans yang pudar.

4. Uji Coba Bahan Pewarna

Lakukan uji coba pada bagian kecil celana jeans atau bahan lain untuk memastikan bahwa warna yang kamu dapatkan benar-benar sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

  • Jika warnanya terlalu terang tambahkan lebih banyak bahan pewarna.
  • Jika warnanya terlalu gelap tambahkan air lagi.

5. Rendam Celana Jeans

Jika hasilnya sudah sesuai sekarang kamu bisa langsung mencelupkan celana jeans ke dalam campuran pewarna hingga seluruh bagian celana terendam dengan sempurna.

  • Celupkan celana jeans ke dalam wadah yang sudah berisi larutan pewarna sampai semua bagian celana jeansterendam secara menyeluruh.
  • Diamkan celana jeans dalam campuran pewarna selama beberapa saat sesuai waktu yang ditentukan pada petunjuk bahan pewarna.
  • Untuk mendapatkan hasil yang sempurna proses pewarnaan ini bisa memakan waktu beberapa jam.

Mewarnai Ulang Celana Jeans

Sumber : https://www.ritdye.com/

6. Bilas dan Cuci

Selesai direndam sekarang bilas celana jeans dengan air dingin kemudian cuci dengan menggunakan deterjen yang bebas dari bahan kimia keras atau pemutih yang dapat merusak warna celana jeans.

Mewarnai Ulang Celana Jeans

Sumber : https://www.ritdye.com/

Tapi ingat, untuk menghindari transfer warna yang tidak diinginkan ke pakaian lain pastikan kamu mencuci celana jeans secara terpisah dari pakaian lain.

7. Keringkan Celana Jeans

Jemur celana jeans di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari dengan cara terbalik, dalam artian bagian baiknya berada di dalam sementara bagian buruknya berada di luar.

8. Evaluasi Hasil

Setelah kering, periksa kembali hasil pewarnaan yang kamu lakukan pada celana jeans. Jika warnanya masih tidak sesuai, kamu bisa mengulangi proses di atas sampai mendapatkan hasil yang tepat sesuai keinginan kamu.

Mewarnai Ulang Celana Jeans

Sumber : https://www.ritdye.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mengembalikan warna celana jeans yang pudar. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam mewarnai ulang celana jeans.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat celana jeans?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Denim terbaik di katalog kain kami.

Download juga Pola Celana Pria Skinny dan Pola Celana Wanita Skinny di halaman pola kami kalau kamu ingin membuat celana jeans sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.