Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Menyingkirkan Noda…

8 Cara Menyingkirkan Noda Karat Yang Menempel di Baju

Mencari alternatif cara yang ampuh untuk membersihkan noda karat di baju karena memakai detergen aja gak cukup?. Untuk mengobati rasa penasaran kamu, berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk menghilangkan atau setidaknya meminimalkan noda karat tersebut.

Beberapa point penting yang kan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Noda Karat

Noda karat termasuk ke dalam jenis noda pada baju yang umumnya ditandai dengan adanya bercak merah atau oranye kekuning-kuningan. Salah satu pemicunya yaitu karena kebiasaan menjemur baju basah pada jemuran baju yang terbuat dari besi atau adanya kontak antara baju dengan besi yang berkarat seperti halnya paku.

Dampak Buruk Noda Karat

Tergantung pada jenis kain, seberapa lama noda tersebut dibiarkan dan bagaimana kamu mengatasinya, noda karat di baju sendiri pada prinsipnya bisa memiliki beberapa dampak negatif. Beberapa dampak yang mungkin terjadi diantaranya:

  • Noda karat yang tidak diatasi dengan baik atau dibiarkan dalam waktu yang lama dapat merusak serat kain karena karat memiliki sifat korosif.
  • Noda karat bisa merubah warna kain secara permanen dan sulit untuk diperbaiki terutama jika dibiarkan untuk waktu yang lama.
  • Noda karat dapat merusak penampilan pakaian dan membuatnya terlihat kotor atau tidak terawat.
  • Noda karat yang sudah menggerus serat kain dapat merusak struktur kain dan membuat baju jadi lebih rentan sobek.
  • Kerusakan yang disebabkan oleh noda karat bisa membuat baju tidak tahan lama dan memerlukan penggantian lebih cepat.

Cara Menghilangkan Noda Karat

Terkait dengan hal tersebut, lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda karat?. Untuk memudahkan proses pencucian pertama segera pisahkan baju yang berkarat dengan baju lain untuk menghindari penyebaran noda.

  • Semakin cepat kamu mengatasi noda karat, semakin baik kemungkinan noda tersebut dapat dihilangkan sepenuhnya.
  • Akan lebih bagus lagi jika noda karat di baju tidak dibiarkan mengering di baju biar proses mencucinya lebih mudah.

Setelah dipisahkan dari pakaian lain selanjutnya kamu bisa memilih satu di antara beberapa cara berikut untuk membersihkan noda karat di baju. 

1. Gunakan Garam Dapur

Pertama rendam baju yang bernoda ke dalam air yang dicampur dengan sedikit garam dapur untuk membantu dalam menghilangkan molekul besi dari kain. Diamkan baju selama beberapa saat lalu kucek perlahan hingga noda karatnya hilang.

Noda Karat

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Gunakan Cuka dan Garam

Kedua gunakan cuka dan garam untuk membersihkan area baju yang bernoda atau terpapar noda karat. Selain mudah dibuat, ramuan cuka dan garam inipun dipercaya bisa bikin noda karat lebih cepat hilang.

Cara paling mudah yang bisa diterapkan untuk membersihkan noda karat di baju dengan cuka dan garam yaitu:

  • Campurkan cuka yang memiliki sifat asam dan garam dengan perbandingan 1:1 kemudian aplikasikan pada bagian yang bernoda.
  • Diamkan ramuan cuka dan garam di atas noda selama beberapa saat kemudin gosok area yang diberi cuka dan garam secara perlahan.
  • Jemur baju di bawah sinar matahari sebelum membilasnya.
  • Setelah kering cuci baju dengan cara biasa yakni dengan menggunakan detergen lalu keringkan.
  • Tapi jika nodanya belum hilang, kamu bisa mengulangi proses tersebut kembali mulai dari awal.

3. Gosok Dengan Jeruk Lemon

Ketiga belah jeruk lemon lalu gosokkan bagian dalamnya langsung ke area baju yang bernoda. Ulangi proses ini beberapa kali sampai noda karat benar-benar hilang lalu cuci baju kesayangan kamu hingga benar-benar bersih.

Noda Karat

Sumber : https://www.herzindagi.com/

Tapi kalau kamu belum mendapatkan hasil yang diinginkan kamu bisa menambahkan sejumput garam laut ke irisan lemon sebelum menggosoknya ke baju.

4. Gunakan Lemon dan Garam

Keempat rendam dulu baju kesayangan kamu dengan campuran lemon dan garam selama satu atau dua jam sebelum kamu mencucinya menggunakan deterjen. Setelah noda karat larut sekarang cuci baju kamu seperti biasa lalu lihat bagaimana hasilnya.

5. Gunakan Baking Soda dan Air

Kelima buat pasta yang dari baking soda dan air lalu aplikasikan pada noda karat di baju kesayangan kamu. Diamkan sebentar lalu sikat perlahan hingga nodanya bersih.

Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan-bahan yang seringkali ditemukan di dapur yang memiliki manfaat untuk menghilangkan noda karat pada pakaian.

Noda Karat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Alternatif lain kamu juga bisa membersihkan baju yang terkena noda karat dengan cara berikut.

  • Siapkan air dingin setengah ember, lalu masukkan ke dalamnya satu sendok baking soda.
  • Masukkan baju kasayangan kamu yang terkena noda dan diamkan baju dalam rendaman tersebut selama kurang lebih 20-25 menit.
  • Selesai melakukan perendaman kami bisa mencuci baju seperti biasa menggunakan detergen.

6. Gunakan Sabun Cuci Piring

Keenam gunakan sabun cuci piring untuk membersihkan noda karat di baju. Caranya tuangkan sedikit sabun cuci piring di bagian yang bernoda, sikat lalu bilas baju sampai bersih dan tidak ada busa sabun yang tertinggal.

Noda Karat

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Gunakan Krim Tartar

Ketujuh gunakan krim tartar yang biasa dipakai untuk melapisi kue untuk menghilangkan noda karat di baju. Cara paling mudah yang bisa diterapkan untuk membersihkan noda karat di baju dengan krim tartar yaitu:

  • Tuang 6 sendok krim tartar ke dalam rebusan air sebanyak 2 liter.
  • Rendam pakaian yang terkena noda karat selama 1-2 jam di larutan krim tartar untuk menghilangkan karat.
  • Setelahnya cuci baju seperti biasa hingga bersih.

Noda Karat

Sumber : https://www.thekitchn.com/

Catatan yang harus diingat yaitu hindari penggunaan krim tartar untuk membersihkan noda karat pada baju yang berwarna dan baju yang berbahan elastis. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk beberapa pakaian dengan warna dasar netral, seperti hitam atau putih.

8. Gunakan Produk Penghilang Noda

Kedelapan gunakan produk penghilang noda yang dirancang khusus untuk menghilangkan noda karat di bakju. Produk penghilang noda ini umumnya bisa kamu beli di toko-toko kelontong atau toko perlengkapan rumah tangga.

Khusus untuk kamu yang ingin menggunakan produk penghilang noda untuk membersihkan noda karat di baju jangan lupa pakailah sarung tangan dan masker penutup wajah karena cairan penghilang noda ini biasanya mengandung bahan aktif yang kuat.

Noda Karat

Sumber : https://www.ebay.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumah cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan noda karat pada baju. Hal terpenting yang perlu diingat yaitu efektivitas dari tiap-tiap cara di atas bisa saja bervariasi tergantung pada jenis kain dan seberapa lama noda tersebut sudah ada atau sudah menempel pada baju.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Download juga Pola Baju siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.