Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Unik dan Menarik…

8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Paris Fashion Week

Paris Fashion Week dikenal sebagai salah satu event paling bergengsi dalam dunia fashion. Sama halnya dengan event fashion yang lain, Paris Fashion Week ini juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Paris Fashion Week

Paris fashion week merupakan pekan mode yang diadakan setiap dua kali dalam satu tahun di Paris, Perancis dan menjadi ajang pertemuan penting bagi para pecinta fashion baik itu yang berasal dari Perancis maupun negara lain.

Dari empat kota mode yang ada di dunia, Paris mendapat kehormatan sebagai tuan rumah acara penutup festival mode Internasional yang berlangsung di 4 besar kota mode dunia yani London, New York, Milan dan Paris.

Fakta Menarik Paris Fashion Week

Seperti event fashion yang lainnya, Paris Fashion Week ini pada prinsipnya juga memiliki sejarah dan fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Paris Fashion Week Pertama

Dikutip dari Fashion United, Paris Fashion Week pertama kali resmi digelar pada tahun 1973 dengan pembentukan Fédération Française de la Couture dan dibuka dengan Battle of Versailles Fashion Show.

  • Paris Fashion Week pertama digelar pada 8 Oktober 1973.
  • Pekan mode tersebut diawasi oleh pendiri New York Press Week, Eleanor Lambert.

Paris Fashion Week

Sumber : https://wwd.com/

Paris fashion week pertama dijuluki juga sebagai Battle of Versailles Fashion Show antara lima desainer Paris dan lima desainer Amerika.

  • Tim Paris diwakili Yves Saint Laurent, Emanuel Ungaro, Christian Dior, Pierre Cardin dan Hubert de Givenchy.
  • Tim Amerika diwakili Anne Klein, Halston, Oscar de la Renta, Bill Blass dan Stephen Burrows.

2. Nama Resmi Paris Fashion Week

Nama resmi dari Paris Fashion Week yang biasa disingkat menjadi PFW adalah “Semaine des Créateurs de Mode”.

3. Penyelenggara Paris Fashion Week

Paris Fashion Week diselenggarakan oleh Federasi Mode Prancis. Adapun tanggal penyelenggaraan Paris Fashion Week ditentukan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode.

Paris Fashion Week

Sumber : https://fhcm.paris/

4. Digelar Dua Kali Dalam Setahun

Paris Fashion Week berlangsung dua kali dalam setahun di ibu kota Prancis untuk mempresentasikan koleksi musim semi dan musim panas serta koleksi musim gugur dan musim dingin.

  • Koleksi busana musim semi dan musim panas dipamerkan pada bulan Februari.
  • Koleksi busana musim gugur dan musim dingin dipamerkan pada bulan September.

5. Lokasi Paris Fashion Week

Paris Fashion Week pertama kali di gelar di Palace of Versailles, dengan tujuan menarik penggalangan dana untuk restorasi Istana yang kala itu mencapai lebih dari 53 juta Euro.

  • Istana Versailles sendiri merupakan salah satu lambang kekuasaan monarki Perancis.
  • Istana Versailles yang begitu megah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1979.
  • Istana Versailles juga menjadi salah satu tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Perancis karena terkenal dengan elemen sejarah dan budayanya.

Paris Fashion Week

Sumber : https://www.obonparis.com/

Dari yang awalnya digelar di Istana Versailles, saat ini Paris Fashion Week biasa digelar di beberapa lokasi ikonis, tempat bersejarah yang ada di Paris maupun tempat lain yang tidak kalah unik.

Merek fesyen terkenal seperti Chanel, Louis Vuitton, Kenzo dan Dior misalnya mereka memiliki pertunjukan sendiri yang biasa digelar di Carrousel du Louvre dan Grand Palais.

Paris Fashion Week

Sumber : https://www.seattletimes.com/

6. Tujuan Paris Fashion Week

Paris Fashion Week digelar dengan tujuan untuk memberi kesempatan pada para desainer untuk memamerkan koleksi rancangan busana yang mereka buat sebelum menjualnya secara massal.

Tujuan lain yaitu untuk menunjukan kepada para pecinta fashion mengenai koleksi busana yang sedang populer pada musim tertentu dan trend yang akan muncul untuk waktu yang akan datang.

7. Brand Yang Tampil di PFW

Brand yang tampil di Paris Fashion Week merupakan mereka yang lolos kurasi Federation de la Haute Couture et de la Mode (FHCM).

  • FHCM merupakan pemilik lisensi dan federasi yang menaungi penyelenggaraan Paris Fashion Week.
  • Federation de la Haute Couture et de la Mode (FHCM) ini telah berdiri sejak tahun 1868.

8. PFW Terbagi Dalam 3 Kategori

Dilansir dari website resmi Paris Fashion Week, terdapat tiga kategori koleksi busana yang dipamerkan di acara di Paris Fashion Week dan telah ditentukan oleh Fédération Française de la Couture.

  • Men's Fashion memamerkan koleksi fashion untuk pria.
  • Haute couture memamerkan koleksi busana “high sewing quality” dan “high craftmanship”.
  • Ready to wear memamerkan koleksi fashion untuk baju siap pakai atau pakaian dengan ukuran standard.

Paris Fashion Week 

Sumber : https://aeworld.com/

Untuk urutannya sendiri koleksi haute couture selalu dihadirkan sebelum koleksi ready to wear yang mewakili separuh dari pertunjukan Paris Fashion Week.

  • Penggunaan istilah Haute Couture sendiri sangat dilindungi di Perancis sehingga hanya rumah mode yang memenuhi kriteria tertentu yang dapat diakui sebagai couturier.
  • Sementara Ready to wear merupakan pameran rumah mode paling modern selama Paris Fashion Week.

Paris Fashion Week

Sumber : https://hautecouture.fhcm.paris/

Untuk dapat diakui sebagai couturier terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang desainer. Lebih jelasnya cari tahu 4 Syarat Merilis Busana Haute Couture.

Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang haute couture dan ready to wear simak juga pembahasan mengenai 11 Fakta Menarik Seputar Haute Couture dan Ciri Khas Busana Ready to Wear atau Pret-a-Porter.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang Paris Fashin Week yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi lain yang berhubungan dengan fashion dan desain anda bisa mendownload E-Book Mendesain yang kami miliki.

Kalau butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita maupun pakaian anak, anda juga bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang ada di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.