Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Styling Baju Jumpsuit…

8 Cara Styling Baju Jumpsuit Yang Tepat Untuk ke Kantor

Berani tampil beda dengan mengenakan jumpsuit saat ke kantor?. Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya salah kostum cari tahu yuk bagaimana cara memilih jumpsuit yang tepat untuk keperluan kantor lengkap dengan cara mudah untuk stylingnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jumpsuit

Jumpsuit merupakan sejenis busana one piece yang diperoleh dari penggabungan blus dan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Beberapa ada yang dibuat dengan atau tanpa adanya tambahan lengan dan bisa pakai tanpa dalaman atau tambahan baju lain.

Kalau di awal kemunculannya, jumpsuit biasa dikenakan oleh para penerjun payung karena dirasa lebih praktis dan mudah dipakai kini jumpsuit justru dianggap sebagai sesuatu yang keren dan nyaman dikenakan untuk berbagai suasana, termasuk suasana formal.

Baju Jumpsuit

Sumber : https://todayslookfashion.com/

Cara Styling Jumpsuit

Tertarik untuk menjadikan jumpsuit sebagai outfit andalan kamu saat ke kantor?. Berikut beberapa tips tentang bagaimana cara memilih dan mengombinasikan jumpsuit yang tepat untuk memberi kesan profesional pada penampilan kamu.

1. Pilih Warna Yang Netral

Pilih jumpsuit dengan warna netral seperti hitam, navy, abu-abu, putih atau warna-warna netral lainnya. Warna tersebut sangat cocok dijadikan sebagai pilihan utama untuk acara formal karena memberikan kesan yang elegan, rapi dan serbaguna.

  • Jumpsuit dengan warna hitam dapat menciptakan tampilan yang anggun, formal, dan mudah dipadu-padankan dengan aksesori atau sepatu warna apa pun.
  • Jumpsuit dengan warna putih yang identik dengan simbol kesucian dan kesederhanaan bisa memberikan tampilan yang sangat elegan dan formal.
  • Jumpsuit dengan warna abu-abu bisa memberikan nuansa profesional dan sopan.
  • Jumpsuit dengan warna biru tua atau navy bisa memberikan tampilan yang formal, tetapi sedikit lebih hangat dari pada hitam pada penampilan kamu.
  • Jumpsuit dengan warna beige atau cokelat tua bisa memberikan kesan hangat dan elegan.

Baju Jumpsuit

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

Selain itu menggunakan jumpsuit berwarna netral saat ke kantor menjadi salah satu solusi berbusana yang praktis karena kamu tidak perlu menggabungkan berbagai bagian pakaian seperti atasan dan bawahan terpisah.

2. Perhatikan Potongan Jumpsuit

Pilih jumpsuit yang potongannya dan modelnya sesuai dengan dress code kantor atau aturan berbusana yang berlaku di kantor kamu. Dalam hal ini jumpsuit yang didesain dengan potongan lurus atau sedikit lebar pada kaki biasanya lebih cocok.

  • Pastikan jumpsuit yang kamu pilih memiliki potongan yang sesuai sehingga tetap terlihat sopan.
  • Pastikan jumpsuit yang kamu pilih tidak memiliki potongan yang terlalu rendah di dada atau terlalu tinggi di paha.

Baju Jumpsuit

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

Sementara untuk pilihan modelnya berikut beberapa contoh jumpsuit yang bisa kamu kenakan sebagai outfit ke kantor.

  • Pertama ada shirt jumpsuit yang memiliki bentuk layaknya kemeja biasa sementara bagian bawahnya tetap menggunakan kombinasi celana.  
  • Kedua ada sleveless jumpsuit yang dibuat tanpa lengan tapi tetap memiliki kerah dan bagian bawahnya dibuat panjang.  
  • Ketiga ada off shoulder jumpsuit yang diperoleh dari perpaduan antara blouse yang terbuka di bagian bahunya dengan celana. Jumpsuit ini sangat ideal digunakan untuk kamu penyukka tema-tema vintage atau bohemian.
  • Keempat ada model jumpsuit dengan aksen pita untuk memberi kesan girly pada penampilan kamu.

3. Pastikan Ukurannya Sesuai

Pastikan jumpsuit yang kamu pilih memiliki ukuran yang pas dan sesuai dengan bentuk tubuh. Jadi sebisa mungkin jangan memilih jumpsuit yang terlalu ketat atau terlalu longgar karena bisa membuat penampilan kamu terkesan kurang profesional.

  • Sesuaikan panjang kaki jumpsuit pas dengan tinggi badan kamu agar tidak menghalangi langkah.
  • Pastikan pula ukuran jumpsuit yang hendak kamu pakai juga tidak ketat dan membuat kamu kesulitan bernafas.

Baju Jumpsuit

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

4. Pilih Bahan Berkualitas

Pilih jumpsuit yang terbuat dari bahan berkualitas yang tampak rapi dan tahan kerutan. Bahan-bahan seperti kain katun, kain linen, kain oxford dan kain chambray berkualitas tinggi bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Kain Katun

Kain katun merupakan sejenis kain yang halus, lembut, mudah menyerap keringat dan tidak terasa panas di badan kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas sehingga lebih nyaman digunakan untuk beraktifitas.

  • Kain Linen

Kain linen merupakan sejenis kain yang dibuat dari serat tumbuhan rami (Linum Usitatissimum). Kain ini secara umum memiliki sifat yang sangat kuat, tahan lama dan cocok digunakan untuk cuaca panas.

  • Kain Oxford

Kain oxford merupakan sejenis kain bertekstur rata yang dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar.

  • Kain Chambray

Kain chambray merupakan sejenis kain yang sekilas mirip dengan denim tapi cenderung lebih halus dan lembut sehingga ketika dipakai dalam waktu lama akan tetap nyaman.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jumpsuit?. Intip koleksi bahan Kain Katun, Kain Linen, Kain Oxford dan Kain Chambray yang kami miliki yuk.

5. Tambahkan Aksesoris Secukupnya

Untuk memberi kesan profesional pada penampilan kamu, tambahkan aksesori seperti ikat pinggang yang elegan, kalung sederhana atau gelang yang dapat memberikan sentuhan personal.

6. Kenakan Outerwear

Untuk melindungi tubuh biar tetap hangat saat bekerja di lingkungan kantor yang dingin serta memberikan sentuhan profesional tambahkan blazer di bagian terluar dari jumpsuit yang kamu pakai.

Beberapa contoh blazer yang cocok dipadupadankan dengan baju jumpsuit antara lain berupa:

  • Blazer boxy yang dilengkapi garis tegas pada bagian bahu cocok digunakan untuk wanita yang memiliki bentuk tubuh lurus dan nyaris tanpa lekukan.
  • Blazer model crop yang dapat dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh mungil.
  • Blazer dengan panjang sampai menutupi setengah paha sangat pas jika dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir alias memiliki pinggul besar.
  • Oversized blazer yang memiliki ciri sangat khas yakni cuttingannya terlihat agak kebesaran alias longgar.
  • Micro blazer yang memiliki siluet cenderung ramping (bentuknya pas badan) dan menyesuaikan bentuk tubuh.

7. Pilih Sepatu Yang Tepat

Pilih sepatu yang cocok dengan potongan jumpsuit. Dalam hal ini kamu bisa memilih antara sepatu hak tinggi yang nyaman, sepatu hak rendah atau bahkan sepatu loafers yang rapi.

8. Jaga Kebersihan Jumpsuit

Pastikan jumpsuit yang kamu pakai selalu dalam kondisi bersih dan terawat agar tampilannya tetap rapi.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah trik yang bisa kamu coba dalam memilih dan memadupadankan jumpsuit yang tepat untuk pelengkap gaya penampilan saat ke kantor. Yang jelas, selain tampilannya tampak unik jumpsuit juga dapat menjadi statement fashion yang mencuri perhatian.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.