Article

Homepage Article Fashion Design 8 Kriteria Jaket Yang Bagus…

8 Kriteria Jaket Yang Bagus Untuk Musim Hujan

Memilih jaket yang bagus untuk musim hujan dapat memberikan perlindungan tanpa mengorbankan penampilan. Dengan memilih jaket yang sesuai, kamu pun bisa tetap beraktifitas dengan nyaman dan lebih leluasa saat menghadapi musim hujan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Jaket Saat Musim Hujan

Jaket termasuk ke dalam salah satu fashion item essensial yang sangat penting selama musim hujan. Selain melindungi tubuh dari angin, suhu dingin dan cuaca yang tidak menentu, jaket yang baik untuk musim hujan hendaknya juga memberikan kenyamanan serta fleksibilitas pada tubuh saat beraktifitas.

Kriteria Jaket Yang Bagus

Mau tahu seperti apa ciri-ciri jaket yang bagus digunakan untuk musim hujan?. Untuk memaksimalkan fungsi jaket dalam memberikan perlindungan dan kenyamanan pada tubuh, berikut kami bagikan beberapa kriteria jaket yang bagus untuk musim hujan.

1. Bahannya Bersifat Tahan Air

Kriteria pertama yaitu jaket harus tahan air, bukan hanya tahan terhadap percikan (water-resistant) tetapi lebih bagus lagi jika bahan jaket benar-benar mampu menahan air saat hujan deras.

  • Bahan waterproof: Biasanya terbuat dari bahan seperti Gore-Tex, nylon, atau polyester yang dilapisi teknologi tahan air.
  • Lapisan anti air: Perhatikan jaket dengan lapisan luar yang memiliki teknologi DWR (Durable Water Repellent), yang memungkinkan air untuk tergelincir dari permukaan jaket tanpa diserap.

Jaket Musim Hujan 

Sumber : https://www.walmart.ca/

2. Kedap Angin (Windproof)

Saat hujan sering kali juga ada angin kencang, sehingga jaket yang baik untuk musim hujan harus mampu melindungi dari angin. Ini menjaga tubuh tetap hangat saat cuaca dingin dan berangin. Jaket dengan lapisan kedap angin membantu melindungi dari cuaca dingin yang dihasilkan oleh angin hujan.

Jaket Musim Hujan 

Sumber : https://www.underpeaceshop.com/

3. Memiliki Penutup Kepala (Hoodie)

Penutup kepala (hoodie) yang dapat diatur atau ditarik menjadi salah satu fitur penting dari jaket yang akan sangat membantu melindungi kepala dari hujan.

  • Pilih penutup kepala (hoodie) yang bisa disesuaikan atau dilengkapi dengan tali serut sehingga tetap nyaman dan tidak lepas terkena angin.
  • Pinggiran penutup kepala (hoodie) yang sedikit kaku atau bisa disesuaikan membantu menahan bentuknya saat terkena hujan.

Jaket Musim Hujan 

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Jahitan dan Ritsleting Tertutup

Pastikan jaket memiliki jahitan yang disegel atau dilapisi untuk mencegah air masuk melalui celah-celah jahitan. Jaket dengan ritsleting yang dilindungi oleh lapisan anti air atau penutup tambahan, juga bisa membantu mencegah air masuk melalui ritsleting.

Jaket Musim Hujan 

Sumber : https://www.amazon.com/

5. Lapisan Yang Baik (Lining)

Jaket musim hujan yang bagus biasanya memiliki lapisan dalam yang bisa menjaga kehangatan dan kenyamanan. Jika digunakan di daerah dengan suhu yang lebih dingin, insulasi ringan sangat berguna untuk tetap hangat tanpa membuat jaket terlalu berat.

Jaket Musim Hujan 

Sumber : https://www.amazon.com/

6. Ringan dan Mudah Dibawa

Kriteria berikutnya yang harus ada pada jaket musim hujan yaitu lightweight and packable, alias ringan dan mudah dibawa.

  • Jaket yang ringan memudahkan gerakan dan lebih nyaman saat digunakan dalam jangka waktu lama.
  • Jaket yang bisa dilipat dan dibawa dalam tas atau ransel tanpa memakan banyak tempat sangat praktis saat hujan tidak terlalu deras.

Jaket Musim Hujan 

Sumber : https://www.aliexpress.com/

7. Fitur Reflektif (Reflective Elements)

Pada musim hujan, visibilitas sering berkurang akibat cuaca mendung atau hujan deras. Karena alasan itulah keberadaan elemen reflektif untuk meningkatkan visibilitas di malam hari atau kondisi cahaya rendah menjadi sangat penting.

  • Fitur reflektif membantu pemakai jaket lebih terlihat oleh orang lain, terutama pengendara kendaraan.
  • Fitur reflektif membantu mengurangi risiko kecelakaan dengan meningkatkan visibilitas pemakai.
  • Fitur reflektif bisa menjadi penyelamat di situasi darurat, misalnya saat kamu terjebak di area yang gelap atau terisolasi selama hujan deras.

Jaket Musim Hujan 

Sumber : https://dario.id/

8. Daya Tahan (Durability)

Jaket dengan kualitas bahan dan konstruksi yang baik umumnya lebih tahan lama.Jadi sebaiknya pilihlah jaket yang terbuat dari bahan yang tahan lama sehingga bisa bertahan selama beberapa musim hujan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai delapan kriteria jaket yang cocok untuk digunakan selama musim hujan. Dengan memperhatikan kriteria di atas, semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan jaket yang tidak hanya melindungi tubuh dari hujan, tetapi juga nyaman, awet dan tetap terlihat bagus saat dipakai.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan jaket terbaik di katalog kami.

Simak juga Rekomendasi Bahan Jaket Yang Bagus Untuk Musim Hujan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.