Article

Homepage Article Fashion Design 5 Jenis Bahan Tas Kulit…

5 Jenis Bahan Tas Kulit Yang Banyak Dicari Para Pecinta Fashion

Dikenal sebagai salah satu produk pelengkap fashion yang menawarkan banyak keunggulan, tidak dapat dipungkiri jika tas kulit memang memiliki tampilan yang mewah dan berkelas. Selain dipengaruhi oleh keindahan desain dan warnanya, kualitas dari sebuah tas ternyata juga sangat tergantung dari jenis kulit yang digunakan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tas Kulit

Tas kulit termasuk ke dalam salah satu jenis produk pelengkap fashion yang dibuat dari material kulit, baik itu kulit sintetis atau kulit hewan asli (genuine leather). Selain tampak lebih bagus dari segi penampilan, tas yang dibuat dari bahan kulit umumnya juga dikenal lebih kuat dan tahan lama lho.

Beberapa jenis kulit hewan yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan tas di antaranya:

1. Kulit Sapi

Kulit sapi (cow hide) merupakan material yang paling sering digunakan untuk membuat tas karena memiliki ketahanan yang kuat. Tas yang terbuat dari material inipun umumnya juga tahan lama, awet dan dapat digunakan untuk membawa beban yang berat.

2. Kulit Domba

Kulit domba sebetulnya tidak berbeda jauh dengan kulit sapi, namun material lambskin leather ini memiliki tekstur yang lebih lembut. Selain itu pori-pori yang dimiliki kulit domba juga lebih rapat.

3. Kulit Ular

Kulit ular juga termasuk ke dalam jenis kulit yang banyak digunakan dalam pembuatan tas. Tekstur yang dimiliki bahan kulit ini umumnya cenderung halus serta lebih elastis hanya saja bahannya cenderung tipis dan tidak begitu kuat.

4. Kulit Buaya

Kulit buaya dikenal sebagai salah satu bahan pembuatan tas yang memiliki tekstur cukup tebal sekaligus kuat. Dari segi harga kulit buaya sendiri tergolong sangat mahal karena ketersediannya memang sangat terbatas dan proses pengolahannya juga cukup rumit. 

Rekomendasi Bahan Tas Kulit

Dari berbagai macam pilihan bahan kulit yang ada, kulit hewan sendiri secara umum dapat dibedakan lagi ke dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Untuk mudahkan anda dalam menemukan produk tas yang berkualitas berikut kami bagikan rekomendasi beberapa bahan tas kulit yang banyak disukai oleh para pecinta fashion.

1. Bahan Kulit Suede

Bahan kulit suede termasuk ke dalam jenis tas yang permukaan halus seperti kain beludru karena dibuat dari bagian dalam kulit hewan yang dekat dengan daging.

  • Bahan kulit suede memiliki tekstur yang halus dan lembut.
  • Bahan suede tidak cepat panas bila terkena sinar matahari langsung.
  • Dari segi harga bahan kulit suede relatif terjangkau jika dibandingkan bahan kulit lainnya.
  • Asal dirawat dengan cara yang tepat kulit suede asli bisa tahan hingga 5 tahun bahkan lebih.

Tas Kulit

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Butuh bahan suede berkualitas untuk membuat tas dan produk pelengkap fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Double Suede dan Bahan Real Suede dari kami.

2. Bahan Kulit Nubuck

Bahan kulit nubuck secara kasat mata memiliki tampilan yang hampir sama dengan kulit suede. Hanya saja bahan utama yang digunakan untuk membuat kulit nubuck pada umumnya diambil dari bagian terluar kulit binatang yang dihaluskan.

  • Bahan kulit nubuck biasanya lebih tebal ketimbang bahan tas kulit suede karena berasal dari lapisan kulit luar.
  • Proses perawatan untuk bahan tas kulit nubuck pun biasanya lebih gampang dan tidak mudah merusak permukaan kulit.

Tas Kulit

Sumber : https://www.aliexpress.com/

3. Bahan Kulit Brush Off

Dari semua jenis dan proses pengolahan kulit, brush off atau patent leather menjadi salah satu jenis bahan tas yang pembuatannya paling rumit. Tidak mengherankan juka tas yang dibuat dari bahan ini harganya terkadang cukup tinggi.

  • Bahan kulit brush off atau patent leather termasuk kedalam jenis bahan tas kulit yang mudah untuk dibersihkan.
  • Bahan tas kulit brush off umumnya memiliki tampilan yang mengilap, berwarna terang, licin, namun sangat lentur karena dikerjakan dengan bahan akhir yang protektif seperti cat acrylic atau bahan tahan air.
  • Bahan tas kulit brush off permukaannya halus dan tidak terlihat tekstur dan serat-serat kulit.

Tas Kulit

Sumber : https://www.markcross.com/

4. Bahan Kulit Grain

Bahan kulit grain merupakan jenis bahan tas yang bahan utamanya biasa diolah secara utuh tanpa ada modifikasi pada struktur kulit sehingga tekstur pada permukaan alaminya masih jelas terlihat.

  • Bahan kulit grain memiliki tingkat ketahanan yang paling tinggi dibanding bahan kulit lainnya.
  • Bahan kulit grain memiliki elastisitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan bahan kulit lainnya.
  • Asal dirawat dengan cara yang baik dan benar permukaan bahan kulit grain biasanya akan terlihat jadi makin bagus.

Tas Kulit

Sumber : https://www.moshileatherbag.com/

5. Patch Leather

Patch leather termasuk ke dalam jenis bahan tas berdesain indah karena dibuat gabungan potongan-potongan bahan kulit. Bahan kulit yang dipakai untuk membuat tas inipun bisa berasal dari satu jenis yang sama ataupun berbeda-beda.

  • Potongan-potongan patch leather yang digunakan untuk membuat tas biasanya dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk sebuah pola atau perpaduan warna.
  • Material yang dipakai untuk patch leather bisa berupa bahan kulit grain, namun terkadang juga dikombinaskan dengan nubuck atau suede.
  • Perawatan patch leather umumnya membutuhkan perhatian lebih karena harus disesuaikan dengan jenis kulit pada masing-masing potongan bahan tas yang ada.

Tas Kulit

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Memilih Tas Kulit

Berkeinginan untuk membeli tas kulit sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih tas kulit.

  • Periksa keaslian kulit yang digunakan untuk membuat tas. Meskipun kulit asli dan imitasi terlihat mirip, tetapi tetap saja ada kelebihan kulit asli tak bisa disamai oleh bahan kulit imitasi.
  • Cari tahu proses penyamakan kulit alias proses pengolahan kulit hewan sebelum dijadikan sebagai bahan tas. Proses penyamakan ini bertujuan untuk membuat kulit jadi tidak mudah rusak dan tahan lebih lama.
  • Perhatikan kerapian jahitan yang ada pada tas. Tas kulit yang berkualitas pasti memiliki jahitan yang rapi, konsisten dan presisi.
  • Bagian dalam tas harus diberi lapisan atau lining dari bahan yang membuat tas kulit sentantiasa kuat dan awet.
  • Pastikan tas kulit yang hendak anda beli didukung oleh hardware yang berkualitas. Hardware yang dimaksud yakni berupa resleting, ring penghubung tas dengan tali bahu, hingga adjustable sliders untuk mengatur panjang-pendeknya tali tas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan tas kulit yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan. Untuk memastikan agar tas kulit yang anda miliki nantinya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan anda merawat tas kulit tersebut dengan cara yang tepat ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.