Article

Homepage Article Kain 5 Rekomendasi Bahan Taslan…

5 Rekomendasi Bahan Taslan Terbaik Untuk Membuat Bean Bag

Mencari bahan kain berkualitas untuk membuat sofa bean bag?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang ringan tapi berserat kuat, tidak mudah sobek, mudah dibersihkan dan dikeringkan, serta mempunyai daya tahan yang sangat tinggi, maka anda bisa menggunakan bahan taslan sebagai alternatifnya.

Pengertian Bean Bag

Bean bag merupakan sejenis sofa tanpa rangka atau bantal besar dari bahan kain yang diisi menggunakan butiran styrofoam. Karena dibuat dengan menggunakan kantong yang berisikan busa styrofoam, sofa bean bag ini secara keseluruhan memiliki bobot yang relatif ringan sehingga lebih mudah untuk di pindahkan.

Satu hal yang pasti bean bag umumnya akan terasa sangat empuk saat digunakan untuk duduk dan mampu mengikuti bagaimana bentuk badan di atasnya. Dengan karakteristiknya yang fleksible sofa bean bag inipun juga begitu mudah untuk dimodifikasi dan dibuat dengan sentuhan yang lebih modern dan minimalis.

Bentuk dan Ukuran Bean Bag

Seperti halnya sofa yang biasa digunakan sebagai tempat duduk, bean bag sendiri sebenarnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam desain dan ukuran. Tidak hanya terbatas pada bean bag yang berbentuk bulat, namun ada juga bean bag yang diciptakan dalam bentuk triangle, shark, buah-buahan, binatang dan masih banyak model lainnya.

1. Bean Bag Karung Bulat

Bean bag karung bulat merupakan bentuk lain bean bag yang populer karena memiliki tampilan seperti drum. Dengan memakai bean bag ini anda pun akan merasa seperti tenggelam di tengah-tengahnya.

Bean Bag

Sumber : https://bombanow.com/

2. Bean Bag Bentuk Pear

Bean bag bentuk pear merupakan bean bag yang sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana karena terdapat handle di bagian atasnya. Selain itu bean bag ini juga sangat nyaman untuk diduduki karena memiliki sandaran punggung.

Bean Bag

Sumber : https://www.abcschoolsupplies.ie/

3. Bean Bag Bentuk Sofa

Bean bag jenis ini merupakan bean bag yang memiliki desain seperti layaknya sofa tanpa sandaran tangan. Bean bag sofa bisa juga diratakan sebagai pengganti kasur di ruang keluarga karena mampu memuat dua hingga tiga orang.

Bean Bag

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Bean Bag Triangle

Bean bag triangle merupakan bean bag yang memiliki bentuk sangat khas seperti segitiga. Bean bag ini sangat cocok diletakkan di ruang keluarga untuk menunjang dekorasi ruang anda.

Bean Bag

Sumber : https://www.blibli.com/

Dari berbagai macam model bean bag yang ada biasanya terdapat sejumlah bean bag yang hanya dibuat dengan satu lapis sarung namun ada juga yang memakai dua lapis sarung. Kedua jenis bean bag tersebut sebenarnya sama-sama bagus dipakai untuk duduk, hanya saja pada bean bag dua lapis sarung kainnya ada dobel jadi lebih aman.

Bila anda ingin membeli sofa bean bag sangat disarankan untuk memilih bean bag yang memiliki dua lapisan sarung. Lapisan pertama merupakan pelindung yang bisa dilepas dan dicuci, sedangkan lapisan kedua biasanya berisi biji isian bean bag.

  • Bean bag yang memiliki dua lapisan sarung biasanya cenderung lebih awet karena lapisan terluarnya lebih mudah dicuci dan dikeringkan.
  • Selain itu kalau lapisan pertama sobek, butiran polystyrene beads yang menjadi isian bean bag tidak akan tumpah keluar.

Bahan Sarung dan Isian Bean Bag

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk sarungnya, sebuah bean bag umumnya juga dapat dibuat dari berbagai jenis material yang kuat dan tidak mudah sobek. Pemilihan bahan sarung bean bag ini hendaknya juga disesuaikan dengan fungsi dan lokasi bean bag akan ditempatkan.

  • Bila anda ingin meletakkan bean bag di dalam ruangan, anda bisa mencari bean bag dengan sarung bahan katun dan suede.
  • Sementara untuk keperluan outdoor anda bisa memakai bean bag berbahan kanvas, nylon dan taslan yang lebih kaku dan tahan air.

Untuk biji isian bean bag ada beberapa pilihan isi yang dapat digunakan seperti bead beans, polystyrene beads, styrofoam ataupun dakron. Dari sejumlah bahan yang ada polystyrene beads dikenal sebagai salah satu bahan terbaik untuk isian bean bag karena nyaman dan susah kempes, bahan dakron juga hampir serupa.

Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan anda bisa memilih isian sofa bean bag jenis polystyrene beads supaya terasa lembut dan tidak membuat tubuh mudah pegal. Terlebih lagi sekarang ada polystyrene beads yang 100% recycleable.

  • Butiran polystyrene beads yang berdiameter sekitar 2-5 mm memiliki elastisitas yang tinggi dan akan terasa padat jika digunakan sebagai tempat duduk.
  • Jika anda menyukai bean bag yang lebih lembut dan empuk, pilih bean bag dengan isian berdiameter 1 mm atau kurang.

Semakin kecil isian bean bag teksturnya akan semakin lembut saat disentuh dan juga fleksibel digunakan dalam berbagai posisi. Dari segi harga isian bean bag yang kecil mungkin sedikit lebih mahal, tetapi dari segi kualitas isian bean bag ini biasanya akan lebih awet ketika digunakan dalam jangka waktu lama.

Bahan Taslan Untuk Bean Bag

Sebagai bahan pembuatan sofa bean bag yang cukup populer, kain taslan sendiri terkenal cukup awet karena terbentuk dari jalinan serat polyester yang kuat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Meskipun terbuat dari serat polyester, bahan taslan ini tetaplah memiliki banyak kelebihan dibandingkan bahan lain.

Ciri paling khas yang dimiliki bahan taslan yaitu, bahan taslan terbuat dari serat nilon bertekstur (nilon yang sudah diberi tekstur dengan metode air jet texturing) sehingga didapatkan kain yang lembut seperti katun, ringan, bersifat anti air, anti angin, kuat, mudah dikeringkan dan mempunyai daya tahan yang sangat tinggi.

Selain itu ada pula bahan taslan yang dilengkapi dengan coating tambahan untuk meningkatkan daya tahan kain terhadap air (waterproof) yang jauh lebih baik. Karakteristik lain dari bahan taslan yang tidak kalah unik yaitu:

  • Sebagian besar bahan taslan umumnya bersifat anti jamur dan anti minyak jadi sangat mudah perawatannya.
  • Bahan taslan termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan dengan cara dilap dengan kain lembab. Proses pengeringan kain taslan juga tidak memakan waktu lama.
  • Beberapa bahan taslan dengan harga premium akan memiliki sifat sangat nyaman bila tersentuh oleh kulit.
  • Tekstur dari bahan taslan yang lembut sangat cocok dipakai untuk bahan pakaian maupun bean bag.
  • Bahan taslan memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga sangat nyaman dipakai oleh siapapun.
  • Bahan taslan aman digunakan untuk badan karena bersifat menjaga kelembapan yang berlebihan pada badan.
  • Bahan taslan tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berkali-kali.

Untuk jenisnya bahan taslan yang biasa digunakan sebagai bahan bean bag secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa macam varian. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Bahan Taslan Bening

Bahan taslan coating bening merupakan bahan taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan.

  • Bahan taslan bening termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat anti air karena memiliki coating anti air berwarna bening.
  • Bahan taslan bening sangat mudah didapatkan, pilihan warnanya cukup banyak dan harganya pun relatif terjangkau.
  • Bahan taslan bening sangat cocok digunakan untuk membuat bean bag dan produk lainnya yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

2. Bahan Taslan Bening SA (MG)

Bahan taslan bening SA (MG) merupakan sejenis bahan taslan produk lokal dengan lapisan anti air yang disemprotkan berwarna bening, sehingga bagian luar dan dalam kain berwarna sama.

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

3. Bahan Taslan Ripstop (MG)

Taslan risptop MG merupakan bahan taslan yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) yang mempunyai lapisan coating bening yang anti air (water repellent). Karakteristiknya sedikit tebal dan dibuat dari benang polyester. Kain ini bisa digunakan untuk membuat jaket, tas ataupun bean bag maupun keperluan lainnya.

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

4. Bahan Taslan Milky

Bahan taslan milky merupakan bahan taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu).

  • Bahan taslan milky memiliki permukaan kain yang licin dan kerapatan serat bahannya cukup tinggi.
  • Bahan yang digunakan di dalam pembuatan kain taslan milky merupakan polyester (serat sintetis) dengan kualitas sistem yang bagus.
  • Bahan taslan milky dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat kering ketika dipakai beraktivitas.
  • Bahan taslan milky sangat cocok digunakan untuk membuat bean bag dan produk lainnya yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

5. Bahan Taslan Milky (MG)

Bahan taslan milky (MG) merupakan sejenis bahan taslan produksi lokal dengan lapiran anti air yang disemprotkan berwarna putih (milky). Bahan ini sangat cocok digunakan untuk jaket dan produk lainnya yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent) seperti halnya bean bag.

Bahan Taslan

Sumber : https://fitinline.com/

Tips Memilih Bean Bag

Berkeinginan untuk membeli bean bag dari bahan taslan tapi masih belum paham kriteria bean bag yang bagus itu seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih bean bag berikut kami bagikan tipsnya hanya untuk anda.

1. Pilih Desain Yang Tepat

Sesuaikan bentuk, warna dan ukuran bean bag dengan interior ruangan agar bean bag yang anda miliki nantinya dapat digunakan sekaligus sebagai dekorasi ruangan.

2. Test Kepadatan Bean Bag

Pilih bean bag yang pada t agar tidak mudah kempis. Salah satu cara termudah yang bisa anda lakukan untuk menguji kualitas bean bag adalah dengan cara menepuk-nepuk atau menduduki bean bag secara langsung.

  • Ciri-ciri bean bag yang nyaman adalah kepadatannya standar dan tak mudah kempis ketika diduduki.
  • Selain itu pastikan juga bahwa kursi bean bag takkan mudah menyusut karena akan sangat memengaruhi kenyamanan ketika digunakan.

3. Periksa Jahitan Bean Bag

Sama seperti saat membeli baju pastikan anda selalu mengecek jahitan dan resleting dari bean bag. Sebisa mungkin pilih bean bag yang jahitannya rapi dan kuat karena kalau tidak bisa saja bean bag tersebut bocor, rusak atau bahkan resletingnya macet dan tidak bisa ditutup lagi.

  • Jahitan sofa bean bag yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

4. Covernya Dapat Dilepas

Memilih bean bag dengan cover yang mudah dilepas menjadi salah satu keputusan yang sangat bijak. Dengan demikian ketika cover mulai terlihat kusam atau kotor, anda tinggal melepas dan mencucinya seperti pakaian biasa.

Lebih tertarik untuk membuat bean bag sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menjahitnya?. Untuk memudahkan anda dalam membuat bean bag simak kembali pembahasan mengenai Cara Membuat Bean Bag yang sangat praktis dan mudah anda ikuti.

Cara Merawat Bean Bag

Punya sejumlah koleksi bean bag berbahan taslan di rumah anda?. Supaya bean bag yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat dan memperlakukan bean bag tersebut dengan cara yang tepat.

  • Selalu cek permukaan lantai yang akan anda pakai untuk meletakkan bean bag. Kalau bisa jangan menaruh bean bag di tempat yang basah ataupun permukaan yang kasar.
  • Biasakan untuk selalu memasukkan bean bag ke dalam ruangan ketika sudah tidak dipakai lagi terlepas dari apapun bahan yang dipakai untuk membuatnya. Pasalnya sarung bean bag sendiri umumnya tidak didesain untuk tahan hujan ataupun cuaca.
  • Untuk bean bag yang dipakai di luar ruangan sebaiknya segera cuci dan keringkan sarungnya apabila kehujanan. Dalam kondisi lembab bean bag biasanya akan lebih mudah berjamur dan bau.
  • Jangan biarkan bean bag kesayangan anda terkena matahari secara langsung karena warnanya akan memudar
  • Bila bean bag yang anda miliki terkena tumpahan makanan dan minuman, usahakan untuk segera membersihkannya saat itu juga tanpa menunggunya kering terlebih dahulu. Noda yang dibiarkan mengering biasanya akan semakin sulit untuk dibersihkan.

Untuk memperbaiki bean bag yang isiannya sudah kempes, terlalu lembab dan jadi bau atau menggumpal anda bisa menggantinya dengan isian yang baru. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengganti isian bean bag yaitu:

  • Kosongkan kantung bean bag dengan cara mengeluarkan isiannya yang lama.
  • Setelah kosong anda bisa menuangkan isian bean bag yang baru sesuai dengan kebutuhan.
  • Supaya bean bag tidak mudah lembab ataupun berbau anda bisa juga memasukkan beberapa kantong silica gel ataupun penyegar karpet di bagian dalam bean bag.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat menenai jenis-jenis bahan taslan yang bisa digunakan sebagai sarung bean bag. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengetahui bahan kain terbaik yang bisa dijadikan bean bag sangatlah penting, karena dari situlah anda bisa tahu bahan kain seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan taslan untuk bean bag ataupun bahan lain untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.