Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Menarik dan Sejarah…

8 Fakta Menarik dan Sejarah London Fashion Week

Dari semua kota tempat digelarnya pekan mode, London menjadi kota termuda yang menggelar fashion week. Tak hanya itu saja, tapi London Fashion Week (LFW) juga masih memiliki beberapa fakta menarik yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang London Fashion Week

London Fashion Week (LFW) merupakan salah satu event fashion show terbesar dan paling bergengsi di dunia yang diadakan dua kali setahun di London, Inggris. Sebagai bagian dari “Big Four” Fashion Weeks global, bersama dengan Paris, Milan dan New York, acara ini biasaya menampilkan koleksi terbaru dari para desainer dan merek-merek ternama.

Fakta Menarik London Fashion Week

Mau tahu lebih banyak lagi tentang sejarah awal dimulainya London Fashion Week dan berbagai fakta unik terkait event tersebut?. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu berikut kami bagikan beberapa hal yang menarik perhatian dari London Fashion Week (LFW).

1. Pertama Digelar Pada Tahun 1984

London Fashion Week (LFW) resmi digelar pada 1984, bertepatan dengan acara penghargaan Designer of the Year. Gambaran busana yang tengah tren saat itu kebanyakan terinspirasi dari busana di klub malam sehingga tampilannya cenderung lebih glamor dan mewah.

London Fashion Week 

Sumber : https://www.voguebusiness.com/

Meski didominasi busana yang glamor dan mewah, tapi London Fashion Week (LFW) tahun 1984 justru menampilkan model-model dengan ukuran tubuh dan ras yang lebih beragam.

2. Lokasi Pertamanya di Lapangan Parkir

London Fashion Week (LFW) yang pertama kali digelar pada 1984 diselenggarakan di sebuah lapangan parkir, tepatnya di area parkir The Commonwealth Institute di Kensington yang disulap menjadi runway dan menampilkan beberapa koleksi dari desainer baju ternama asal Inggris seperti John Galliano, Jasper Conran dan Betty Jackson.

London Fashion Week 

Sumber : https://www.voguebusiness.com/

3. Jadi Kota Termuda The Big Four

Dari semua tempat digelarnya fashion week, London menjadi kota termuda dalam rangkaian pekan mode sekaligus kota terakhir yang bergabung ke dalam “The Big Four”.

  • Sebelumnya New York telah menggelar fashion week lebih dulu pada 1943 yang disebut dengan Press Week.
  • Milan menggelar fashion week pertama kali pada 1958.
  • Sementara Paris menggelar fashion week pertama kali di bawah naungan Fédération Française de la Couture pada 1973.

4. Tahun '90-an Jadi Tahun Suram LFW

Karena adanya masalah ekonomi , tahun '90-an sempat jadi tahun suram bagi London Fashion Week (LFW). Bahkan kala itu, hanya sedikit desainer yang mengikuti London Fashion Week (LFW), termasuk Alexander McQueen di tahun 1992 dan Stella McCartney yang mengikuti di tahun 1995.

Meski terbilang suram, tapi tetap saja ada banyak desainer Inggris yang melakukan debutnya di London Fashion Week (LFW). Mulai dari Christopher Kane, Gareth Pug, Erdem Moralioglu, Mary Katrantzou dan Roksanda Ilincic.

5. Lokasi LFW Sempat Berpindah-Pindah

Sejak diselenggarakan di lapangan parkir selama hampir 10 tahun , pada 1994 akhirnya London Fashion Week (LFW) pindah ke Natural History Museum, museum yang memamerkan berbagai macam spesimen dari berbagai segmen sejarah alam.

London Fashion Week 

Sumber : https://www.standard.co.uk/

Setelah kepindahannya ke museum, London Fashion Week (LFW) pun sempat mengalami beberapa kali perpindahan ke tempat lain. Mulai dari pindah ke Brewer Street di daerah Soho, London, kemudian pindah lagi ke The Store Studios sebelum akhirnya menetap di The Strand.

London Fashion Week 

Sumber : https://www.lovedbylizzi.com/

Kalau untuk sekarang, lokasi berlangsungnya LFW justru berpindah-pindah tergantung dari label fashion yang akan menggelar fashion show tersebut. Tidak jarang, para desainer pun menciptakan lokasi sendiri yang disesuaikan dengan tema busana yang dipamerkannya.

6. Menjadi Magnet Industri Kreatif

London Fashion Week (LFW) menjadi salah satu pusat networking di dunia fashion yang menghadirkan semangat pemberontakan yang tak kenal takut. Untuk menciptakan pengalaman yang interaktif, LFW bahkan sering berkolaborasi dengan seniman visual, arsitek, hingga perusahaan teknologi.

London Fashion Week 

Sumber : https://www.worldfootwear.com/

7. Sumbangan Besar ke Ekonomi Inggris

LFW memberikan kontribusi besar terhadap industri fashion Inggris, yang diperkirakan bernilai miliaran pound. selain memberikan sumbangan besar ke ekonomi Inggris, LFW juga mendukung ribuan pekerjaan di sektor kreatif. 

8. Mengedepankan Craftsmanship

Sebagaimana kota mode lainnya, London termasuk salah satu kota yang mengedepankan craftsmanship dan identitas desain yang kaya. Untuk koleksi musim semi dan panas tahun depan misalnya, sensualitas sangat terlihat dari banyaknya busana yang dipamerkan pada  London Fashion Week Spring/Summer 2025.

London Fashion Week 

Sumber : https://www.theguardian.com/

Mulai dari potongan mini, material sheer yang masih merajai, hingga styling berani dengan memamerkan pakaian dalam, berikut adalah beberapa fashion item yang mendominasi London Fashion Week Spring/Summer 2025.

  • Mini Hemline

Seolah mengadopsi semangat Mary Quant, mini skirt dan busana lain dengan potongan-potongan mini banyak terlihat di runway LFW 2025.

  • Revealing Undergarments

Pakaian dalam yang selama ini dikenakan tertutup oleh busana lain, kini menjadi pusat perhatian ketika disatukan bersama material sheer.

  • Bold Shoulders

Detail dramatis pada bagian pundak yang memberi struktur bervolume dan eksentrik, dapat dijumpai pada beberapa rancangan desainer.

  • Beads dan Sequin

Detail beads, sequin dan rhinestones yang berikilau dan glamor diprediksi akan menjadi tren sempurna yang mengisi koleksi musim semi dan panas mereka.

  • Deep V Neck

Berikutnya ada busana berimpresi sensual lainnya yang diwujudkan dengan potongan garis leher membentuk V yang rendah. Umumnya potongan ini dapat dijumpai pada midi dan maxi dress.

London Fashion Week 

Sumber : https://fashionista.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta menarik dari London Fashion Week (LFW) yang penting untuk kamu ketahui. Jauh sebelum menjadi acara bergengsi yang fenomenal di tingkat internasional, London Fashion Week (LFW) ternyata juga memiliki sejarah yang cukup panjang ya.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi informasi lain yang berhubungan dengan fashion dan desain download saja E-Book Mendesain yang kami miliki ya.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.