Bidal

Untuk menghasilkan sebuah busana maupun produk desain baju yang berkualitas diperlukan banyak sekali perlengkapan menjahit yang secara tidak langsung dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembuatan busana dan kegiatan jahit menjahit lainnya. Salah satunya yaitu berupa bidal atau thimble. 

Bidal

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Bidal atau tudung jari merupakan alat bantu menjahit, menyulam, dan quilting yang terbuat dari plastik atau logam. Fungsi utamanya adalah untuk melingungi jari tangan agar tidak terasa sakit atau terluka karena menekan jarum. 

Bidal

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Seperti halnya jarum jahit yang biasa digunakan untuk menjahit bidal juga tersedia dalam berbagai macam nomor atau ukuran. Mulai dari bidal yang berukuran kecil, bidal yang berukuran standar, hingga bidal yang berukuran besar. 

Bidal

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Dari sekian banyak variasi bidal yang didesain khusus untuk membantu proses menjahit, bidal berukuran sedang merupakan salah satu jenis bidal yang paling banyak digunakan oleh penjahit.  

Bidal

Sumber : http://pesertadidikcerdas.blogspot.co.id/

Bila anda sudah terlajur membeli bidal berukuran sedang namun masih terkesan agak kebesaran, maka anda bisa mensiasatinya dengan cara melilitkan kain pada jari anda sebelum dimasukan dalam cekungan bidal.

Bidal

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Meskipun memiliki bentuk yang cukup minimalis namun peralatan kecil ini ternyata sangat membantu dalam proses quilting. Sebab dengan penggunaan bidal tersebut kecelakaan kerja yang dapat diakibatkan oleh tusukan jarum jahit bisa diminimalisir sedini mungkin.

Bidal

Sumber : http://simplyhandquilting.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.