Article

Homepage Article Fashion Design 8 Bahan Jaket Yang Bagus…

8 Bahan Jaket Yang Bagus Untuk Membuat Norfolk Jacket

Ingin membuat norfolk jaket sendiri tapi masih bingung mau menggunakan bahan kain yang seperti apa untuk material utamanya. Tergantung pada tujuan pemakaian dan gaya yang ingin kamu capai, berikut adalah beberapa pertimbangan bahan yang bisa kamu pilih untuk membuat norfolk jacket.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Norfolk

Norfolk jaket termasuk ke dalam salah satu jenis jaket tailored fit yang sebenarnya berada di antara slim fit dan regular fit. Jaket ini umumnya dibuat dengan tujuan untuk menciptakan siluet yang lebih terstruktur tanpa terlalu ketat atau longgar, sehingga tetap nyaman dipakai.

  • Norfolk jacket umumnya memiliki potongan ramping dan dibuat untuk menonjolkan bentuk tubuh tetapi tetap memberikan ruang untuk bergerak.
  • Norfolk jacket biasanya mengikuti bentuk tubuh dengan lebih baik di bagian bahu, dada dan pinggang, sehingga memberikan kesan lebih rapi dan elegan.
  • Norfolk jacket cocok digunakan untuk acara-acara formal seperti bekerja di kantor atau pertemuan bisnis, namun bisa juga dipakai untuk gaya kasual dengan tampilan yang lebih modern.
  • Meski pas di tubuh, norfolk jacket tetap dirancang untuk kenyamanan, sehingga bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Bahan Jaket Norfolk  Bahan Jaket Norfolk

Sumber : https://www.bookster.co.uk/, https://id.pinterest.com/

Rekomendasi Bahan Jaket Norfolk

Untuk pilihan bahannya, kain yang digunakan sebagai bahan dasar norfolk jacket biasa dipilih untuk menciptakan keseimbangan antara gaya, kenyamanan dan kemampuan jaket mempertahankan bentuk agar tetap terlihat rapi saat dikenakan.

Berikut adalah beberapa bahan jaket yang bagus untuk membuat norfolk jacket.

1. Wol (Wool)

Pertama ada bahan wool yang memberikan tampilan lebih mewah, elegan dan profesional pada norfolk jacket. Selain itu kain wol juga memberikan kehangatan dan daya tahan yang baik.

Bahan Jaket Norfolk 

Sumber : https://www.reversible.com/

2. Tweed

Kedua ada bahan tweed yang terbuat dari benang wol setengah jadi dan ditenun menggunakan anyaman twill (kepar) sehingga memiliki permukaan yang cenderung kasar dan tidak rata. Kelebihan norfolk jacket dari bahan tweed yaitu:

  • Bahan tweed memberikan kesan vintage dan klasik, ideal untuk musim gugur atau dingin.
  • Tekstur bahan tweed yang khas juga menambah dimensi visual pada norfolk jacket.

Bahan Jaket Norfolk 

Sumber : https://www.cordings.co.uk/

Simak juga 8 Fakta Menarik Tentang Bahan Tweed Yang Perlu Kamu Tahu.

3. Cashmere

Ketiga ada bahan cashmere, sejenis bahan kain yang dikenal karena kelembutannya yang luar biasa (bahkan jauh lebih lembut dibandingkan dengan wol) sehingga saat dipakai dapat memberikan sensasi halus dan nyaman di kulit.

Kelebihan norfolk jacket dari kain cashmere yaitu:

  • Memiliki tampilan yang elegan, namun cenderung lebih mahal.
  • Lembut, mewah dan sangat nyaman.
  • Ideal digunakan untuk penggunaan di luar ruangan saat cuaca dingin.

4. Kain Drill

Keempat jaket norfolk / norfolk jacket bisa juga dibuat dari kain drill yang memiliki tekstur pintalan diagonal atau miring, dengan jalinan benang yang sangat kuat. Kelebihan norfolk jacket dari kain drill yaitu:

  • Memiliki daya tahan tinggi, tahan terhadap aus dan robek.
  • Memiliki bentuk yang lebih terstruktur, tegas dan rapi.
  • Cocok digunakan untuk berbagai kegiatan, baik yang sifatnya formal maupun kasual.
  • Dibandingkan dengan bahan yang lebih mewah seperti cashmere, harganya lebih terjangkau.

Simak juga 7 Fakta Menarik Mengenai Bahan Kain Drill.

5. Kain Twill

Kelima ada kain twill yang memiliki kemiripan dengan drill tapi teksturnya sedikit lebih besar. Dengan karakteristik kainnya yang halus dan lembut saat disentuh, kain twill memberikan kenyamanan saat dipakai sambil tetap mempertahankan kekokohan struktural jaket.

Bahan Jaket Norfolk 

Sumber : https://lucanfashion.com/

Simak juga 10 Perbedaan Kain Drill dan Kain Twill.

6. Kain Gabardin

Keenam ada kain gabardin yang biasa dibuat dari wol atau campuran serat sintetis. Kain ini umumnya memiliki ciri khas berupa garis-garis berbentuk diagonal yang tampak mirip sekali dengan kain twill namun kerapatannya sedikit lebih renggang.

Kelebihan norfolk jacket dari kain gabardin yaitu:

  • Cukup tebal namun cenderung ringan.
  • Memiliki anyaman benang yang kuat dan sangat awet digunakan dalam waktu lama.
  • Memiliki kecenderungan stabil dalam bentuknya dan tidak mudah berkerut asal dirawat dengan cara yang tepat.

Bahan Jaket Norfolk 

Sumber : https://www.etsy.com/

7. Kain Corduroy

Ketujuh ada kain corduroy yang memiliki pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya. Tekstur corduroy yang khas juga dapat menambah dimensi pada norfolk jacket dan memberikan kesan visual yang berbeda dari jenis jaket lainnya.

Bahan Jaket Norfolk 

Sumber : https://burma-shave.jp/

8. Bahan Suede

Ketujuh ada bahan suede yang biasa diambil dari kulit hewan kemudian diproses secara khusus untuk memberikan sentuhan yang lembut, halus dan elegan, meskipun ada juga bahan suede dari serat sintetis.

Bahan Jaket Norfolk 

Sumber : https://www.etsy.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa rekomendasi bahan terbaik yang biasa digunakan untuk membuat jaket norfolk. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan yang ada, semoga kamu bisa lebih mudah untuk memilih dan menemukan bahan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Taslan, Kain Parasut, Kain Drill, Kain Twill, Kain Gabardin dan Kain Jaket terbaik lainnya di katalog kain kami.

Simak juga 6 Fakta Tentang Jaket Norfolk Yang Memiliki Tampilan Sangat Khas.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.