Article

Homepage Article Kain 8 Keunggulan Jaket Pria…

8 Keunggulan Jaket Pria dan Wanita Yang Dibuat Dari Bahan Taslan

Jaket termasuk ke dalam jenis pakaian penghangat tubuh wajib yang dimiliki oleh semua orang. Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jaket sendiri sebenarnya dapat dibuat dari berbagai jenis material. Salah satu yang cukup populer yakni berupa bahan kain taslan yang menawarkan banyak keunggulan.

Pengertian Bahan Taslan

Bahan taslan merupakan bahan kain modern yang dirancang dengan menggunakan teknologi yang canggih. Bahan ini umumnya terbentuk dari jalinan serat polyester yang kuat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Meskipun terbuat dari polyester, bahan taslan dapat membuat keringat cepat menguap.

Ciri paling khas yang dimiliki bahan taslan yaitu, bahan taslan terbuat dari serat nilon bertekstur (nilon yang sudah diberi tekstur dengan metode air jet texturing) sehingga didapatkan kain yang lembut seperti katun, ringan, bersifat anti air, anti angin, kuat dan mempunyai daya tahan yang sangat tinggi.

Selain itu ada pula bahan taslan yang juga dibuat dari serat poliester dan diberi coating tambahan untuk meningkatkan daya tahan kain terhadap air (waterproof) yang jauh lebih baik. Karakteristik lain dari bahan taslan yang tidak kalah unik yaitu:

  • Sebagian besar bahan taslan umumnya bersifat anti jamur dan anti minyak jadi sangat mudah perawatannya.
  • Bahan taslan lebih mudah kering dibandingkan dengan kain katun.
  • Beberapa bahan taslan dengan harga premium akan memiliki sifat sangat nyaman bila tersentuh oleh kulit.
  • Tekstur dari bahan taslan yang lembut sangat cocok dipakai untuk bahan pakaian.
  • Bahan taslan memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga dalam bentuk pakaian sangat nyaman dipakai oleh siapapun.
  • Bahan taslan aman digunakan untuk badan karena bersifat menjaga kelembapan yang berlebihan pada badan.

Bahan Taslan Untuk Jaket

Untuk jenisnya bahan taslan yang biasa digunakan sebagai bahan  jaket pria dan jaket wanita secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa macam varian. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Bahan Taslan Bening

Bahan taslan coating bening merupakan bahan taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan. Bahan ini umumnya tersedia dalam banyak pilihan warna yang menarik.

  • Bahan taslan bening termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat anti air karena memiliki coating anti air berwarna bening.
  • Bahan taslan bening sangat mudah didapatkan, pilihan warnanya cukup banyak dan harganya pun relatif terjangkau.
  • Bahan taslan bening sangat cocok untuk jaket dan produk yang memerlukan sifat anti air ringan (water repellent).

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

2. Bahan Taslan Milky

Bahan taslan milky merupakan bahan taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu).
Bahan taslan milky memiliki permukaan kain yang licin dan kerapatan serat bahannya cukup tinggi.

  • Bahan yang digunakan di dalam pembuatan kain taslan milky merupakan polyester (serat sintetis) dengan kualitas sistem yang bagus.
  • Bahan taslan milky dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat kering ketika dipakai beraktivitas.
  • Bahan taslan milky sangat cocok digunakan untuk membuat jaket dan produk lainnya yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

3. Bahan Taslan GN

Bahan taslan GN merupakan kain jenis bahan taslan tahan air yang kuat dengan tekstur yang lembut. Bahan ini juga dikenal mudah kering dan mampu menyerap kelembapan sehingga tubuh tidak mudah berkeringat.

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

4. Bahan Taslan Ripstop (MG)

Bahan taslan risptop MG merupakan bahan taslan yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) yang mempunyai lapisan coating bening yang anti air (water repellent). Karakteristiknya sedikit tebal dan dibuat dari benang polyester.

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Jaket Taslan

Berkeinginan untuk membeli jaket berbahan taslan dan butuh banyak masukan terkait bahan yang satu ini?. Sebanding dengan kualitas bahannya, jaket pria dan wanita yang dibuat dari bahan taslan umumnya juga menawarkan lebih banyak keunggulan dari pada jaket yang dibuat dari bahan lain.

1. Awet dan Tahan Segala Cuaca

Jaket yang dibuat dari bahan taslan yang tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca karena memang faktanya diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih dan berkaitan dengan nanoteknologi.

  • Jaket berbahan dasar taslan terkenal akan durabilitas dan kekuatannya.
  • Jaket berbahan taslan tahan terhadap debu, sinar matahari, air dan goresan.
  • Dengan pemakaian yang tepat, jaket berbahan taslan bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

2. Bisa Diandalkan Saat Hujan

Bahan taslan yang dibuat dengan nanoteknologi termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat anti air. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik maka jaket yang dibuat dari bahan taslan cukup siap diandalkan untuk melindungi dan menghangatkan tubuh pada saat musim hujan.

3. Anti Jamur dan Anti Noda

Buat anda yang ingin membeli jaket taslan, anda tidak perlu khawatir soal jamur dan noda karena sebagian besar bahan taslan umumnya bersifat anti jamur dan anti minyak jadi sangat mudah perawatannya.

4. Sangat Mudah Dibersihkan

Jaket berbahan taslan termasuk ke dalam jenis jaket yang mudah untuk dibersihkan. Caranya cukup dilap dengan kain lembab untuk mengurangi debu yang menempel setelah lama dipakai.

  • Bila anda ingin mencuci jaket taslan gunakan sabun tanpa detergent seperti shampoo atau sabun bayi. Jangan menggunakan detergent berbahan keras karena bisa merusak bahan taslan.
  • Kucek jaket taslan dengan menggunakan tangan dan sikat yang berbulu lembut. Jika masih ada noda yang menempel sikatlah perlahan dan searah alur serat kain.
  • Bilas jaket taslan hingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal, untuk mengeringkannya anda cukup meremas dan menekannya jangan dipelintir.

5. Lebih Cepat Kering

Sesuai dengan karakteristik bahannya yang mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan, jaket  pria dan jaket wanita yang dibuat dari bahan taslan umumnya juga cenderung lebih cepat kering dibanding jaket lainnya.

  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan jaket taslan bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.
  • Dengan cara diangin-anginkan sejenak semalaman, jaket taslan yang anda miliki sudah bisa dipakai lagi.

6. Tidak Mudah Kusut

Jaket taslan taslan memiliki tampilan yang senantiasa terlihat rapi karena karakteristik bahannya tidak mudah kusut walau sudah sering dipakai berkali-kali. Tanpa harus mendapatkan perlakuan khusus jaket pria dan jaket wanita yang diciptakan dari bahan taslan akan selalu tampak keren.

7. Bahannya Tebal dan Lentur

Jaket taslan sangat cocok dipakai untuk melawan udara dingin karena bahannya cukup tebal dan memiliki tesktur lentur. Dengan memakai jakat berbahan taslan saat udara dingin menyerang suhu tubuh pun akan jadi lebih hangat.

8. Banyak Pilihan Model dan Warnanya

Jaket taslan hadir dalam berbagai macam model dan warna yang cukup bervariasi. Beberapa ada yang diciptakan dalam warna-warna cerah namun ada juga yang berwarna gelap, jadi bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan.

  • Untuk anda yang lebih suka tampil simple anda bisa memilih jaket taslan yang diciptakan dalam warna-warna netral.
  • Untuk anda yang lebih suka tampil nyentrik anda bisa memilih jaket taslan yang diciptakan dalam warna-warna cerah dan berani.

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita jaket taslan sendiri umumnya memiliki tampilan yang menarik dan dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang cukup bervariasi. Jaket yang dimaksud antara lain berupa jaket bomber, jaket parka, jaket varsity, jaket harington, jaket windbreaker, maupun jaket yang lainnya.

1. Jaket Bomber

Jaket bomber yang dikenal juga dengan nama lain “flight jaket” sebenarnya merupakan sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk tentara militer namun pada perkembangannya juga mulai dipakai untuk item pelengkap fashion.

  • Jaket bomber memiliki ciri khas berupa desain yang menggembung atau bulky.
  • Jaket bomber dilengkapi dengan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket bomber memiliki saku yang dibuat menyerong di bagian depan sisi kanan dan kiri jaket.
  • Terdapat pula saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.
  • Jaket bomber umumnya dilengkapi dengan bur pada bagian ujung lengan dan bagian leher. Bur yang terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.

Jaket Taslan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dari kami Di Sini.

2. Jaket Parka

Jaket parka merupakan jenis jaket yang didesain dengan panjang sebatas lutut. Pada beberapa jenis jaket parka ada pula yang dihiasi dengan tudung bulu berlapis dan dilengkapi dengan manset serta drawstrings di pinggang.

  • Jaket parka rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan model jaket pada umumnya bahkan ada yang mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku untuk menyimpan barang berharga di bagian badan depan.
  • Jaket parka memiliki hoodie yang bisa dipakai untuk melindungi bagian kepala.

Jaket Taslan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka dari kami Di Sini.

3. Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan jaket yang pada awalnya sering dipakai para pelajar di Amerika. Jaket ini biasanya memakai kancing dan memiliki dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan.

  • Jaket varsity memiliki kancing (resleting untuk opsi) di bagian depan mulai dari ujung bawah sampai ujung leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket varsity biasanya dibuat dengan dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta bagian badan.
  • Jaket varsity kebanyakan memiliki inisial huruf atau desain tertentu di dada sebelah kiri dari patch kain atau bordir.
  • Jaket varsity umumnya dilengkapi dengan bur yang berwarna sama pada bagian leher yang sekaligus berfungsi sebagai kerah, ujung lengan dan bagian bawahnya.
  • Jaket varsity memiliki dua buah saku miring tanpa penutup di kedua sisi perut.

Jaket Taslan

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Varsity dari kami Di Sini.

4. Jaket Harrington

Jaket harrington merupakan sebuah jaket yang berukuran panjang hingga sebatas pinggang dan memiliki ciri khas bermotif kotak-kotak di bagian dalamnya.

  • Jaket harrington termasuk ke dalam jenis jaket yang cukup ringan dengan ukuran sebatas pinggang.
  • Jaket harrington umumnya dibuat dari bahan kain yang berwarna polos untuk bagian luar sementara furingnya memakai kain bermotif tartan.
  • Jaket harrington biasanya dilengkapi dengan bur pada bagian lengan dan ujung jaket.
  • Jaket harrington umumnya tidak memiliki hoodie tapi memiliki kerah untuk menghangatkan bagian leher.
  • Untuk membuka dan menutup jaket terdapat resleting di depan yang memanjang dari ujung bawah sampai ujung leher.
  • Jaket harrington juga memiliki saku dengan kancing di kedua sisi penutupnya jadi sangat aman untuk digunakan membawa benda-benda berharga.

Jaket Taslan

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker merupakan sejenis jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Khusus di negara Inggris jaket windbreaker ini konon dikenal juga dengan nama lain windcheater.

  • Jaket windbreaker biasanya menggunakan karet pada bagian pergelangan tangannya jadi angin yang masuk ke bagian dalam jaket bisa diminimalisir.
  • Jaket windbreaker tidak memiliki seemsheeld atau perisai jahitan. Meski demikian jaket ini  masih lumayan cukup bagus dipakai saat trekking atau traveling.
  • Untuk membuka dan menutup belahan jaket terdapat sebuah resleting yang dipasang pada bagian badan depan.
  • Jaket windbreaker standar biasanya memiliki kerah yang berfungsi untuk melindungi leher namun ada juga yang menggunakan hoodie untuk melindungi bagian kepala.
  • Terdapat pula beberapa produsen jaket yang mengeluarkan model jaket windbreaker dengan beberapa fitur ekstra, seperti kantong di beberapa bagian lengan atau bagian dalam jaket.

Jaket Taslan

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan dari jaket berbahan taslan yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki jaket taslan tersebut semoga  kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan jaket yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan taslan atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.