Article

Homepage Article Kain 7 Model Busana Muslim Yang…

7 Model Busana Muslim Yang Dapat Dibuat Dari Kain Monalisa

Mencari referensi model busana muslim yang bagus dibuat dari bahan monalisa?. Selain dimanfaatkan sebagai bahan gamis wanita, kain monalisa yang memiliki karakteristik halus, lembut dan tidak mudah kusut sebenarnya juga bisa kreasikan menjadi tunik dan beberapa macam item pelengkap fashion muslim lainnya lho.

Pengertian Kain Monalisa

Kain monalisa merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat sintetis (PE) berkualitas tinggi. Sekalipun terbuat dari 100% bahan PE namun kain ini pada prinsipnya tetap memiliki kualitas yang sangat bagus karena serat benangnya sangat rapat, permukaannya terasa lembut dan tidak menerawang.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain monalisa sangat cocok dijadikan sebagai bahan busana muslim diantaranya:

1. Bahannya Halus dan Lembut

Kain monalisa terkenal sangat halus dan lembut. Dengan karakteristik bahannya yang halus dan lembut busana yang dibuat dari kain monalisa secara umum akan terlihat lebih elegan dan cocok digunakan dalam berbagai macam kesempatan.

2. Bahannya Ringan

Kain monalisa termasuk ke dalam jenis bahan kain yang ringan jadi ketika digunakan untuk membuat busana muslim dengan model layering tidak akan terasa berat. Sifatnya yang ringan dan jatuh tentu akan menambahkan kenyamanan pada pemakainya.

3. Banyak Pilihan Warna

Kain monalisa tersedia dalam banyak pilihan warna yang cerah. Banyaknya pilihan warna yang ditawarkan akan membuat wanita semakin tertarik untuk mengenakannya sebagai bahan pakaian.

4. Motifnya Cukup Bervariasi

Khusus untuk yang bermotif, kain monalisa juga memiliki motif yang sangat cantik seperti motif bunga, motif geometris, motif abstrak dan motif lain yang tidak kalah menarik.

5. Tidak Mudah Luntur

Kain monalisa tidak mudah luntur oleh pencucian, jadi produk pakaian yang dibuat dari kain ini pun akan selalu terlihat baru meski dipakai berulang kali.

6. Tidak Menerawang

Serat benang yang menyusun setiap lembar kain monalisa terjalin dengan sangat rapat sehingga permukaannya menjadi sedikit licin dan bersifat tidak menerawang.

  • Meski licin kain monalisa termasuk mudah untuk di jahit.
  • Kain monalisa juga tidak lagi membutuhkan tambahan furing karena bahannya tidak menerawang.

7. Tidak Mudah Kusut

Kain monalisa terkenal tidak mudah kusut, jadi tanpa harus diseterika sekalipun permukaan kainnya akan senantiasa tampak rapi. Selain itu kain monalisa juga dapat di desain untuk berbagai macam model pakaian, baik digunakan untuk acara santai atau untuk acara formal.

8. Tidak Mudah Melar

Sifat tidak mudah melar juga menjadi kelebihan lain dari kain monalisa. Dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah melar maka busana berbahan monalisa bisa dikenakan jauh lebih awet dan tahan lama.

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya kain monalisa sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Baberapa kekurangan dari kain moonalisa yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Tidak Tahan Panas

Kain monalisa memiliki ketahanan terhadap panas yang sangat rendah karena bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya merupakan serat sintetis.

2. Mudah Mengkerut Saat Disetrika

Kain monalisa sangat mudah mengkerut saat disetrika karena kemampuannya untuk menahan panas cenderung rendah dan menjadi rentan terbakar saat disetrika.

Busana Berbahan Monalisa

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, kain monalisa sendiri pada prinsipnya dapat digunakan untuk membuat berbagai macam model busana muslim wanita. Tidak hanya terbatas pada gamis saja tapi bahan kain yang satu ini juga bagus dipakai untuk tunik, hanbok muslim, rok, jilbab, outer dan juga mukena. 

1. Gamis Monalisa

Gamis menjadi salah satu produk busana muslim wanita yang banyak dibuat dari kain monalisa. Selain menarik dari segi tampilan, gamis wanita yang diciptakan dari kain monalisa umumnya juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri.

  • Gamis monalisa kebanyakan memiliki tampilan yang sangat elegan.
  • Gamis monalisa cukup nyaman digunakan sebagai bahan sehari-hari meski bahan dasar yang dipakai untuk membuatnya berasal dari serat sintetis.
  • Gamis monalisa mudah dicuci dan proses pengeringannya juga cepat.
  • Gamis monalisa memiliki masa yang ringan jadi tampilannya terkesan lebih jatuh namun tidak mencetak bentuk tubuh.

Beberapa contoh model gamis wanita yang dapat dibuat dari kain monalisa antara lain berupa  gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian, gamis wanita lengan lonceng, gamis busui dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan, gamis layering dan juga gamis cape.

Tertarik untuk membuat baju gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis ada bisa mendownload pola gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya.

Kain Monalisa

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Tunik Monalisa

Kain monalisa pada prinsipnya juga sangat cocok digunakan untuk membuat tunik. Tunik sendiri dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis.

  • Tunik monalisa memiliki serat benang yang lebih rapat, lembut dan tampilannya terkesan jatuh , lebih anggun, elegan dan menawan.
  • Tunik monalisa dapat dijumpai dalam berbagai macam warna dan motif yang menarik.
  • Tunik monalisa terkenal tidak mudah kusut jadi cara perawatannya juga sangatlah mudah.
  • Tunik monalisa sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai item fashion lain seperti rok plisket dan juga celana panjang.

Kain Monalisa

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Hanbok Muslim

Hanbok muslim menjadi item fashion berikutnya yang juga banyak dibuat dari kain monalisa. Hanbok sendiri secara harfiah dapat diartikan sebagai pakaian orang Korea Selatan. Kata “han” berarti sebutan bagi warga Korea dan “bok” berarti pakaian.

Hanbok secara keseluruhan merupakan paduan dari tiga jenis pakaian, yakni berupa jeogori, chima dan sokchima.

  • Jeogori merupakan busana penutup tubuh bagian atas yang memiliki fungsi penting untuk menutup bagian lengan, bahu dan dada atas.
    • Garis kerah jeogori membentuk V yang dinamakan dongjeong dan diikatkan dengan pita pengikat yang dinamakan goreum.
    • Pita pengikat pada jeogori memiliki dua ujung yang salah satunya lebih panjangdan biasa ditambahkan norigae, semacam aksesori tradisional khas Korea.
    • Lengan baju jeogori dibuat bergaris lurus di atas dan melengkung di lengan baju agar leluasa dikenakan.
    • Warna jeogori umumnya dibuat seragam, tetapi khusus untuk bagian pita pengikat dan ujung lengan bajunya bisa berwarna lain.
  • Chima merupakan rok model A-line yang berguna untuk menutup tubuh bagian bawah.
  • Sokchima merupakan dalaman yang berwarna putih. Sokchima ini biasanya digunakan sebelum memakai chima agar terlihat mengembang.

Sebagai pelengkap gaya penampilan para muslimah, hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Jeogori yang dipakai pada hanbok muslim inipun umumnya juga memiliki desain yang tidak jauh beda dengan pakaian tradisional Korea.

Selain dikenakan dengan chima sejenis rok yang memang dibuat sebagai padanan jeogori, busana muslim dengan model hanbok ini bagian dalamnya bisa juga dikreasikan ke dalam bentuk maxi dress yang didesain tanpa lengan.

Kain Monalisa

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Rok Wanita

Rok wanita sekarang juga mulai banyak yang dibuat dari kain monalisa. Untuk urusan desain atau modelnya rok wanita yang dibuat dari kain monalisa sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi potongan. Beberapa model rok wanita yang dimaksud antara lain berupa:

  • Rok Pias

Rok pias merupakan rok yang terbagi menjadi beberapa bagian dengan bagian bawah melebar. Bergantung pada jumlah piasnya, jenis rok yang satu ini dapat dibedakan lagi menjadi rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.

  • Rok Kerut

Rok kerut merupakan rok yang dibuat dengan model kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawahnya secara otomatis akan melebar.

  • Rok Kembang

Rok kembang atau rok klok merupakan rok yang memiliki bentuk melebar dibagian bawahnya. Rok kembang ini pada dasarnya dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis, dua diantaranya yakni berupa rok lingkaran dan rok ½ lingkaran.

  • Rok Lipit

Rok lipit merupakan rok yang menggunakan lipit-lipit baik secara permanen atau tidak. Selain difungsikan sebagai hiasan lipatan pada pada rok tersebut juga bisa menambah kelonggaran rok wanita.

  • Rok A-Line

Rok A-line merupakan rok yang bentuknya menyerupai huruf A. Model rok wanita yang satu ini bisa dengan mudah dikenali dari bentuknya yang lebar dan rata di bagian bawah.

Kain Monalisa

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Mau tampil setingkat lebih modis dan stylish dalam balutan rok tapi masih suka kesulitan untuk menemukan ukuran rok yang sesuai dengan badan anda?. Untuk anda yang mau mencoba membuat rok sendiri anda bisa menyimak video Cara Membuat Pola Rok.

5. Jilbab

Jilbab menjadi produk terpopuler yang banyak dibuat dari kain monalisa. Untuk urusan desain atau modelnya jilbab yang diciptakan dari kain monalisa sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam beberapa macam varian, mulai dari jilbab segi empat hingga khimar.

  • Jilbab Segi Empat

Jilbab segi empat merupakan jenis jilbab yang berbentuk segi empat dan berukuran sama pada keempat sisinya. Jilbab ini biasanya dapat dijumpai dalam beberapa ukuran, mulai dari 110 x 110 cm, 115 x 115 cm, 130 x 130 cm hingga 150 x 150 cm.

Kain Monalisa

Sumber : https://www.elzahrana.com/

  • Khimar

Khimar menjadi model jilbab berikutnya yang juga banyak dibuat dari kain monalisa. Model jilbab yang memiliki desain lumayan panjang dan besar ini biasanya dibuat satu set dengan gamis syar'i.

Kain Monalisa

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Outer

Outer merupakan sebuah pakaian yang dirancang untuk dikenakan di luar pakaian lainnya. Untuk urusan desain atau modelnya outer yang dibuat dari kain monalisa sendiri dapat dijumpai dalam berbagai variasi model yang cukup beragam, salah satunya yakni berupa long cardigan yang terkesan classy.

  • Long cardigan berbahan monalisa bisa bisa diandalkan untuk meningkatkan kualitas penampilan supaya jadi lebih stylish.
  • Long cardigan berbahan monalisa juga sangat mudah dipadupadankan dengan model baju basic seperti halnya blus dan juga skirt.

Kain Monalisa

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Mukena

Kain monalisa sangat cocok dijadikan sebagai bahan mukena karena memiliki karakteristik  halus, lembut dan adem. Mukena yang dihasilkan secara otomatis akan terasa sangat nyaman ketika digunakan pada saat sholat.

  • Mukena yang dibuat dari kain monalisa  terkenal sangat halus, lembut dan ringan.
  • Mukena monalisa memiliki banyak pilihan warna dan motif yang sangat bervariasi dan dapat dipilih sesuai kebutuhan anda.
  • Mukena monalisa sangat nyaman digunakan untuk beribadah tanpa membuat anda merasa gerah saat mengenakannya.
  • Ketika mengenakan mukena yang nyaman maka anda bisa lebih khusyuk saat menjalankan  ibadah sholat.

Selain unggul dari segi kualitas bahannya mukena wanita yang dibuat dari kain monalisa pada prinsipnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang cukup beragam, sebut saja mukena model one piece (terusan), model abaya dan model two piece.

  • Mukena one piece merupakan mukena wanita yang memiliki bentuk sangat sederhana karena bisa dikenakan langsung untuk menutup seluruh bagian badan.
  • Mukena abaya merupakan jenis mukena wanita yang hampir mirip dengan mukena one piece karena bagian atas dan bagian bawahnya dibuat menyatu.
  • Mukena two piece merupakan jenis mukena wanita yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.

Kain Monalisa

Sumber : https://shopee.co.id/

Cara Merawat Busana Monalisa

Berencana untuk membeli busana muslim berbahan monalisa tapi masih bimbang memikirkan bagaimana cara perwatannya. Supaya busana muslim yang anda miliki nantinya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat pakaian tersebut dengan cara yang baik dan benar ya.

  • Untuk merawat busana dari bahan monalisa pertama-tama ambil dan rendam busana tersebut sebentar dalam ember yang sudah diberi air dan deterjen.
  • Kucek busana berbahan monalisa secara perlahan hingga nodanya hilang kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Selesai melakukan pencucian  peras pakaian berbahan monalisa dengan kekuatan sedang agar serat kainnya tidak cepat rusak dan tidak terlalu kusut.
  • Untuk mengeringkannya, gantung pakaian di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung.
    • Mengeringkan pakaian berbahan monalisa dengan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna alami kain menjadi tampak pudar.
    • Sebaiknya jemur pakaian diruang terbuka adat di dalam rumah menggunakan bantuan kipas angin.
  • Setelah pakaian kering anda dapat menyetrika busana berbahan monalisa atau langsung menyimpannya dalam almari pakaian.
    • Untuk meyetrika busana berbahan monalisa sebaiknya selalu gunakan temperatur setrika yang paling rendah.
    • Sebagai alternatif lain anda bisa melapisi permukaan bahan monalisa dengan kain yang lebih tipis untuk mencegah kontak langsung antara setrika dengan permukaan pakaian.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam model busana muslim yang dapat dibuat dari kain katun. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa dengan karakteristik bahannya yang halus, lembut dan tidak mudah kusut, kain monalisa memang sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai model busana wanita.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.