Article

Homepage Article Kain 5 Rekomendasi Bahan Terbaik…

5 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Membuat Kaos Tactical

Butuh rekomendasi bahan kain yang bagus untuk membuat kaos tactical?. Khusus untuk anda yang ingin membuat kaos tactical sendiri, cari tahu dulu yuk seperti apa karakteristik kaos tactical dan juga bahan kain yang biasa digunakan untuk membuatnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kaos Tactical

Kaos tactical merupakan kaos yang memiliki gaya army look dan sangat cocok digunakan untuk memberi kesan gagah dan maskulin pada penampilan pemakainya. Sama halnya dengan kemeja tactical, kaos tactical sendiri secara umum juga dapat dibedakan dalam dua macam varian:

  • Pertama ada kaos tactical BDU yang biasa dibuat dari dua material berbeda untuk tubuh dan lengannya, kemudian dilengkapi dengan banyak perekat pada bagian dada dan lengan.

Kaos Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kedua ada kaos tactical biasa yang memiliki desain lebih simple, dibuat dari bahan kaos biasa kemudian diberi tambahan sablon pada bagian tertentu.

Kaos Tactical

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Bahan Untuk Kaos Tactical

Untuk pilihan bahannya, beberapa contoh bahan kain yang sering digunakan untuk membuat kemeja tactical antara lain berupa bahan kaos Cotton Combed (30s, 24s dan 30s), Cotton Carded, TC, bahan kaos PE dan bahan lain yang sejenis.

1. Cotton Combed

Cotton combed merupakan bahan kaos yang terbuat dari bahan serat kapas. Kain ini umumnya memiliki karakteristik yang halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).

Kaos Tactical

Sumber : https://www.asmc.com/

Berdasarkan ukuran beratnya kain cotton combed ini tersedia dalam berbagai macam ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s.

  • Cotton Combed 20s

Cotton combed 20s terbuat dari benang berukuran 20. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Beberapa variasi bahan cotton combed 20s yang bisa dipakai untuk membuat kaos tactical yaitu:

  • Cotton Combed 24s

Cotton combed 24s terbuat dari benang berukuran 24. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Beberapa variasi bahan cotton combed 24s yang bisa dipakai untuk membuat kaos tactical yaitu:

  • Cotton Combed 30s

Cotton combed 30s terbuat dari benang berukuran 30. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Beberapa variasi bahan cotton combed 30s yang bisa dipakai untuk membuat kaos tactical yaitu:

2. Cotton Carded

Cotton carded merupakan bahan kaos yang dirajut dari benang-benang berbulu karena masih banyak mengandung serat kapas yang pendek. Kualitasnya pun berada sekelas dibawah katun combed.

Kaos Tactical

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Berdasarkan ukuran beratnya kain cotton carded ini tersedia dalam berbagai macam ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s.

  • Cotton Carded 20s

Cotton carded 20s memiliki gramasi antara 180 sampai 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

  • Cotton Carded 24s

Cotton carded 24s memiliki gramasi antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.  Beberapa variasi bahan cotton carded 20s dan 24s yang bisa dipakai untuk membuat kaos tactical yaitu:

  • Cotton Carded 30s

Cotton carded 30s memiliki gramasi antara 180 sampai 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Beberapa variasi bahan cotton carded 30s yang bisa dipakai untuk membuat kaos tactical yaitu:

3. Bahan Kaos TC

Bahan kaos TC atau tetoron cotton merupakan sejenis bahan kain yang berbuat dari campuran serat polyester dan juga cotton. Karena itulah “tetoron cotton” dapat juga diartikan “polyester cotton”.

  • Kelebihan pertama yang dimiliki bahan kaos TC yakni bahannya kuat dan tahan lama.
  • Secara tampilan bahan kaos TC tidak mudah kusut bahkan saat diremas, sehingga saat dipakai akan selalu tampak rapi.
  • Selain kuat dan tidak mudah kusut, bahan kaos TC juga tidak mudah melar.

Kaos Tactical

Sumber : https://www.survival-tacgear.com/

4. Bahan Kaos PE

Bahan kaos PE (polyester) pada dasarnya termasuk kedalam jenis bahan sintetis yang dibuat dari material polyester. Untuk pembuatan kaos sendiri, bahan PE ini dapat dibagi menjadi dua macam, diantaranya berupa PE single dan PE double (ketebalannya hampir setara TC).

  • Rajut Polos (Single Knit)

Rajut polos atau single knit, merupakan jenis rajutan yang memiliki permukaan rata pada sisi bagian atas dan berbeda di bagian bawah, sehingga tidak bisa dikenakan secara bolak balik.

  • Rajut Rangkap (Double Knit)

Rajut rangkap atau double knit secara keseluruhan memiliki permukaan atas dan bawah yang sama sehingga dapat dipakai bolak-balik.

Kaos Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa variasi bahan kaos PE yang bisa dipakai untuk membuat kaos tactical yaitu:

5. Bahan Ripstop

Selain dibuat dari sejumlah bahan kaos yang sudah disebutkan di atas, untuk variasi lengannya  kaos tactical BDU biasanya juga dilengkapi dengan bahan ripstop yang memiliki tekstur kotak-kotak.

Kaos Tactical

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk mendapatkan bahan ripstop berkualitas anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain TR Ripstop Motif Loreng yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kaos tactical dan jenis-jenis bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan bahan kaos tactical yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.