Article

Homepage Article Jahit Menjahit Perbedaan Posisi Kancing…

Perbedaan Posisi Kancing Kemeja Pria dan Wanita

Kancing merupakan sebuah alat kecil berbentuk pipih dan bundar yang biasa dipasangkan pada jas, blus, kebaya, bagian belakang gaun, kemeja serta ujung lengan pakaian untuk menyatukan dua helai kain yang saling bertumpukan. Meski sepintas terlihat sama namun pernahkah anda memperhatikan perbedaan posisi kancing yang terdapat pada kemeja pria maupun kemeja wanita. 

Kancing Pada Kemeja

Sumber : http://windowseat.ca/

Perbedaan tata letak kancing pada bagian kiri dan kanan pakaian tersebut awalnya dibuat pada era Renaissance dan Victorian di Eropa. Berdasarkan cerita yang berkembang, pakaian berkancing pada masa tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Desain dan variasinya pun cenderung lebih rumit jika dibandingkan dengan model pakaian yang biasa kita kenakan saat ini. 

Kancing Pada Kemeja

Sumber : http://styleengine.com/

Oleh sebab itulah ketika hendak menghadiri pesta maupun pertemuan sosial para wanita dari kalangan bangsawan biasanya akan membutuhkan orang lain untuk membantu mereka saat berpakaian. Untuk memudahkan para asisten dalam mengancingkan baju, para perancang busana kemudian memindahkan kancing pakaian tersebut pada sisi yang berlawanan. 

Kancing Pada Kemeja

Sumber : http://bajugrosirjogja.com/

Sementara arah pemasangan kancing pada pakaian pria dibiarkan tetap dan tidak perlu dibalik karena para pria sudah terbiasa untuk mengenakan pakaian mereka sendiri. Begitulah awal mula mengapa kancing baju pada pakaian pria dan wanita memiliki arah yang tidak sama.

Kancing Pada Kemeja

Sumber : http://www.knowledgevillage.in/

Penempatan kancing kemeja yang berlawanan arah ini juga sering dikaitkan dengan kebiasaan para pria yang lebih sering menggunakan tangan kanan untuk memegang senjata pada masa peperangan. Posisi kancing yang berada di sebelah kanan memungkinkan mereka untuk mengambil senjata yang disembunyikan di balik baju dengan mudah.

Kancing Pada Kemeja

Sumber : http://bonisun.en.made-in-china.com/

Sumber lain menyebutkan jika posisi kancing kemeja wanita yang diciptakan di sebelah kiri bertujuan untuk mempermudah seseorang saat membuka dan menutup kembali pakaian mereka sebelum atau setelah menyusui ketika berada di tempat umum. Sebab sebagain besar wanita lebih terbiasa menggendong bayi di sebelah kiri. 

Kancing Pada Kemeja

Sumber : http://blog.shopious.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.