Article

Homepage Article Kain 8 Kelebihan Pembalut Kain…

8 Kelebihan Pembalut Kain Dibanding Pembalut Sekali Pakai

Sering mengalami ruam atau reaksi alergi akibat menggunakan pembalut sekali pakai?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena kini sudah ada pembalut dari bahan kain yang aman dan nyaman digunakan tiap kali anda mengalami siklus menstruasi.

Pengertian Pembalut Kain

Pembalut kain adalah penampung darah haid yang memiliki fungsi sangat mirip dengan pembalut sekali pakai. Bedanya kalau pembalut kain itu terbuat dari beberapa lapis kain yang dipotong persegi panjang dan bisa dipakai berulang kali setelah dicuci dan dikeringkan, maka pembalut sekali pakai tidak demikian.

Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang pembalut kain, berikut kami bagikan beberapa point utama yang bisa dijadikan sebagai bahan perbandingan antara pembalut kain dengan pembalut sekali pakai.

  Pembalut Kain Pembalut Sekali Pakai
Bahan Pembalut kain terbuat dari beberapa lapis kain yang dipotong dengan pola tertentu sesuai dengan desain pembalut kain. Pembalut sekali pakai terbuat dari cellulose gel dan plastik sehingga mengandung berbagai macam bahan kimia.
Harga Pembalut kain biasanya memang dijual dengan harga cukup mahal. Tetapi selanjutnya pembalut kain ini bisa dipakai berulang kali, jadi lebih hemat. Harga satuan dari pembalut sekali pakai relatif lebih murah, namun jika akumulasikan selama satu tahun biaya yang harus dikeluarkan pasti jauh lebih besar.
Perawatan Pembalut kain bisa dicuci dengan menggunakan sabun yang lembut dan bebas bahan pemutih. Secara berkala pembalut ini juga bisa dicuci dengan air hangat. Usai digunakan pembalut sekali pakai bisa langsung dibuang, tapi tumpukan limbah pembalut sekali pakai yang dihasilkan semakin lama akan semakin banyak.
Kenyamanan Lapisan pembalut kain yang bersentuhan dengan kulit mampu memberikan rasa nyaman karena kebanyakan dibuat dari bahan kain yang lembut. Pembalut sekali pakai yang dijual dengan harga murah dan memiliki kualitas rendah dan rata-rata lebih berisiko menimbulkan alergi serta iritasi kulit.

Kelebihan Pembalut Kain

Meski tidak sepopuler pembalut sekali pakai namun sekarang ini banyak juga lho kaum hawa yang mulai berganti ke pembalut kain. Selain lebih hemat pembalut ini juga dinilai lebih aman dari bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi dan masalah kesehatan pada organ kewanitaan.

Beberapa kelebihan dari pembalut kain yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mulai beralih untuk menggunakan jenis pembalut yang satu ini diantaranya:

1. Lebih Menghemat Uang

Menggunakan pembalut kain yang dapat dipakai berulang kali akan membuat anda lebih hemat karena tidak perlu lagi membeli pembalut sekali pakai setiap datang bulan. Dari segi harga memang pembalut kain biasanya lebih mahal, tapi untuk pemakaian jangka panjang justru lebih hemat.

  • Pembalut kain dapat digunakan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, tergantung pada penggunaan dan perawatannya.
  • Dengan menggunakan pembalut kain anda bisa lebih berhemat dan menggunakan uang yang anda miliki untuk kebutuhan lain.

Pembalut Kain

Sumber : https://www.wearthlondon.com/

2. Aman Untuk Kesehatan

Menggunakan pembalut kain bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan area kewanitaan. Terlebih lagi pembalut merupakan benda yang bersentuhan langsung dengan alat kelamin wanita.

  • Pembalut kain dianggap lebih aman untuk kesehatan organ kewanitaan karena tidak mengandung bahan kimia, seperti pemutih.
  • Dengan memakai pembalut kain maka anda bisa terhindar dari bahaya iritasi maupun alergi.

Pembalut Kain

Sumber : https://zwoice.com/

3. Masa Pakainya Lama

Pembalut kain dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena tidak mudah rusak dan bahannya juga kuat. Sebuah pembalut kain yang memiliki kualitas baik bahkan dapat dikenakan hingga lebih dari 36 kali pemakaian dalam 3 tahun jadi anda tidak perlu sering-sering membeli pembalut yang baru.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Pembalut kain lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pembalut sekali pakai yang menghasilkan banyak sekali limbah sampah. Serat sistetis dan pemutih yang terkandung pada pembalut sekali pakai jika dibuang sembarang juga dapat merugikan ekosistem.

Pembalut Kain

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Bersifat Breathable

Pembalut kain kebanyakan terbuat daei bahan kain yang bersifat breathable. Karena sebagian besar dibuat dari bahan yang sangat lembut dan bersifat breathable, maka kulit akan terhindar dari alergi atau iritasi kulit akibat pemakaian pembalut dalam jangka waktu yang lama.

6. Bebas Bahan Kimia

Pembalut kain tidak mempunyai efek samping karena bebas dari kandungan bahan kimia berbahaya seperti halnya zat klorin yang biasa digunakan pada proses bleaching. Lain halnya dengan pembalut sekali pakai, setengah lebih produsen pembalut tidak mencantumkan komposisi zat pembalut pada kemasannya.

Beberapa contoh bahan kimia beracun yang dikhawatirkan terkandung dalam pembalut sekali pakai antara lain berupa:

  • Zat klorin yang digunakan pada proses bleaching.
  • Zat dioxin yang terdapat di dalam sythetic fiber untuk menyerap darah menstruasi serta digunakan dalam proses bleaching
  • Phthalates yang digunakan untuk menghasilkan pembalut yang halus.

7. Memiliki Banyak Corak

Sedikit berbeda dengan pembalut sekali pakai yang warnanya monoton, pembalut kain justru  memiliki banyak pilihan corak dan warna. Tidak hanya terbatas pada motif garis atau kotak-kotak tapi ada juga pembalut kain yang dibuat dari bahan bermotif bunga dan karakter kartun.

Pembalut Kain

Sumber : https://carolsreusables.com.au/

8. Modelnya Lucu-Lucu

Selain coraknya lebih beragam, pembalut kain ini juga dapat dijumpai dalam berbagai macam model mulai dari pembalut dengan sayap atau tanpa sayap. Keberagaman model pembalut ini dapat anda pilih sesuai dengan jenis pembalut yang biasa anda pakai.

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, pembalut kain sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Jika perawatannya tidak benar misalnya tidak bersih saat mencuci atau tempat menyimpannya tidak higienis, maka pembalut kain justru akan menimbulkan masalah lain seperti infeksi akibat bakteri atau jamur.

Selain itu bahan yang dipakai untuk pembalut pada prinsipnya juga bekerja layaknya bahan kaos katun yang mudah menyerap keringat jadi dapat memicu pertumbuhan bakteri pada organ kewanitaan. Untuk mensiasati hal tersebut anda tetap harus rutin mencuci, membilas dan mengeringkan kain pembalut setiap habis dipakai.

  • Untuk merawat pembalut kain siapkan air dingin untuk merendam dan menghilangkan darah pada pembalut.
  • Setelah direndam beberapa menit, cuci pembalut kain dengan air mengalir. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabun yang lembut dan bebas bahan pemutih.
  • Kucek pembalut kain dengan kedua tangan, setelah itu bilas pembalut kain dengan air mengalir lagi hingga tak ada busa yang tertinggal.
  • Jangan memeras pembalut kain terlalu kencang agar kapas di dalamnya tidak rusak atau menyusut.
  • Cukup tekan-tekan perlahan saja untuk mengeluarkan airnya kemudian jemur pembalut kain dibawah matahari sampai kering.

Tips Memilih Pembalut Kain

Masih ragu untuk beralih dari pembalut sekali pakai ke pembalut kain karena banyak yang bilang ribet dan perawatannya tidak mudah. Jika anda sudah memiliki keinginan untuk beralih ke pembalut kain maka anda bisa memulainya secara perlahan, seperti menggunakan pembalut kain di hari-hari terakhir menstruasi. 

1. Ukuran Pembalut

Usahakan untuk selalu memilih ukuran pembalut yang tepat sesuai kebutuhan. Hal ini penting agar anda bisa tetap beraktifitas dengan nyaman selama menggunakan pembalut kain.

  • Jika anda membeli pembalut yang terlalu pendek, tentu daya tampungnya lebih sedikit sehingga rentan terjadi bocor.
  • Jika anda memilih pembalut terlalu panjang, itu akan membuat permukaan kulit menjadi terlalu lembap, gatal dan muncul ruam di bagian intim.

Pembalut Kain

Sumber : https://menstrualcupreviews.net/

2. Model Pembalut

Sama halnya dengan pembalut sekali pakai yang banyak dijual di pasaran, pembalut kain umumnya juga tersedia dalam banyak pilihan produk yang beragam. Banyaknya pilihan pembalut kain yang ada menjadikan para wanita lebih leluasa untuk memilih pembalut yang paling sesuai dengan kegiatan sehari-hari.

Beberapa contoh model pembalut kain yang dapat anda pilih sebagai pelengkap kebutuhan bulanan anda antara lain berupa:

  • Pembalut Kain Tipe Berlian

Pembalut kain tipe berlian merupakan jenis pembalut yang memiliki bentuk seperti layaknya pembalut sekali pakai yang bersayap.

  • Untuk memakai pembalut kain tipe berlian buka kancing pembalut kain, lalu buka pembalut kain dengan sisi yang lembut menghadap ke atas.
  • Tempelkan sisi pembalut kain yang berfungsi sebagai cover pembalut pada celana dalam.
  • Bawa kedua sayap pembalut kain ke arah luar celana dalam, lalu pasang lagi kancingnya.
  • Pastikan kancing pembalut benar-benar terpasang agar tidak lepas atau bergeser.

Pembalut Kain

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Pembalut Kain Tipe Lipat

Pembalut kain tipe lipat merupakan jenis pembalut yang memiliki tampilan berbentuk segi empat seperti saputangan dan cukup dilipat menjadi tiga bagian saja untuk menggunakannya.

  • Pembalut Kain Tipe Holder

Pembalut kain tipe holder merupakan jenis pembalut yang diperoleh dari kombinasi dari dua tipe pembalut sebenumnya.

  • Pembalut tipe holder menggunakan insert untuk menyerap darah menstruasi yang dipasangkan pada holdernya yang bersayap.
  • Holder pada pembalut ini tidak bisa digunakan tersendiri tanpa insert karena tidak bisa menampung darah menstruasi.
  • Dengan pembalut tipe holder anda bisa menyesuaikan banyaknya insert sesuai kebutuhan dan tidak perlu repot mengganti holder pembalut.

Pembalut Kain

Sumber : https://bthechange.com/

3. Ketebalan Pembalut Kain

Pembalut kain memiliki berbagai opsi ukuran dan ketebalan yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan saat menstruasi. Terdapat pula pilihan untuk menggunakan insert yang memiliki sifat waterproof dan yang tidak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat menggabungkan keduanya. Meski terasa lebih tebal resiko bocor tentu akan semakin kecil.

4. Bahan Pembalut

Pilih bahan pembalut yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk pembalut kain sendiri bahan yang digunakan harus memiliki daya serap cairan yang  tinggi dan tidak menimbulkan iritasi di kulit.

  • Hindari tergiur dengan harga pembalut kain yang murah, tetapi bahannya kasar dan juga tipis.
  • Sebisa mungkin jangan memilih pembalut reusable yang terbuat dari sea sponge.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya pembalut kain sendiri sebenarnya dapat dibuat dari beberapa kombinasi bahan. Tapi ingat tidak semua kain cocok digunakan sebagai bahan pembalut kain.

  • Cover Pembalut

Untuk lapisan luar atau cover pembalut bahan yang digunakan bisa berupa bahan kain yang halus seperti kain katun. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain katun sangat cocok digunakan sebagai bahan pembalut diantaranya:

  • Kain katun memiliki tekstur yang halus, lembut, kuat dan tahan lama.
  • Kain katun dapat menyerap cairan dengan baik dan mudah kering.
  • Kain katun tidak luntur untuk bahan berwarna.
  • Kain katun aman digunakan dan tidak menyebabkan reaksi iritasi maupun gatal-gatal.
  • Kain katun dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang ada pada tubuh.
  • Lapisan Dalam

Untuk lapisan dalam pembalut yang langsung bersentuhan dengan kulit bahan yang biasa dipakai yaitu bahan kaos yang halus seperti cotton combed, cotton carded, cotton slub, cotton spandex, cotton tri-blend, kain kaos PE, fleece/ microfleece, suede cloth dan bamboo.

  • Cotton combed  merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat kapas. Kain ini hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).
  • Cotton carded merupakan bahan kaos yang dirajut dari benang-benang berbulu karena masih banyak mengandung serat kapas yang pendek. Kualitasnya cotton carded berada sekelas dibawah katun combed.
  • Cotton slub termasuk kedalam jenis kain katun lembut yang permukaannya memiliki tekstur tidak merata.
  • Cotton spandex merupakan jenis bahan kaos yang dibuat dari campuran serat spandek dan benang katun atau kapas dengan polyurethane sehingga memiliki sifat elastis, lebih tahan lama namun tetap dingin saat dipakai.
  • Cotton tri-blend merupakan sejenis kain yang diperoleh dari penggabungan serat polyester, katun, dan rayon dengan komposisi 50% polyester, 25% katun, dan 25% rayon.
  • Kain kaos PE merupakan bahan kaos polyester yang dibuat dari material ester.
  • Bahan fleece/microfleece termasuk kedalam jenis material sintetik yang sangat lembut, mudah menyerap cairan dan cepat kering.
  • Suede cloth memiliki karakteristik lebih adem, lebih cepat kering, tahan terhadap noda dan mudah dibersihkan.
  • Bahan bamboo permukaan kainnya sangat lembut, mampu menyerap cairan lebih cepat, mempunyai sifat anti bakteri dan lebih mudah dibersihkan apabila terkena kotoran.
  • Lapisan Anti Bocor

Untuk lapisan anti bocor bahan yang biasa dipakai yakni berupa kain waterproof PUL (poly urethane laminated).

  • Poly urethane laminated merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan bahan polister yang dilaminasi.
  • Bahan yang biasa digunakan sebagai lapisan pembalut ini umumnya dibuat dari kombinasi kapas, polyester atau kapas/campuran poly.
  • Lapisan Filling

Lapisan filling atau insert berfungsi sebagai penyerap dan penampung utama cairan menstruasi. Ketebalan bahan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Bahan yang sesuai untuk membuat lapisan penyerap diantaranya berupa:

  • Bahan microfiber yang diperoleh dari kombinasi polyester dan bahan sintetik (bahan handuk mandi).
  • Bahan terry/baby terry yang memiliki sifat dasar yang sama seperti halnya fleece tapi teksturnya lebih terlihat seperti handuk dan tidak berbulu.
  • Bahan hemp (rami) yang memiliki daya serap tinggi, awet dan bersifat anti bakteri.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pembalut?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun dan bahan kaos dari kami. Beberapa variasi bahan kaos combed yang bisa anda pakai untuk membuat pembalut yaitu kain cotton combed 20s, 24s dan 30s.

  • Cotton combed 20s merupakan bahan kaos yang memiliki gramasi antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Kain Cotton combed 24s merupakan bahan kaos yang memiliki gramasi antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Kain Cotton combed 30s merupakan bahan kaos yang memiliki gramasi antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Untuk kain cotton carded bahan yang bisa dipakai sebagai lapisan dalam pembalut yakni berupa cotton carded 20s, 24s dan 30s.

Sementara untuk kain kaos PE, bahan yang dipakai bisa berupa PE single dan PE double. Beberapa variasi bahan kaos PE yang bisa anda pakai untuk membuat pembalut yaitu:

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai manfaat pembaut kain yang penting untuk anda ketahui. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain aman untuk mencegah terjadinya iritasi dan alergi pada kulit pembalut kain sebenarnya juga bermanfaat untuk mencegah tumpukan limbah sampah.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda untuk lebih selektif dalam memilih pembalut yang tepat karena hal ini dapat memengaruhi kesehatan tubuh anda.

  • Bila anda ingin membeli pembalut kain sebaiknya jangan mengabaikan bahan-bahan dasar yang digunakan.
  • Pilih pembalut kain yang benar-benar pas dengan kebutuhan anda baik dari segi ukuran maupun ketebalannya.
  • Untuk investasi jangka panjang tidak masalah jika anda membeli pembalut yang sedikit mahal selama manfaatnya bisa anda rasakan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.