Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Unik dan Menarik…

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang New York Fashion Week

New York Fashion Week yang biasa disingkat NYFW termasuk ke dalam salah satu ajang bergengsi untuk industri fashion. Tidak jauh beda dengan event fashion yang lain, New York Fashion Week ini juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang New York Fashion Week

New York Fashion Week yang biasa disingkat menjadi NYFW merupakan pagelaran pekan mode yang diselenggarakan pada bulan Februari dan September setiap tahunnya di New York City, Amerika Serikat (biasanya berlangsung selama 7-9 hari) saat koleksi mode internasional diperlihatkan kepada pembeli, pers dan masyarakat umum.

New York Fashion Week

Sumber : https://thereaderwiki.com/

Event  tahunan yang diselenggarakan secara besar-besaran inipun menjadi salah satu fashion show bergengsi dari “empat besar” pekan mode yang diselenggarakan di seluruh dunia (bersama dengan Paris, London dan Milan).

New York Fashion Week

Sumber : https://hauteliving.com/

Fakta Menarik New York Fashion Week

Sama halnya dengan Paris Fashion Week dan berbagai event fashion yang lain, New York Fashion Week ini pada prinsipnya juga memiliki sejarah dan fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Sudah Ada Sejak Perang Dunia II

New York Fashion Week merupakan event pekan mode yang didasarkan pada serangkaian acara terdahulu yakni “Press Week” yang sudah ada sejak Perang Dunia Ke-II.

Press Week mulai diselenggarakan pada tahun 1943 oleh Fashion Publicist Eleanor Lambert dan menjadi pekan mode yang pertama di dunia, meskipun sebenarnya konsep peragaan busana sendiri awalnya berasal dari Paris.

2. Tujuan Press Week

Tujuan diselenggarakannya event tersebut yaitu untuk mengalihkan perhatian industri mode Amerika dari mode Prancis selama Perang Dunia II lantaran mereka tidak bisa berangkat ke Paris untuk menyaksikan peragaan busana karena okupansi Jerman di Perancis.

Kala itu Eleanor Lambert direktur pers organisasi promosi pertama industri fashion Amerika, New York Dress Institute memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah acara yang dinamainya “Press Week” untuk memeragakan busana-busana rancangan desainer Amerika kepada jurnalis mode.

Sukses dengan Press Week yang pertama, acara yang sama akhirnya rutin digelar setiap tahun dan berkembang menjadi ajang yang populer di New York. Berawal dari situ majalah-majalah seperti Vogue yang semula berkiblat pada mode Paris dan London juga mulai menampilkan karya-karya desainer Amerika.

3. Tidak Ada Calon Pembeli

Di masa lalu tidak ada calon pembeli yang hadir di acara Press Week tersebut lantaran undangan pekan mode khusus ditujukan untuk jurnalis atau pers.

  • Karena memiliki tujuan publikasi hanya jurnalis saja yang berhak mendapatkan kursi di acara fashion show.
  • Para buyer atau calon pembeli hanya bisa melihat koleksi yang ditampilkan setelah pagelaran selesai.

4. Lokasi Pertunjukan

New York Fashion Week yang dulu masih memakai nama Press Week pertama kali digelar di The Plaza Hotel. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya desainer Amerika yang mengikuti pekan mode akhirnya acara tersebut dipecah ke beberapa venue yang dipilih sesuai kebutuhan rumah mode.

Kalau untuk saat ini lokasi utama untuk New York Fashion Week berpusat di Spring Studios di 50 Varick Street. Lokasi yang dimaksud termasuk karnaval tepi laut, terminal kereta api yang diubah dan bekas kantor pos.

5. Diatur Fashion Calendar

Untuk mengatur jadwal fashion show agar tidak terbentur turut dikembangkan pula kalender fashion oleh Ruth Findley pada tahun 1945. Kalender fashion ini kemudian menjadi panduan bagi para desainer, jurnalis, ritel, agen hubungan masyarakat, serta model di New York Fashion Week.

Dari yang awalnya dibuat dalam bentuk kertas, fashion kalender yang telah dikelola oleh Ruth Finley selama lebih dari 60 tahun kini diubah dalam format digital setelah diakusisi Dewan Perancang Fashion Amerika atau Council for Fashion Designers of America  (CFDA).

6. Konsep New York Fashion Week

Dari segi konsep New York Fashion Week selalu berkembang seiring perubahan dan tantangan yang dihadapi.

  • Tahun 1943 mengusung kelompok musiman dan masih di bawah naungan New York Dress Institute.
  • Tahun 1990-an “Press Week” mulai disebut sebagai “New York Fashion Week” (NYFW) mengikuti “London Fashion Week”.
  • Tahun 1993 New York Fashion Week masuk sebagai anggota grup The Council of Fashion Designers of America (CFDA)
  • Saat ini pertunjukan NYFW masih dikelompokkan secara musiman, tetapi diselenggarakan oleh berbagai produser, seperti IMG hingga indie desainer Alexander Wang.

7. Sempat Ditiadakan Tahun 2001

Sejak diselenggarakan mulai tahun 1943, untuk pertama kalinya New York Fashion Week ditiadakan pada tahun 2001 karena serangan 9/11 di New York City dan Washington, D.C. Peristiwa tersebut menyebabkan pekan mode New York juga terkena imbasnya.

8. Disponsori Mercedes Benz

Pada tahun 2007 Mercedes Benz menjadi sponsor utama acara pekan mode yang diselenggarakan di Bryant Park. Setelahnya pada tahun 2010 Mercedes-Benz Fashion Week New York ini dipindahkan ke Lincoln Center for the Performing Arts.

9. Brand Yang Tampil di NYFW

Untuk tampil di New York Fashion Week (NYFW) seorang desainer atau brand harus menyiapkan sebuah karya yang baru dan original kemudian mengisi confirmation letter yang menyatakan siap di kurasi apabila lolos.

10. Model Yang Tampil di NYFW

Fakta menarik lainnya tentang New York Fashion Week yaitu acara ini juga menggandeng para penyandang disabilitas sebagai modelnya.

  • Pada bulan Februari 2014, Dr. Danielle Sheypuk menjadi model pengguna kursi roda pertama yang tampil di acara New York Fashion Week untuk desainer Carrie Hammer.
  • Masih di tahun yang sama, tepatnya pada bulan September 2014 Karen Crespo menjadi model yang diamputasi untuk Carrie Hammer.
  • Aktris Jamie Brewer menjadi wanita pertama dengan sindrom Down yang berjalan di karpet merah di New York Fashion Week untuk desainer Carrie Hammer.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang New York Fashion Week yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi lain yang berhubungan dengan fashion dan desain anda bisa mendownload E-Book Mendesain yang kami miliki.

Namun kalau anda lebih membutuhkan bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita maupun pakaian anak, anda juga bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang ada di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.