Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Tips Melicinkan Pakaian…

10 Tips Melicinkan Pakaian Yang Susah Rapi Walau Sudah Disetrika

Punya bahan pakaian yang susah rapi walau sudah disetrika?. Selain dipengaruhi oleh karakteristik bahannya, bisa jadi cara yang anda terapkan untuk merawat pakaian tersebut masih kurang tepat. Entah itu saat pencucian, penjemuran, atau cara menyimpannya yang salah. 

Melicinkan Pakaian

Sumber : https://www.freshlaundry.co.za/

Bahan pakaian yang susah rapi itu salah satunya berupa katun, meski ada juga jenis bahan pakaian lain yang rentan kusut. Kain katun ini umumnya lebih bersifat mudah menyerap keringat dan cenderung agak tebal sehingga sangat ideal untuk membuat kemeja, blouse dan beberapa jenis pakaian lain. 

Melicinkan Pakaian

Sumber : https://www.voguelaundry.com/

Lantas bagaimana cara paling tepat yang dapat dilakukan untuk melicinkan pakaian yang susah rapi tersebut?. Supaya anda tidak penasaran, berikut kami bagikan dua tahapan merawat pakaian supaya tetap licin yang bisa anda coba.

Mencuci dan Mengeringkan Pakaian

  1. Sebelum melakukan proses pencucian ada baiknya jika anda mengenal lebih dulu sifat dan karakteristik pakaian yang ingin anda cuci. Periksa label pakaian yang disertakan saat pembelian.
  2. Untuk pakaian yang cenderung mudah kusut sebaiknya jangan direndam terlalu lama.  Merendam pakaian terlalu lama mungkin bisa membuat pakaian menjadi bau dan juga mudah kusut sehingga susah untuk di setrika.
  3. Hindari mengucek pakaian terlalu keras karena hal seperti ini sangat berpotensi merusak serat baju, membuat pakaian makin kusut atau justru menjadi mudah melar.
  4. Khusus untuk anda yang melakukan pencucian dengan tangan usahakan untuk tidak memeras baju terlalu keras. Bekas perasan yang terdapat pada pakaian biasanya susah untuk dihilangkan meski dengan cara disetrika sekalipun.
  5. Selesai melakukan proses pencucian, segera jemur pakaian anda dengan cara digantung dan diangin-anginkan. Hindari kebiasaan menumpuk pakaian basah dalam waktu lama untuk meminimalisir efek kusut yang mungkin timbul pada pakaian.
  6. Jemur pakaian di tempat yang bersih dan masih dapat dijangkau oleh sinar matahari. Tunggu pakaian hingga mengering dengan sendirinya, setelah itu anda bisa mengangkat dan melipatnya secara rapi sebelum melakukan tahap selanjutnya yaitu menyetrika.

Melicinkan Pakaian

Sumber : https://www.yellowpages.ca/

Untuk meminimalisir efek kusut yang parah atau kemungkinan timbulnya bekas lipatan pada pakaian yang susah hilang, sebaiknya pastikan pakaian anda sudah benar-benar kering sebelum anda melipat dan menyimpannya untuk sementara waktu. 

Melicinkan Pakaian

Sumber  : https://www.rd.com/

Menyetrika Pakaian Supaya Tampak Rapi

  1. Hal terpenting yang harus anda perhatikan ketika hendak menyetrika pakaian adalah selalu atur temperatur setrika sesuai bahan pakaian anda. Perhatikan petunjuk perawatan yang terdapat pada label pakaian.
  2. Untuk menyetrika bahan pakaian yang mudah sekali kusut, seperti halnya kain katun anda bisa mengatur suhu setrika pada temperatur tinggi.
  3. Sebelum anda mulai menyetrika, sebaiknya semprotkan dulu pelicin dan pengharum pakaian pada semua baju yang ingin anda setrika.  
  4. Mulailah menyetrika pakaian dari bagian yang sulit dijangkau baru dilanjutkan bagian yang mudah. Supaya efek kusut pada pakaian lebih mudah hilang gerakkan setrika dengan perlahan sampai pakaian anda benar-benar licin. 

Melicinkan Pakaian

Sumber : http://thedudesociety.com/

Melicinkan Pakaian

Sumber : http://thedudesociety.com/

Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kami bagikan untuk anda. Selain menghemat listrik dan tenaga cara ini juga terbukti efektif untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dalam waktu singkat lho. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.