Article

Homepage Article Kain Tekstil 7 Jenis Cloth Diaper

7 Jenis Cloth Diaper

Sahabat Fitinline sudah tahu kan apa yang dinamakan cloth diaper?. Cloth diaper merupakan sejenis popok kain ramah lingkungan yang bisa dipakai secara berulang kali setelah dicuci dan dikeringkan.  Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya clodi atau cloth diaper yang didesain untuk bayi pada dasarnya tersedia dalam berbagai bentuk dan variasi. 

Sebut saja jenis cloth diaper AIO (all in one), AI2 (all in two) diaper, pocket diaper, fitted diapers, flats one layer, pre-folds diaper, serta pull up pants.

Jenis Cloth Diaper

Sumber : http://www.kimberlyreneedesign.com/

AIO (All In One) Diaper

All in one diaper merupakan salah satu jenis cloth diaper yang seluruh bagiannya (pocket, inner dan insert) sudah dijahit menjadi satu kesatuan sehingga bersifat lebih praktis dan mudah digunakan. Karena lapisan penyerapnya dijahit menyatu pada diaper maka cloth diaper jenis ini tidak perlu menggunakan lapisan penyerap tambahan. 

Jenis Cloth Diaper

Sumber : https://www.amazon.com/

AI2 (All In Two) Diaper

All in two diaper termasuk kedalam jenis diaper yang material penyerapnya tidak dijahit menyatu dengan diaper melainkan dibuat secara terpisah. Dimana bagian inner dan insert diaper yang telah dijahit menjadi satu biasa disebut soaker. Berbeda dengan all in one diaper, penggunaan bahan penyerap ini hanya disampirkan saja di atas diaper.

Jenis Cloth Diaper

Sumber : http://www.kitchenstewardship.com/

Pocket Diaper

Cara kerja dari pocket diaper sebenarnya hampir serupa dengan all in one diaper maupun all in two diaper. Hanya saja cloth diaper jenis pocket ini pada bagian dalamnya dilengkapi dengan sebuah kantung untuk memasukkan insert pada saat popok digunakan dan bisa dikeluarkan pada saat pencucian. 

Jenis Cloth Diaper

Sumber : http://www.nickisdiapers.com/

Fitted Diapers

Dari segi desain dan bentuknya fitted diapers sebenarnya memiliki tampilan yang agak serupa dengan disposable diapers (popok sekali pakai). Karena cloth diaper ini tidak memiliki lapisan waterproof atau lapisan anti air, maka untuk mencegah rembesan cairan penggunaannya bisa digabung dengan diaper cover.

Jenis Cloth Diaper

Sumber : http://www.ecobabysteps.com/

Flats One Layer

Flat one layer merupakan jenis popok kain biasa yang lazim digunakan di Indonesia, khususnya untuk newborn baby atau bayi yang baru lahir.

Jenis Cloth Diaper

Sumber : http://pedulisehat.info/

Pre-folds Diaper

Berbeda dengan jenis diaper sebelumnya, pre-fold diaper ini pada dasarnya terdiri dari kain berbentuk persegi yang dilipat-lipat menyerupai popok. Ketebalan lapisan sangat bergantung pada banyaknya lipatan atau lebar kain yang digunakan. Dalam beberapa kasus, fre-folds diaper juga bisa difungsikan sebagai lapisan penyerap tambahan atau bahan pengisi pocket diaper. 

Jenis Cloth Diaper

Sumber : http://community.babycenter.com/

Pull Up Pants

Pull up pants termasuk kedalam jenis cloth diaper yang didesain khusus untuk anak yang sudah aktif. Setelah diseting pada bagian pinggangnya, pull up pants diaper ini akan memiliki bentuk yang sangat mirip atau menyerupai celana kolor.

Jenis Cloth Diaper

Sumber : http://www.mummysreviews.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.