Article

Homepage Article Fashion Design 7 Jenis Clutch Wanita Berdasarkan…

7 Jenis Clutch Wanita Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Clutch bag dikenal sebagai salah satu jenis tas tangan yang mampu memberikan kesan cantik, anggun, serta elegan pada penampilan seorang wanita. Buat anda yang ingin membeli clutch kenali dulu yuk beraneka jenis clutch wanita berdasarkan bahannya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Clutch

Clutch bag dapat didefinisikan sebagai sejenis tas tangan yang berbentuk kotak dan biasanya dilengkapi dengan penutup di bagian bukaan atasnya. Selain dibuat dalam model polos ada juga clutch yang dilengkapi dengan tali sebagai pegangannya. Tali tersebut dinamakan wrislet.

  • Clutch bag umumnya banyak digunakan untuk kegiatan atau acara formal seperti resepsi pernikahan dan acara pesta lainnya.
  • Clutch bag memiliki fungsi yang berbeda dengan tas pada umumnya yakni hanya digunakan sebagai aksesoris fashion.
  • Clutch bag bisa dipakai untuk  memberikan kesan cantik, anggun, serta elegan pada penampilan seorang wanita.

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish clutch bag sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis material yang unik dan menarik. Beda bahan yang digunakan beda juga kesan yang ditampilkan dari masing-masing clutch.

Jenis-Jenis Clutch

Berencana untuk membeli clutch bag tapi masih bingung harus memilih model clutch seperti apa yang sesuai dengan penampilana anda?. Untuk memudahkan anda dalam memilih clutch berikut kami rekomendasikan beberapa jenis clutch wanita berdasarkan bahan pembuatnya.

1. Leather Clutch

Leather clutch merupakan jenis clutch yang terbuat dari material kulit. Dilihat dari segi tampilannya, leather clutch ini dapat digolongkan ke dalam bahan yang mewah dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan casual maupun formal.

Clutch Bag

Sumber : https://katieloxton.com/

Sebagai bahan dasar pembuatan clutch yang berkualitas jenis kulit yang dijadikan sebagai bahan utama clutch secara umum dapat dibedakan ke dalam dua kategori.

  • Kulit Asli

Kulit asli merupakan produk tekstil yang biasanya terbuat dari bahan kulit domba, kambing atau sapi. Bahan ini umumnya memiliki tekstur yang cukup ekslusif dan berharga tinggi.

  • Kulit Sintetis

Kulit sintetis merupakan produk tekstil yang dibuat menggunakan bantuan mesin, mulai dari pembuatan lapisan dasar hingga pembentukan lapisan luar yang menyerupai kulit asli.

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat leather clutch?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kulit Sintetis dari kami.

Buat anda yang suka bereksperimen, anda bisa juga Membuat Envelope Clutch Dari Bahan Faux Leather sendiri.

2. Satin Clutch

Satin clutch merupakan sejenis tas yang biasa dibuat dari bahan satin yang sangat lembut dan berkilau. Dengan tampilannya yang sangat mewah dan berkelas clutch bag berbahan kain satin ini sangat cocok digunakan pada momen pesta di sore atau malam hari.

Clutch Bag

Sumber : http://www.size4footwear.com/

Khusus untuk pembuatan satin clutch sendiri bahan satin yang digunakan bisa bermacam-macam. Salah satunya yakni berupa kain satin bridal yang memiliki sebutan lain satin duchesse. Selain unggul dari segi kualitas bahannya, kain ini juga terkesan lebih anggun dan elegan saat digunakan.

Butuh bahan kain satin berkualitas dengan harga murah untuk membuat satin clutch?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Satin Bridal (NGR) dari kami.

3. Silk Clutch

Silk clutch merupakan clutch bag yang terbuat dari bahan sutra murni yang lembut dan kuat. Beberapa ciri paling khas dari kain sutra asli yang menjadikannya tampak begitu istimewa diantaranya:

  • Benang penyusun yang terdapat pada kain sutra sangat kuat dan tidak mudah putus.
  • Kain sutra memiliki kandungan asam amino yang menjadikan tekstur bahannya terasa sangat lembut.
  • Kain sutra memiliki ciri khas yang berkilau seperti mutiara. Hal ini disebabkan karena lapisan-lapisan fibroin (sejenis protein yang dihasilkan ulat sutra).

Untuk merawat silk clutch anda bisa membersihkannya dengan lap basah. Supaya lebih awet silk clutch ini tidak disarankan untuk dicuci.

Clutch Bag

Sumber : https://www.wilburandgussie.com/

4. Beaded Clutch

Beaded clutch merupakan jenis clutch wanita yang biasa dibuat dari beads alias manik-manik yang polos ataupun manik-manik yang memiliki efek glittering. Dengan banyaknya pilihan yang ada, anda dapat menyesuaikan clutch dengan berbagai item fashion saat bepergian ke manapun.

  • Untuk acara yang bernuansa casual anda bisa memilih beaded berwarna bold  yang berdesain simple.
  • Untuk acara yang lebih formal seperti pesta anda bisa memilih beaded clutch yang memiliki efek glittering.

Clutch Bag

Sumber : https://www.iamhappee.com/

5. Brokat Clutch

Brokat clutch merupakan jenis clutch wanita yang biasa dibuat dari bahan brokat, salah satunya brokat prada yang tebal dan memiliki karakteristik mewah.

  • Kain brokat prada termasuk ke dalam jenis kain yang paling mahal di antara jenis kain brokat lainnya.
  • Teksturnya yang timbul dan tegas akan memberikan kesan mewah
  • Untuk warnanya dalam satu jenis kain brokat prada bisa mengandung satu sampai tiga warna.

Clutch Bag

Sumber : https://www.blibli.com/

6. Crochet Clutch

Crochrt clutch merupakan jenis clutch yang dibuat dari benang rajut. Sama halnya dengan benang rajut yang dipakai untuk membuat tas, benang rajut untuk crochet secara umum juga dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

  • Benang Rajut Katun

Benang rajut katun merupakan sejenis benang yang dibuat dari bahan dasar serat cotton.

  • Benang Rajut Nylon

Benang rajut nylon merupakan sejenis benang yang memiliki tekstur keras serta mengkilap.

  • Benang Rajut Polyester

Benang rajut polyester merupakan sejenis benang yang terbuat dari 100 % serat polyester.

Clutch Bag

Sumber : https://www.brooklyncraftcompany.com/

7. Fur Clutch

Fur clutch merupakan jenis clutch wanita yang biasa dibuat dari bahan berbulu, seperti halnya kain velboa, kain rasfur hingga kain snail.

  • Kain velboa merupakan sejenis bahan kain berbulu pendek yang memiliki tekstur dan permukaan yang sangat halus.
  • Kain rasfur umumnya memiliki bulu yang cukup panjang dan bertekstur halus seperti handuk. Semakin panjang ukuran bulu semakin mahal pula harga kainnya.
  • Kain snail merupakan sejenis bahan kain yang relatif lebih halus, lembut dan nyaman ketika dipegang. Kain ini juga memiliki motif yang sangat khas menyerupai mawar.

Dengan tampilannya yang terkesan unik dan lucu, clutch bag yang dibuat dari bahan bulu-bulu tersebut sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap gaya penampilan saat hangout maupun acara casual lainnya.

Clutch Bag

Sumber : http://www.luxe-wholesale.com/

Kesimpulan

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai jenis-jenis clutch wanita berdasarkan bahan pembuatnya. Dalam memilih clutch bag, sebaiknya pilihlah tas dengan warna netral supaya lebih mudah dipadupadankan dengan item fashion lain. Tapi kalau anda lebih suka tampil ramai, menggunakan clutch yang berwarna cerah juga tidak jadi masalah.

Supaya cluth yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan cara yang baik dan benar. Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 4 Tips Merawat Clutch Agar Tidak Mudah Rusak.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.