Article

Homepage Article Fashion Design Keunikan Jersey Timnas Amerika…

Keunikan Jersey Timnas Amerika Pada Piala Dunia 2022

Melanjutkan pembahasan mengenai jersey bola, kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk  melihat seperti apa keunikan jersey kandang dan jersey tandang yang dikenakan oleh timnas asal Amerika pada perhelatan piala dunia 2022. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Jersey Timnas Amerika Tengah dan Utara

1. Kanada

Memiliki julukan “Les Rouges” dan “Maple Leafs” timnas Kanada menjadi satu-satunya tim di Piala Dunia 2022 yang tidak merilis desain jersey baru dan tetap mengenakan jersey kebanggan mereka yang didominasi warna merah serta kombinasi warna putih.

Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sementara untuk jersey tandang, timnas Kanada lebih memilih untuk mengusung warna putih simple dengan logo tim nasional Kanada di bagian dada kiri serta logo swoosh Nike di bagian dada kanan jersey.

Jersey Bola

Sumber : https://www.taylorsoccer.ca/

2. Meksiko

Menyambut Piala Dunia 2022, timnas Meksiko sudah menyiapkan jersey desain baru yang didominasi berwarna hijau dengan aksen zig-zag pada bagian badan depan. Aksen zig zag tersebut melambangkan hiasan kepala berbulu dewa Aztec Quetzalcoatl.

Sementara untuk jersey tandang, timnas Meksiko lebih memilih untuk menggunakan jersey berwarna putih dengan pola merah gelap mencolok yang dicetak secara menyeluruh di setiap bagian jersey.

Jersey Bola

Sumber : https://www.alibaba.com/

Uniknya lagi, baik itu jersey kandang maupun jersey tandang keduanya sama-sama dilengkapi dengan kerah berwarna merah tua, garis-garis Adidas di bahu, logo Adidas baru di dada kanan dan garis merah gelap membentang di kedua sisi kostum.

Selain itu terdapat pula logo Meksiko dalam warna monokrom merah tua yang ditempatkan di dada kiri.

3. Amerika Serikat

Untuk Piala Dunia 2022, timnas Amerika Serikat (AS) siap bertarung di lapangan dengan jersey kandang yang berwarna putih dengan logo tim di tengah dan logo swoosh Nike di bagian samping jersey.

  • Logo centang yang dikenal pula dengan sebutan “swoosh” tersebut merujuk pada kecepatan dan gerakan.
  • Penempatan logo swoosh Nike untuk pertama kali di bagian samping jersey juga menjadi sejarah baru bagi Nike.

Jersey Bola

Sumber : https://www.nikys-sports.com/

Sedangkan untuk jersey tandang, timnas Amerika Serikat (AS) lebih memilih jersey dengan dominasi tie dye biru muda dan tua yang melambangkan keragaman dan semangat para generasi muda Amerika Serikat. Selebihnya penempatan logo tim nasional pada jersey tandang sama seperti jersey kandang.

Jersey Bola

Sumber : https://store.ussoccer.com/

Terkait dengan teknik yang diterapkan untuk membuatnya, jersey tandang timnas Amerika Serikat (AS) ini pada prinsipnya juga memiliki keunikan tersendiri karena dibuat dengan cara yang inovatif yakni menggunakan teknik “ice dyeing”.

  • Ice dyeing sendiri merupakan suatu teknik pewarnaan kain yang dilakukan dengan campuran es batu dan pigmen bubuk.
  • Teknik ice dyeing nantinya akan memberikan efek dan pola yang menarik pada jersey karena ketika es mencair maka warnanya akan menyebar secara merata ke seluruh serat kain.

Simak juga Cara Inovatif Membuat Motif Tie Dye Dengan Teknik Ice Tie Dye.

4. Kosta Rika

Menjadi salah satu tim sepak bola tersukses di daratan Amerika Tengah sekaligus satu-satunya negara dari Amerika Tengah yang mengikuti Piala Dunia 2022, timnas Kosta Rika sudah menyiapkan jersey jersey kandang maupun jersey tandang dengan desain bersih dan simple.

  • Jersey kandang Kosta Rika memiliki dominasi warna merah dengan manset biru tebal dan trim putih.
  • Jersey tandang Kosta Rika mirip dengan jersey kandang, namun berwarna putih.

Jersey Bola

Sumber : https://www.bosshunting.com.au/

Untuk memperindah tampilan jersey, mereka juga menggunakan lambang nasional baru yang diperkenalkan pada Desember 2021.

Jersey Timnas Amerika Selatan

1. Argentina

Memiliki julukan “La Albiceleste”, timnas Argentina masih setia dengan jersey kandang mereka yang identik dengan salur biru putih. Bedanya untuk Piala Dunia 2022 jersey bola yang dikenakan timnas Argentina diberi tambahan corak warna hitam di kedua sisinya.

Jersey Bola

Sumber : https://www.carousell.com.my/

Sementara untuk jersey tandang, timnas Argentina lebih memilih warna ungu cerah sebagai tanda kesetaraan dunia.Jersey tersebut dilengkpi pula dengan jalur berwarna lavender cerah yang mewakili perjuangan untuk kesetaraan gender.

Jersey Bola

Sumber : https://www.mailloten.com/

2. Brasil

Terkenal dengan desain jerseynya yang berwarna kuning dengan kombinasi warna hijau, timnas Brazil tetap mempertahankan warna klasiknya tersebut namun kali ini dibuat lebih terang alias “dynamic yellow”.

  • Terdapat detail warna hijau di ujung kerah dan juga di ujung kedua lengan.
  • Selain itu ada juga sentuhan warna biru tua di kerah dan ujung lengan tersebut.

Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sementara untuk jersey tandang, Brasil lebih memilih jersey yang didominasi warna biru dengan sedikit aksen hijau muda di lengan dan pada swoosh Nike. Pola dengan warna hijau di kedua bagian lengan jersey ini jelas terinspirasi oleh jaguar.

Jersey Bola

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Ekuador

Menggandeng brand olahraga asal negaranya yakni Marathon timnas Ekuador memilih warna kuning cerah sebagai warna utama jersey kandang mereka. Pada jersey tersebut ditambahkan pula aksen biru dan merah serta logo tim nasional baru untuk Piala Dunia 2022.

Jersey Bola

Sumber : https://shopee.com.mx/

Sementara untuk jersey tandang, Marathon menggunakan desain pola geometris yang begitu keren dengan kombinasi warna biru laut dan biru tebal. Selain itu Marathon juga mengganti warna logo negara dan logo brands menjadi perak.

Jersey Bola

Sumber : https://www.subsidesports.com/

4. Uruguay

Sebagai tuan rumah pertama Piala Dunia yang diadakan tahun 1930 sekaligus saksi dimulainya sejarah pertandingan sepak bola terbesar di dunia, timnas Uruguay sudah menyiapkan jerey dengan warna dasar biru langit yang disertai dengan kerah putih dan manset.

  • Jersey terbaru timnas Uruguay hadir dengan satu kancing di kerah putih dan manset.
  • Bagian depan jersey masih seperti biasa, yakni dilengkapi dengan logo negara di bagian kanan dan logo brand Puma berwarna emas di kiri.

Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sementara untuk jersey tandang, timnas Uruguay lebih memilih jersey dengan dominasi warna putih dan aksen biru muda.

Jersey Bola

Sumber : https://www.unisportstore.com/

Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai keistimewaan jersey bola yang dikenakan oleh timnas asal Amerika pada Piala Dunia 2022 Qatar. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan anda tentang jersey bola ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga pembahasan mengenai 3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola, kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang perbedaan jersey kandang dan jersey tandang yang biasa digunakan oleh para pemain bola saat bertanding di lapangan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.