Article

Homepage Article Fashion Design Karakteristik Jaket Safari…

Karakteristik Jaket Safari dan Bahan Untuk Membuatnya

Jaket safari termasuk ke dalam salah satu must-have item yang populer bagi pria untuk beberapa musim terakhir. Untuk mengetahui seperti apa karakteristik dari jaket safari dan bahan yang banyak dipakai untuk membuatnya simak dulu pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Safari

Jaket safari yang juga dikenal dengan sebutan  field jacket termasuk ke dalam jenis jaket yang awalnya didesain khusus untuk kegiatan berburu di Afrika pada 1930-an silam namun pada perkembangannya juga mulai diaplikasikan menjadi daily wear pria mengingat desainnya yang manly dan klasik. 

Jaket Safari

Sumber : http://willis-and-geiger.com/

Sebagai salah satu jenis jaket yang kaya akan fungsi, jaket safari sendiri kembali menjadi trend di kalangan pria sejak merek kenamaan Louis Vuitton membawakannya pada runway 2017 lalu.

  • Creative director Louis Vuitton tersebut mendesain ulang jaket safari yang klasik dan memberikannya sentuhan yang lebih modern.
  • Jaket yang dibuat Louis Vuitton tersebut diberikan detil tambahan resleting dan sabuk yang membuatnya terlihat makin trendi.

Jaket Safari

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berawal dari situlah beberapa brand ternama termasuk beberapa merek lokal Indonesia mulai memproduksi kembali jaket serupa dengan desain yang lebih termutakhir dan pilihan bahan yang digunakan pun juga lebih beragam.

Karakteristik Jaket Safari

Layaknya model jaket lain yang didesain untuk melindungi tubuh dari cuaca yang kurang bersahabbat, jaket safari inipun pada prinsipnya juga memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket safari dengan model jaket yang lain diantaranya:

  • Jaket safari dikenal dengan kelebihannya yang ringan dan breathable, jadi sangat cocok dijadikan sebagai alternatif summer suits.
  • Jaket safari memiliki ciri khas yaitu bersaku empat di bagian depan. Jenis saku yang diaplikasikan pada jaket safari umumnya berupa saku tempel yang dilengkapi dengan penutup.
  • Jaket safari secara fungsional dapat dipakai untuk melindungi tubuh namun di sisi lain juga dapat difungsikan untuk pelengkap gaya penampilan.
  • Selain kaya akan fungsi, jaket safari juga memiliki kelebihan lain yaitu mudah dipadukan dengan berbagai fashion item lainnya.

Bahan Pembuatan Jaket Safari

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, jaket safari umumnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang memiliki tekstur agak tebal, tenunannya padat dan tidak mudah kusut. Beberapa jenis bahan jaket yang memenuhi syarat tersebut antara lain berupa:

1. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis kain yang memiliki tekstur tebal, berat dan kuat. Khusus untuk pembuatan jaket safari, kain kanvas yang bisa dipakai cukup beragam, sebut saja:

  • Kain kanvas marsoto yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Bahan jaket ini juga memiliki ciri khas lain yakni bertekstur bintik-bintik pada bagian permukaannya menyerupai tekstur kain cordura.
  • Kain kanvas ripstop yang kuat, ringan dan secara garis besar mempunyai serat unik berbentuk “kotak-kotak” yang tidak dimiliki oleh jenis kanvas lainnya.
  • Kain kanvas sueding yang paling khas dari semua jenis kanvas karena memiliki lapisan tipis yang agak berbulu. Hal ini membuat benang atau material ringan lainnya mudah menempel pada permukaan kain.
  • Kain baby kanvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang. Kain ini teksturnya juga cenderung lebih lembut, lebih halus dan tidak memiliki sifat yang kaku.

Jaket Safari

Sumber : https://hickmanandbousfield.com/

2. Kain Drill

Kain drill merupakan sejenis bahan kain yang memiliki serat diagonal dengan pintalan dan jalinan benang yang kokoh. Adanya alur miring ini semakin membuat pintalan kuat dan tidak mudah lepas. Berdasarkan ukuran serat kainnya, kain drill yang banyak dipakai sebagai bahan jaket yaitu berupa:

  • Kain twill drill yang memiliki serat pintalan / gramasi paling kecil dibanding varian drill yang lain, serta bersifat lembut namun tetap kuat.
  • Kain American drill yang memiliki ukuran serat pintalan sedang / menengah, kuat, kokoh dan terlihat sedikit mengkilap.
  • Kain Japan drill yang memiliki serat lebih tebal dibandingkan dua jenis kain sebelumnya dan mengandung komposisi katun yang lebih tinggi.

Jaket Safari

Sumber : https://hickmanandbousfield.com/

3. Kain Twill

Kain twill merupakan kain yang berserat garis-garis miring atau diagonal seperti halnya kain drill tetapi sedikit lebih tebal. Selain lebih tebal, kain ini teksturnya juga cenderung sedikit kasar dibanding drill tetapi akan terasa sangat lembut dan dingin jika dipakai sebagai bahan pakaian.

Jaket Safari

Sumber : https://www.franken-cie.com/

Simak juga pembahasan mengenai 10 Perbedaan Kain Drill dan Kain Twill.

4. Bahan Suede

Bahan suede merupakan sejenis bahan yang memiliki keistimewaan tersendiri pada penampilannya yang lembut. Karenanya jaket safari yang dibuat dari bahan suede ini sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya tampilan formal ala eveningwear.

  • Bahan suede yang terbuat dari kulit hewan umumnya memiliki sifat yang sangat khas yakni tidak mudah panas sekalipun terkena sinar matahari secara langsung.
  • Bahan suede sebagian besar dibuat dari kulit dalam dekat daging maka permukaannya jadi lebih halus dan lembut.
  • Bahan suede juga memiliki keistimewaan lain yakni lebih tahan lama bahkan hingga lima tahun apabila dirawat dengan cara yang tepat.

Jaket Safari

Sumber : https://www.shopstyle.com/

5. Bahan Kulit

Bahan kulit merupakan sejenis bahan fleksibel dan tahan lama yang dibuat dengan proses penyamakan kulit hewan. Ketika diaplikasikan pada jaket safari, bahan kulit dengan keawetannya yang lebih unggul menawarkan kesan klasik untuk penampilan.

Jaket Safari

Sumber : https://leatherings.com/

Tips Padupadan Jaket Safari

Tertarik untuk mengenakan jaket safari sebagai pelengkap gaya sehari-hari tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Untuk anda yang mau mencobanya anda bisa mengkombinasikan jaket safari dengan outfit yang simpel mengingat desain jaket safari lebih cocok dijadikan sebagai pusat penampilan.

Salah satu contohnya anda bisa menggunakan jaket safari dengan kaos oblong dan celana jeans yang memang selalu cocok dipadupadankan dengan outfit apapun. Meski terkesan simple gaya tersebut akan menjadikan penampilan anda semakin stylish berkat military look khas jaket safari.

Untuk anda yang hobi berpetualang, anda bisa memadupadankan jaket safari dengan celana outdoor lalu tambahkan scarf di leher. Sementara jika anda ingin tampil lebih feminim anda bisa mengkombinasikan jaket safari dengan midi dress motif bunga dan sepatu sneakers yang tampak lebih santai.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik jaket safari lengkap dengan rekomendasi bahan yang dapat dijadikan sebagai material utamanya. Tidak hanya cocok digunakan saat sinar matahari sedang terik, jaket safari pada prinspinya juga bisa dipakai untuk  melindungi tubuh dari cuaca dingin dan berangin.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket safari?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas, Kain Drill, Kain Twill dan Bahan Suede yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.