Article

Homepage Article Fashion Design 8 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan…

8 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Memakai Setelan Jas

Dikenal sebagai salah satu jenis fashion item yang bisa memberi kesan rapi dan profesional pada penampilan, dalam memakai jas ternyata ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan lho. Jadi ga bisa asal juga.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Setelan Jas

Setelan jas merupakan sejenis pakaian resmi model Eropa yang memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Beberapa ciri paling khas yang membedakan jas dengan pakaian sehari-hari atau pakaian casual diantaranya:

  • Setelan jas umumnya terdiri dari jas yang dipadupan bersama dengan celana yang berwarna dan berbahan sama.
  • Setelan jas memiliki potongan formal dengan desain yang dirancang untuk memberikan tampilan yang rapi dan elegan.
  • Setelan jas biasa dilengkapi pula dengan aksesori seperti dasi atau sapu tangan di bagian dalam saku dada yang membuat tampilannya jadi makin khas.
  • Setelan jas cocok digunakan untuk acara-acara formal seperti pernikahan, acara bisnis, upacara penghargaan dan acara-acara resmi lainnya.

Setelan Jas

Sumber : https://www.made-in-china.com/

Tips Memakai Setelan Jas

Berkesempatan untuk menghadiri acara bisnis atau acara formal lainnya yang mewajibkan kamu untuk memakai setelan jas?. Berikut beberapa hal yang kamu perhatikan saat memakai setelan jas.

1. Pilih Warna Yang Tepat

Pilihlah setelan jas yang berpotongan klasik dengan berwarna netral dibandingkan jas yang berwarna mencolok, karena jas seperti ini lebih serbaguna dan lebih mudah dipadupadankan dengan berbagai kemeja untuk pelengkap gaya sehari-hari.

Setelan Jas

Sumber : https://www.hockerty.com/

2. Pastikan Ukurannya Pas Badan

Pastikan jas yang kamu pakai memiliki ukuran yang pas dengan sesuai dengan proporsi tubuh kamu untuk menegaskan bentuk bahu. Selain itu ujung lengan jas harus jatuh di atas pergelangan tangan dan menunjukkan sekitar 1-1,5 cm manset kemeja.

Selain itu pastikan pula celana yang kamu pakai ujungnya jatuh tepat di atas sepatu, dalam artian menyentuh bagian atas sepatu. Biar ga salah pilih cobalah celana tersebut sambil memakai sepatu.

  • Jika tidak ada tekukan di atas sepatu atau jaraknya dengan ujung sepatu cukup jauh itu berarti celana yang kamu pakai terlalu pendek.
  • Tapi jika tekukannya terlalu dalam atau malah menekuk beberapa kali, maka berarti celana yang kamu pakai terlalu panjang.

Setelan Jas

Sumber : https://www.tatacliq.com/

3. Pilih Kemeja Berkualitas

Padupadankan setelan jas dengan kemeja yang berkualitas baik dari segi bahan maupun jahitannya. Selain terlihat bagus dari segi tampilan, jas kemeja yang berkualitas juga akan membuatmu merasa lebih nyaman saat mengenakannya.

  • Untuk mendapatkan kemeja yang berkualitas perhatikan bagian kerahnya yang tegak juga cek kerapian jahitannya.
  • Pilih kemeja yang memiliki jenis yoke "split" atau terdiri atas dua lembar kain yang dijahit menjadi satu.

Sementara dari segi warna kamu bisa memilih kemeja yang berwarna kalem seperti putih, biru ataupun abu-abuh untuk menegaskan setelan atau memberikan sentuhan kepribadian yang khas.

Setelan Jas

Sumber : https://www.zalora.co.id/

4. Periksa Lebar dan Panjang Dasi

Jika kamu ingin memakai dasi sebaiknya periksa kembali kesesuaian lebar dan panjang dasi dengan setelan jas yang kamu miliki.

  • Dasi yang cocok untuk jas paling tidak harus sama lebar kerah jas. Jadi kalau lebar kerahnya sekitar 5 cm - 7 cm maka lebar dasi ideal juga 5 cm - 7 cm.
  • Untuk ukuran panjangnya pastikan ujung dasi yang kamu pakai jatuhnya sedikit menutupi kepala ikat pinggang.

5. Tambahkan Saputangan

Untuk memberi kesan yang menarik pada penampilan, tambahkan saputangan ke bagian dalam saku jas yang terletak di dada sebelah kiri biarkan bagian atasnya sedikit mengintip.

Setelan Jas

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Setrika Setelan Jas

Kenakan jas dan celana yang diseterika rapi untuk memberi kesan rapi dan profesional pada penampilan kamu.

7. Pilih Sepatu Yang Tepat

Untuk pelengkap gaya sehari-hari pilih sepatu yang paling umum dikenakan saat memakai setelan, sepatu yang dimaksud yakni berupa sepatu loafers dan sepatu oxford.

  • Sepatu loafers merupakan sepatu yang serupa dengan sepatu jenis slip-on, terlihat agak lonjong dan dibuat tanpa menggunakan tali.
  • Sepatu oxford merupakan sepatu yang mempunyai closed lacing system dengan hak pendek dan tingginya di bawah mata kaki.

Sementara dari segi warna cobalah sepatu berwarna cokelat tua jika setelan yang kamu pakai kebetulan berwarna abu-abu gelap dan biru tua. Tapi kalau setelan yang kamu pakai berwarna lebih muda maka kamu bisa memadupadankannya dengan sepatu berwarna cokelat muda atau sawo matang.

8. Tambahkan Kaos Kaki Yang Sesuai

Untuk memberi kesan lebih rapi dan profesional pada penampilan serta melindungi kaki dari gesekan dengan sepatu tambahkan pula kaos kaki.

  • Pilih kaus kaki yang menutup setengah tulang kering untuk memastikan bahwa pergelangan kaki kamu tidak akan terlihat saat posisi duduk.
  • Pilih kaos kaki yang berwarna netral seperti hitam atau abu-abu. Opsi lain kamu juga bisa memakai kaos kaki yang berwarna senada dengan warna setelan jas atau sesuai dengan selera kamu.

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat setelan jas?. Sebagai bahan pertimbangan yuk lihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Seragam, Jas dan Blazer yang kami.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang perlu kamu perhatikan jika ingin mendapatkan tampilan yang rapi dan profesional saat menenakan setelan jas. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline, semoga bermanfaat.

Download Pola Jas Almamater Pria dan Pola Jas Almamater Wanita siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jas almamater sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.