Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Mudah Merawat Outer…

8 Cara Mudah Merawat Outer Baby Terry Supaya Tidak Mudah Rusak

Tahukah anda bahwa ketahanan sebuah pakaian ternyata sangat ditentukan oleh beberapa faktor terutama bahan dasar dan cara perawatannya?. Maka dari itu kalau anda ingin memiliki outer berbahan baby terry yang awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan anda juga merawat outer tersebut dengan cara yang tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Baby Terry

Kain baby terry dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang sangat lembut. Sekalipun didominasi oleh bahan katun tapi komposisi penyusun bahan baby terry ini sebenarnya sangat tergantung dari produsen kainnya. Beberapa ada yang dibuat dari 100 % cotton tapi ada juga yang dibuat dari 80 % cotton dan 20 % poly terry loop.

  • Bahan kain baby terry cukup terkenal akan kelembutannya memiliki pola (loop) tertentu yaitu looped texture.
  • Bila dilihat lebih dekat lagi pola ini terlihat seperti bulatan, lingkaran ataupun cincin kecil-kecil pada permukaan kainnya.

Kain Baby Terry

Sumber : https://fitinline.com/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, kain baby terry sendiri pada dasarnya dapat dimanfaatkan untuk banyak keperluan, salah satunya yakni sebagai bahan dasar pembuatan outer. Beberapa model outer yang dimaksud antara lain berupa sweater, jaket, cardigan, blazer, hoodie jumper atau jenis outer lainnya.

Kain Baby Terry

Sumber : https://shopee.co.id/

Sebagai bahan dasar pembuatan outer yang berkualitas kain baby terry inipun secara umum dapat dibedakan ke dalam beberapa variasi bahan yang berbeda mulai dari kain baby terry PE, kain baby terry CVC dan kain baby terry combed.

1. Kain Baby Terry PE

Kain baby terry PE terbuat dari bahan polyester yang diproses dengan cara di polimerisasi sehingga bisa berbentuk serat dan dibuat menjadi kain.

Kain Baby Terry

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan dasar pembuatan outer yang berkualitas, kain baby terry PE sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda, sebut saja:

2. Kain Baby Terry CVC

Kain baby terry CVC merupakan kain terbuat dari campuran serat katun dan viscose dengan persentase kandungan serat katun lebih banyak.

Kain Baby Terry

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan dasar pembuatan outer yang berkualitas, kain baby terry CVC sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda, sebut saja:

3. Kain Baby Terry Combed

Kain baby terry combed merupakan kain yang terbuat dari bahan katun sehingga dapat menghindarkan terjadinya iritasi pada kulit.

Kain Baby Terry

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan dasar pembuatan outer yang berkualitas, kain baby terry combed sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda, sebut saja:

Tips Merawat Outer Baby Terry

Berbicara mengenai outer baby terry lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawatnya aga tetap awet dan tahan lebih lama?. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan mungkin anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut.

1. Selalu pisahkan outer berbahan baby terry dengan pakaian kotor lainnya. Kalau perlu pisahkan juga antara outer yang berwarna putih dengan warna lain untuk menghindari adanya outer putih yang terkena luntur.

2. Gunakan deterjen seminim mungkin ketika melakukan proses pencucian outer berbahan baby terry. Penggunaan deterjen yang berlebihan justru akan membuat outer jadi sulit untuk dibilas karena residu dari deterjen akan terikat di serat-serat kain.

Untuk membersihkan outer baby terry yang terkena noda makanan, minuman dan moda pekat lainnya jangan gunakan pemutih dari bahan kimia. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan pemutih alami seperti cuka atau lemon atau baking soda.

3. Rendam outer dalam campuran air dan detergen selama kurang lebih 10 menit agar noda dan kotoran yang menempel pada outer lebih mudah dibersihkan.

  • Proses perendaman yang terlalu lama akan membuat warna outer akan jadi cepat pudar.
  • Proses perendaman yang terlalu lama bisa juga menyebabkan kerusakan terhadap sablonan outer (jika outer disablon).  

4. Untuk mencuci outer berbahan baby terry sebaiknya hindari penggunaan mesin cuci. Sebagai gantinya anda bisa mencuci oyter secara manual dengan kucekan tangan untuk memastikan sisi luar dan sisi dalam outer benar-benar bersih.

5. Utamakan untuk selalu menggunakan air dingin ketika mencuci outer berbahan baby terry agar serat kainnya tidak mudah rusak. Tapi kalau anda ingin mencucinya dengan air hangat gunakan suhu air yang dapat ditoleransi oleh bahan baby terry.

  • Penggunaan air hangat ketika mencuci outer baby terry bisa membunuh bakteri secara menyeluruh.
  • Penggunaan air hangat saat mencuci juga sangat membantu untuk menghilangkan dan mengangkat kotoran membandel pada pakaian.

6. Usahakan untuk selalu menjemur outer berbahan baby terry di tempat yang teduh serta tidak terkena sinar matahari langsung untuk menghindari kerusakan pada bagian bahu dan leher.

  • Selesai melakukan pencucian segera jemur outer berbahan baby terry yang anda miliki.
  • Gunakan gantungan baju untuk menjemur outer berbahan baby terry agar tidak kusut dan keringnya lebih cepat.

7. Meskipun outer berbahan baby terry sebenarnya tidak mudah kusut dan tidak perlu disetrika namun sesekali anda perlu menyetrikanya agar bakteri tidak baik yang mungkin masih menempel pada outer bisa dilenyapkan,

  • Untuk menghaluskan outer berbahan baby terry yang kusut gunakan settingan suhu low agar serat kain tidak mudah rusak.
  • Cukup setrika outer berbahan baby terry dengan suhu normal saja agar tidak merusak bahanya.

8. Terakhir simpan outer berbahan baby terry di tempat yang bersih dengan cara menggantungnya menggunakan hanger (gantungan baju).

  • Menggantung outer baby terry akan jauh lebih baik dibandingkan dengan melipatnya.
  • Cara penyimpanan yang baik juga akan membantu anda menjaga kualitas dan kerapian bentuk outer.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana untuk mencuci dan merawat outer berbahan baby terry yang dapat anda coba. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda dalam merawat outer supaya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.