Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fungsi Penting Dari Jaket…

7 Fungsi Penting Dari Jaket Komunitas Yang Perlu Kamu Ketahui

Dikenal sebagai salah satu jenis pakaian yang umum dipakai untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dan berangin, jaket komunitas pada prinsipnya juga memiliki banyak fungsi lain yang penting untuk kamu ketahui lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Komunitas

Jaket komunitas yang biasa dikenal pula dengan nama lain community jacket merupakan sejenis baju seragam atau pakaian yang didesain khusus untuk dikenakan oleh anggota suatu komunitas dan seringkali dirancang dengan logo maupun simbol yang merepresentasikan identitas dan kesatuan anggota komunitas tersebut.

Jaket Komunitas

Sumber : https://www.made-in-china.com/

Tidak hanya cocok digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin dan melindungi kulit agar tidak terbakar sinar matahari saat cuaca panas, jaket komunitas pada prinsipnya juga memiliki banyak fungsi lain yang tidak kalah penting bergantung pada karakteristik dan tujuan spesifik dari masing-masing komunitas.

Jaket Komunitas

Sumber : https://promote-it.com.au/

Fungsi Penting Jaket Komunitas

Buat kamu yang penasaran berikut kami bagikan beberapa fungsi umum dari jaket komunitas yang juga menjadi alasan mengapa keberadaannya menjadi suatu hal yang sangat penting.

1. Penanda Eksistensi Komunitas 

Jaket komunitas dapat difungsikan sebagai alat untuk mempromosikan suatu komunitas serta meningkatkan kesadaran publik tentang eksistensi dan tujuan komunitas tertentu.

  • Jaket komunitas dapat digunakan sebagai alat untuk mengenalkan komunitas dan membangun citra positif suatu komunitas.
  • Desain jaket komunitas dan detail pada jaket komunitas biasa dibuat untuk mencerminkan identitas atau tema khusus komunitas.
  • Setiap warna dan logo jaket komunitas umumnya juga memiliki keterikatan dan makna sendiri-sendiri.

Jaket Komunitas

Sumber : https://promote-it.com.au/

2. Identifikasi Anggota Komunitas

Jaket komunitas berguna untuk menunjukkan afiliasi dan identifikasi seseorang dengan komunitas atau organisasi tertentu.

  • Jaket komunitas dapat digunakan sebagai alat pengenalan anggota di berbagai acara atau pertemuan.
  • Jaket komunitas memiliki peran yang sangat penting untuk membantu mengidentifikasi anggota komunitas.
  • Jaket komunitas dapat difungsikan sebagai pembeda antara anggota dan non-anggota.
  • Penggunaan simbol, logo atau warna khusus pada jaket dapat menjadi ciri khas yang membedakan mereka dari orang lain.

3. Memperkuat Rasa Solidaritas

Jaket komunitas bisa dipakai untuk membantu memperkuat rasa solidaritas antar anggota suatu komunitas serta meningkatkan rasa persatuan dan kekompakan anggota anggota komunitas.

  • Jaket komunitas memiliki fungsi yang penting untuk menciptakan rasa keanggotaan dan memperkuat ikatan antara anggota.
  • Jaket komunitas juga dapat dijadikan sebagai simbol persatuan dan memperkuat hubungan antar individu dalam suatu komunitas.

Jaket Komunitas

Sumber : https://americanband.com/

Dengan kata lain penggunaan jaket komunitas dapat memperkuat identitas anggota dengan suatu komunitas serta memberikan rasa keanggotaan yang kuat dan membuat anggota merasa terhubung satu sama lain.

4. Menciptakan Tampilan Yang Seragam

Jaket komunitas berfungsi untuk menciptakan tampilan yang seragam bagi para anggota selama melakukan acara atau kegiatan khusus, seperti pertemuan, konferensi bahkan kegiatan amal seperti bakti sosial.

Jaket Komunitas

Sumber : https://www.superiorcheer.com/

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan jaket komunitas sebagai seragam yaitu:

  • Pastikan jaket komunitas memiliki logo atau simbol yang dengan jelas untuk mengidentifikasi anggota kelompok atau komunitas tersebut.
  • Pastikan bahwa semua anggota memakai jaket dengan desain yang seragam.
  • Pilih jaket yang nyaman dikenakan dalam berbagai kegiatan.
  • Sesuaikan jaket komunitas dengan kondisi cuaca atau tempat yang digunakan untuk beraktivitas.

Jaket Komunitas

Sumber : https://camelsota.com/

5. Penghargaan atau Hadiah

Jaket komunitas dapat diberikan sebagai penghargaan atau hadiah kepada anggota yang telah berkontribusi secara istimewa atau mencapai prestasi tertentu dalam suatu komunitas.

6. Jadi Pakaian Yang Fungsional

Selain aspek simbolis, jaket komunitas juga biasa dirancang untuk kepraktisan sehingga bahannya mungkin ada yang dibuat tahan air, tahan angin atau memiliki fitur khusus lainnya yang sesuai dengan kebutuhan anggota dalam aktivitas komunitas mereka.

7. Sebagai Kenang-Kenangan

Ketika seseorang masih menjadi anggota tetapi sudah dibebaskan dari semua bentuk kegiatan, jaket komunitas bisa dijadikan sebagai bentuk kenang-kenangan. 

Untuk pilihan modelnya jaket komunitas sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dalam berbagai model yang berbeda-beda tergantung pada bidang apa komunitas itu bergerak. Tapi yang paling umum digunakan sebagai identitas komunitas yakni berupa:

  • Jaket bomber yang memiliki ciri khas bulky alias mengembang dengan ciri khas berupa saku di bagian dada kiri.
  • Jaket varsity yang warna lengannya dibuat berbeda dari warna badan dan dilengkapi pula dengan kerah bundar seperti yang terdapat pada jaket bomber.  
  • Jaket track top yang sering digunakan para atlit untuk berlatih olahraga namun juga bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari.
  • Jaket hoodie yang memiliki penutup  dan tali unuk menyesuaikan penutup kepala, serta dua buah saku di bagian kanan dan kiri perut.
  • Jaket harrington yang diperoleh dari perpaduan antara jaket semi formal dan jaket casual dengan pelapis yang memiliki pola tartan (kotak-kotak).
  • Jaket coach yang biasa memiliki kerah layaknya kemeja di bagian leher dan biasa dilengkapi pula dengan lambang identitas di dada kiri.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fungsi sekaligus alasan mengapa keberadaan jaket komunitas menjadi suatu hal yang penting. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu akan pentingnya penggunaan jaket komunitas dalam berbagai acara atau pertemuan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket komunitas?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket Yang Bagus di katalog kain kami.

Download juga pola jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket komunitas dengan pola Pola Jaket Bomber dan Pola Jaket Varsity yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.