Article

Homepage Article Fesyen Muslim 9 Tips Simpel Memilih dan…

9 Tips Simpel Memilih dan Mengenakan Hijab Segi Empat Agar Tidak Mudah Lepek

Membentuk lengkungan hijab di bagian dahi agar selalu tegap, rapi dan anti lepek memang bukan perkara mudah. Sebab untuk mendapatkan tampilan hijab yang sedemikian sempurna pada prinsipnya terdapat banyak sekali hal yang harus diperhatikan, mulai dari pemilihan bahan hijab, inner hijab hingga aksesoris pelengkapnya.

Buat anda yang selama ini masih sering dibuat ribet karena hijab yang anda kenakan tidak sesuai dengan tampilan yang diharapkan ada baiknya bila anda menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai rangkuman tips memilih dan mengenakan hijab agar tidak mudah lepek yang bisa anda terapkan ke dalam gaya sehari-hari.

Kenali Jenis Bahan Hijab

Untuk mendapatkan hijab segi empat yang sesuai dengan kebutuhan anda, sebaiknya kenali dulu berbagai jenis dan karakteristik bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat hijab.

  1. Bahan hijab yang baik umumnya dapat menyerap keringat dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.
  2. Bahan hijab segi empat yang baik mestinya mudah dibentuk.  
  3. Untuk kriteria jenis bahan hijab yang terakhir anda bisa memilih bahan kain yang sesuai dengan bentuk wajah.

Hijab Wanita

Sumber : https://elitakerudung.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan pilihan bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat hijab segi empat inipun juga sangat beragam. Beberapa jenis bahan yang dimaksud antara lain berupa:

  1. Kain paris yang memiliki sifat lembut dan halus. Kain paris sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi dua yakni paris dari material rayon dan kain paris dari material katun.
  2. Kain sutra yang juga sering disebut sebagai ratunya kain. Bahan kain ini juga menjadi salah satu jenis bahan terbaik yang diminati oleh banyak orang karena mampu memberikan kesan mewah.
  3. Cashmere yang terbuat dari serat binatang yaitu domba cashmere yang banyak dijumpai di dataran tinggi Kashmir India.
  4. Kain chiffon yang memiliki karakteristik ringan, lembut, transparan, serta tidak mudah kusut. Karena tipis bahan hijab wanita ini harus selalu dikenakan bersama inner hijab.
  5. Kain ceruti yang memiliki karekterisik seperti chiffon namun teksturnya cenderung lebih lembut dan mudah dibentuk.
  6. Kain satin yang memiliki ciri khas permukaan mengkilap, halus dan licin sehingga memberi kesan mewah.
  7. Kain linen yang memiliki kemampuan untuk menghangatkan di musim dingin namun juga bersifat menyejukkan di musim panas.
  8. Kain voal atau turkish voile yang memiliki kandungan 100% katun tipis. Kain ini sering disebut juga sebagai hijab paris tapi dalam versi yang lebih “premium”.
  9. Kain maxmara yang memiliki karakteristik sangat lembut, terasa agak licin, dan yang pasti tidak menerawang walaupun kelihatannya tipis.
  10. Bahan polycotton yang dibuat dari gabungan bahan sintetis polyester dengan serat katun (cotton).
  11. Kain hycon yang memiliki bentuk fisik seperti chiffon tetapi sedikit lebih tebal. Hand feel hycon juga terasa sedikit lebih lembut dibandikgkan chiffon.
  12. Kain voile yang mempunyai sifat hampir sama dengan hycon yaitu halus dan lembut. Beberapa ada yang terbuat dari bahan kain katun, linen, rayon, sutera, maupun polyester.
  13. Kain diamond yang memiliki tekstur agak kasar dan seperti berpasir jika dipegang.
  14. Bahan rawis yang cukup populer karena memiliki ujung yang dirawis atau tanpa jahitan. Kain ini umumnya dibuat menggunakan mesin jahit khusus rawis.
  15. Kain corn skin yang tampak berongga-rongga seperti halnya serat jagung tapi lebih halus dan lembut saat diraba dengan telapak tangan.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.sorabel.com/

Mau tahu lebih banyak lagi tentang Ragam Model dan Jenis-Jenis Kain Untuk Hijab?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

Merawat Rambut

Biasakan untuk melakukan perawatan rutin pada rambut anda sekalipun tidak terlihat oleh orang lain, kondisi rambut yang sehat secara otomatis akan membuat kulit kepala anda juga sehat dan terhindar dari bau tidak sedap yang tercium dari luar hijab. 

  1. Rambut dan kulit kepala sehat secara keseluruhan akan mempengaruhi produksi keringat di kepala.
  2. Untuk mencegah timbulnya bau yang tidak sedap disarankan untuk selalu keramas secara teratur.
  3. Pilihlah rekomendasi shampoo untuk berhijab yang cocok dengan jenis rambut supaya kulit kepala anda tetap terjaga kelembabannya.

Hijab Wanita

Sumber : https://muslimvillage.com/

Keringkan Rambut

Sebisa mungkin hindari kebiasaan memakai hijab wanita saat rambut masih dalam keadaan basah meskipun keramas memang menjadi salah satu perawatan wajib untuk menjaga rambut dan hijab agar tidak mudah lepek. 

  1. Aturlah waktu keramas sebaik mungkin supaya rambut anda tidak lagi basah ketika hendak menggunakan hijab.
  2. Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan perawatan rambut dengan cara keramas minimal dua kali dalam seminggu
  3. Rambut yang basah akan membuat hijab tampak lepek dan kurang menarik, untuk mengeringkannya sesekali anda dapat memakai hairdyer. 

Hijab Wanita

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Hindari Parfum Menyengat

Menambahkan parfum yang terlalu menyengat sebenarnya tidak memberikan manfaat yang begitu besar. Sebab ketika parfum yang anda tambahkan pada hijab wanita bercampur dengan keringat dari kulit kepala, yang ada justru hijab anda akan jadi berbau tidak sedap dan dapat mengganggu kenyamanan diri sendiri maupun orang lain.

Kenakan Hijab Sesuai Kegiatan

Sebisa mungkin kenakan hijab wanita sesuai kegiatan yang anda lakukan untuk mencegahnya agar tidak mudah lepek. Hal ini penting untuk anda perhatikan karena salah dalam memilih hijab justru akan membuat anda jadi tidak nyaman.

  1. Jangan menggunakan hijab wanita yang memiliki banyak detail, licin dan mengkilap untuk kegiatan sehari-hari.
  2. Hijab dengan banyak detail dan licin mudah sekali rusak sehingga akan membuat tampilannya tampak lepek dan tidak rapi saat dipakai dalam banyak kegiatan.

Sebagai bahan pertimbangan anda bisa juga memilih satu diantara beberapa model hijab segi empat yang banyak dijual di pasaran. Beberapa contoh model hijab segi empat yang dimaksud antara lain berupa: 

  1. Hijab rawis suare yang sangat terkenal di kalangan remaja. Model hijab rawis square ini sangat cocok dipakai saat aktifitas sehari-hari seperti sekolah, kuliah atau kerja.
  2. Hijab segi empat syari yang memiliki potongan cukup besar karena ukuran hijab segi empat syari yang memang dibuat lebih lebar.
  3. Hijab segi empat tassel yang memiliki ciri khas berupa tambahan tassel dari bahan wool pada sisi hijab.
  4. Hijab segi empat biasa yang memiliki bentuk dan potongan standar. Model hijab ini kebanyakan dibuat dari bahan katun atau bahan lain yang tidak menerawang.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.ebay.com/

Merawat Hijab Dengan Benar

Mengetahui cara mencuci, menyetrika, menggantung dan menyimpan hijab segi empat yang baik dan benar akan membuat anda lebih mudah untuk merawat koleksi hijab yang anda miliki.

  1. Mencuci hijab sesuai bahan kain yang digunakan untuk membuatnya menjadi salah satu langkah paling mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah hijab agar tidak mudah lepek.
    • Sebelum melakukan proses pencucian lebih baik pisahkan dulu hijab segi empat anda dengan pakaian yang berbahan tebal seperti jeans dan lainnya.
    • Hijab segi empat pada umumnya bisa dicuci dengan detergen bubuk. Tapi ingat, sebaiknya biasakan untuk mencuci hijab segi empat dengan menggunakan tangan.
    • Hindari kebiasaan mencuci hijab dengan menggunakan mesin cuci, karena cara ini hanya akan membuat hijab jadi mudah lepek.
    • Untuk menjaga kebersihan dan bau hijab agar tetap segar anda dapat mencampurkan sedikit cuka ketika melakukan proses pencucian.
  2. Setelah selesai mencuci, segera jemur model hijab segi empat anda ditempat yang lumayan teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung agar warna hijab tidak pudar dan kainnya juga tidak mudah rusak.
  3. Bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuatnya hijab segi empat umumnya dapat disetrika asalkan suhunya tidak terlalu panas. Kalau anda sedikit ragu maka anda bisa melapisi hijab dengan bahan lain saat menyetrikanya.
  4. Menyetrika hijab juga harus benar agar hijab segi empat selalu tampak rapi dan tidak mudah kusut. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan yaitu setrika seluruh bagian permukaan hijab baru dilipat.  
  5. Untuk menyimpan hijab segi empat anda bisa menggantungnya menggunakan gantungan khusus hijab dan menempatkannya di lemari khusus.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Menggunakan Inner Hijab

Menggunakan inner yang tepat akan membuat hijab yang anda pakai tampak lebih bagus dan mudah untuk dibentuk. Tapi ingat untuk alasan kenyamanan pastikan anda rutin mengganti inner hijab tersebut setiap hari agar hijab segi empat yang anda pakai tidak jadi berbau dan terhindar dari lepek.

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari penggunaan inner hijab diantaranya:

  1. Inner hijab dapat dipakai untuk menjaga hijab agar tidak mudah bergeser karena bersentuhan dengan rambut yang licin.
  2. Inner hijab berperan penting untuk menutupi rambut dan mencegah ujungnya mencuat pada saat menggunakan hijab yang berpori cukup besar atau berbahan tipis.
  3. Keberadaan inner hijab dalam berbagai variasi bentuk dan ukuran dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan bentuk wajah sehingga diperoleh tampilan yang lebih seimbang.
  4. Inner hijab mampu menyerap keringat dan menjaga kelembaban kulit kepala, sehingga mampu meminimalisir timbulnya ketombe dan membuat kulit kepala tetap nyaman.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.blibli.com/

Beberapa contoh inner hijab yang dapat anda pakai sebagai pelengkap penampilan diantaranya:

  1. Ciput arab atau bandana yang bentuknya menyerupai bando namun berukuran lebih besar sehingga sangat sesuai untuk digunakan bagi wanita yang berwajah panjang.
  2. Ciput pet berukuran kecil juga dapat digunakan untuk menyamarkan bentuk wajah yang panjang yaitu dengan cara memakainya sebagai penutup telinga.
  3. Ciput ninja multifungsi yang berbentuk simpel seperti bero ini dapat dikombinasikan dengan model kerudung yang bersifat formal.
  4. Ciput cepol yang dilengkapi dengan penambahan cepol pada bagian atas maupun bagian tengkuk sehingga sangat sesuai untuk wanita yang berambut pendek.
  5. Bergo pendek untuk menutupi bagian leher dan bahu pada penggunaan kerudung yang tipis dan transparan sehingga tampilan yang dihasilkan jadi terkesan lebih tertutup.
  6. Ciput renda dari bahan elastis yang dapat dipakai mengikuti bentuk kepala pemakainya.

Semprotkan Hairspray

Untuk memberikan efek lengkung yang lebih tegap, rapi dan anti lepek tidak ada salahnya bila anda menyemprotkan hairspray dari berbagai merek pada lipatan hijab yang terletak di bagian dahi. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mencoba trik ini yaitu:

  1. Pertama-tama setrika terlebih dulu hijab yang akan anda gunakan supaya tidak ada bekas lipatan yang bikin hijab susah dibentuk.
  2. Selesai disetrika lipat dulu hijab wanita menjadi berbentuk segitiga lalu semprotkan hairspray di atasnya.
  3. Semprotkan hairspray dibagian tengah hijab, bagian yang dimaksud yaitu bagian yang nantinya akan melengkung dibagian dahi.
  4. Semprotkan hairspray dengan bentuk agak lebar dibagian depan lalu semakin mengerucut ke belakang.
  5. Sesudah menyemprotkan hairspray diamkan hijab wanita hingga setengah kering.
  6. Setelah setengah kering bentuk hijab sesuai bentuk wajah anda namun jangan sampai bagian yang sudah disemprot hairspray itu terlipat.
  7. Tunggu hijab wanita sampai benar-benar kering sebelum anda menggunakannya untuk beraktifitas agar bentuk lengkungan hijabnya tetap bagus.
  8. Hindari menggunakan helm agar hijab wanita yang anda pakai tidak berubah bentuk.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

Untuk alasan kenyamanan gunakan wangi hairspray yang sesuai dengan kebutuhan anda tapi kalau mau aman sebaiknya hindari wangi hairspray yeng terlalu menyengat. Meski menggunakan hairspray bahan kimianya tidak akan merusak bahan dari hijab yang anda kenakan. Bahan kimia dari harispray umumnya akan hilang setelah hijab dicuci.

Gunakan Peniti, Jarum Pentul dan Bros

Menggunakan peniti, jarum pentul dan bros ketika memakai hijab segi empat akan membuat bentuknya tetap terjaga dengan baik dan senantiasa tampak rapi. Selain itu, dengan ketiga benda tersebut hijab segi empat juga tidak akan mudah terlepas dan tidak berubah bentuk.

Hal terpenting yang harus diingat ketika anda ingin menggunakan peniti, jarum pentul dan bros adalah sesuaikan ukuran peniti, jarum pentul dan bros dengan kekuatan bahan hijab.

  1. Jangan menggunakan peniti maupun brosyang berukuran ekstra besar saat mengenakan hijab chiffon karena bekas tusukan jarum yang ditinggalkan akan terlihat begitu jelas.
  2. Hindari pula penggunaan peniti untuk menyemat lipatan hijab yang terlalu tebal karena bisa menimbulkan lubang lebih banyak.
  3. Bila sahabat Fitinline ingin menggunakan bros, sebaiknya periksa kembali jenis peniti yang terdapat pada bros tersebut. Salah dalam memilih bros bisa saja membuat hijab wanita menjadi rusak karena berlubang.
  4. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan jarum pentul, sebisa mungkin hindari pemakaian jarum pentul yang bengkok atau berkarat. Selain merusak bentuk jahitan efek karat yang kasar juga bisa meninggalkan noda pada hijab.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan hijab anda bisa juga mengganti jarum pentul dengan alat yang namanya clip hijab, semacam alat berukuran kecil yang didesain khusus untuk mengikatkan ujung hijab.

  1. Clip hijab memiliki beberapa bentuk dan ciri khas pada bandul di kedua ujungnya.
  2. Dengan material metal yang kuat, clip hijab ini mampu mempertahankan bentuk hijab sehingga tampilannya menjadi lebih rapi dan tidak bergeser.
  3. Selain digunakan di bawah clip hijab sebenarnya juga bisa dipakai seperti layaknya jepitan rambut. Khusus untuk anda yang suka mengkreasikan gaya jilbab, anda bisa menggunakan clip hijab ini sebagai aksen belah samping.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memakai hijab segi empat agar bentuk lengkungannya tetap tegap, rapi dan anti lepek yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak informasi penting terkait dengan dunia desain fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.