Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Sukses Menjadi Seorang…

7 Tips Sukses Menjadi Seorang Fashion Illustrator

Peran fashion illustrator dalam dunia fashion tidak dapat dipungkiri memang sangat dibutuhkan terutama dalam penggambaran busana. Karenanya jika anda punya ketertarikan tersendiri untuk menjadi seorang fashion illustrator penting bagi anda untuk menguasai beberapa keterampilan dasar sebagai berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Illustrator

Fashion illustrator merupakan salah satu profesi di bidang fashion yang memiliki peran sangat penting untuk membuat gambar yang menarik dari sebuah busana / rancangan busana. Dalam hal ini seorang fashion illustrator biasanya akan lebih sering bekerja untuk sebuah majalah, buku, advertising dan media lainnya yang berhubungan fashion campaign.

Fashion Illustrator

Sumber : https://id.pinterest.com/

Perbedaan paling mencolok antara fashion illustrator dengan fashion designer yaitu:

  • Fashion illustrator tugasnya hanya membuat ilustrasi yang menarik dan tidak punya tanggung jawab untuk membuat desain menjadi nyata.
  • Seorang fashion designer bertanggung jawab untuk membuat rancangan mode dari awal hingga hasil akhirnya.

Fashion Illustrator

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tanggung Jawab Fashion Illustrator

Layaknya profesi di bidang fashion yang lainnya, fashion illustrator pada prinsipnya juga memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri. Beberapa tugas dan tanggung jawab yang dimaksud antara lain berupa:

  • Melakukan riset pasar terkait tren fashion terbaru.
  • Memberikan ide atau konsep desain berdasarkan pada aspek fungsi estetika, bahan baku, teknik desain dan tren gaya hidup masa kini.
  • Berfikir kreatif untuk menerjemahkan sebuah koleksi para desainer dengan gaya mereka sendiri.
  • Membuat illustrasi desain yang bertujuan untuk memperjelas sebuah tulisan.
  • Membuat illustrasi desain semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat.

Fashion Illustrator

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk dapat melakukan tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas tentunya seorang fashion illustrator juga harus memiliki keahlian atau keterampilan khusus yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Tips Menjadi Fashion Illustrator

Tertarik untuk menekuni profesi fashion illustrator?. Jika anda ingin menjadi fashion illustrator yang handal maka pastikan anda memenuhi beberapa syarat berikut.

1. Mengikuti Trend Fashion Terbaru

Syarat pertama seorang fashion illustrator harus memahami fashion dan mengikuti perkembangan trend fashion yang sedang berkembang dan melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mendalami seluk beluk fshion dan trend yang berkembang yaitu:

  • Mempelajari tentang sejarah fashion secara menyeluruh.
  • Melihat apa yang ditampilkan model di runway.
  • Telusuri banyak karya seni lain dan hal-hal kreatif untuk inspirasi dalam pembuatan desain.

Fashion Illustrator

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Punya Keterampilan Visualisasi Yang Kuat

Fashion illustrator harus mempunyai imajinasi yang luas dan keterampilan visualisasi yang kuat untuk menerjemahkan sebuah koleksi para desainer dengan gaya mereka sendiri.

3. Paham Unsur-Unsur Desain

Memahami unsur-unsur desain illustrasi, seperti garis, bentuk, warna dan tekstur juga menjadi salah satu pertimbangan yang wajib dipahami dengan benar.

  • Unsur garis (lines) dapat digunakan manusia dalam mengungkapkan perasaan / emosi.
  • Unsur bentuk (shape) sebagai hasil hubungan dari beberapa garis yang mempunyai area atau bidang dua dimensi.
  • Unsur warna (color) berfungsi sebagai penambah nilai keindahan dan daya tarik pada suatu desain.
  • Unsur tekstur (texture) merupakan unsur yang terlihat pada permukaan benda.

4. Paham Prinsip dan Elemen Desain

Fashion illustrator harus paham mengenai elemen dan prinsip desain, seperti titik, garis, bentuk, warna, bidang, kesatuan, keseimbangan, penekanan, proporsi dan ritme. Karena prinsip tersebut nantinya akan diterapkan saat proses pembuatan bahan kain.

Fashion Illustrator

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Membangun Networking Yang Baik

Untuk mendapatkan pekerjaan, fashion illustrator harus bisa membangun networking, menjalin komunikasi dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, seta melakukan negosiasi ketika bekerja sama dengan client.

  • Dalam menjalani profesi illustrator penuhi ekspektasi para client untuk menjaga hubungan yang baik dengan mereka.
  • Selalu jaga komunikasi dan transparansi agar ekspektasi dan keinginan client dapat tersampaikan dengan baik.
  • Selalu penuhi deadline alias tenggang waktu yang telah ditentukan bersama agar client tertarik untuk mengajak anda bekerja sama kembali.

6. Asah Skill Untuk Mendesain

Untuk menghasilkan desain yang berkualitas asah skill atau keterampilan yang dibutuhkan dalam membuat desain illustrasi, baik secara artistik maupun secara teknis.

  • Secara artistik anda perlu memiliki kemampuan dalam membuat ilustrasi berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, namun tetap sesuai dengan prinsip visual, seperti warna dan komposisi.
  • Secara teknis anda perlu menguasai tools yang dapat membantu anda menghasilkan karya ilustrasi dengan kualitas terbaik.

Fashion Illustrator

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk mengasah kemampuan ini anda bisa mengambil berbagai kelas di sekolah seni secara formal atau mengikuti kursus desain yang diadakan oleh lembaga non formal.

Bila anda punya ketertarikan dengan dunia illustrator digital misalnya, maka wajib hukumnya bagi anda untuk menguasai software desain yang bisa memudahkan anda dalam membuat desain illustrasi.

7. Buat Portofolio Yang Menarik

Buat portofolio untuk memamerkan hasil desain yang sudah anda buat sebelumnya. Biar hasilnya makin menarik jangan hanya memasukkan karya-karya terbaik anda di portofolio, tetapi tambahkan pula deskripsi singkat untuk menggambarkan proses kreatif yang anda lakukan dalam menyelesaikan karya ilustrasi tersebut.

Fashion Illustrator

Sumber :  https://id.pinterest.com/

Beberapa hal paling penting yang fashion illustrator harus latih atau kembangkan jika ingin membuat portofolio yang kuat diantaranya:

  • Pahami tentang bentuk manusia dan dasar-dasar menggambar anatomi dalam berbagai pose.
  • Pahami seperti apa bentuk lipatan kain, bagaimana pakaian tergantung dan batas jenis-jenis bahan tekstil yang berbeda.
  • Ketahui bagaimana cara membuat gambar illustrasi yang menarik berdasarkan jenis bahan tekstil yang berbeda. Pelajari juga bagaimana ilustrator lain mengerjakan tekstur di dalam karya desain mereka.
  • Cari tahu bagaimana keras atau lembutnya tiap-tiap kain.
  • Cari tahu bagaimana rasa tekturnya, apakah tembus cahaya atau tidak tembus.
  • Cari tahu kain mana yang biasanya digunakan untuk gaya atau kesempatan berpakaian tertentu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keahlian atau keterampilan khusus yang harus dimiliki seorang fashion illustrator. Yang pasti untuk menjadi seorang fashion illustrator yang handal kemampuan menggambar saja tidak cukup, tetapi anda juga harus bisa menjalin komunikasi dan melakukan negosiasi ketika bekerja sama dengan client.

Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis profesi lain yang masih ada hubungannya dengan dunia fashion simak juga pembahasan mengenai 21 Profesi di Dunia Fashion dan Peran Masing-Masing.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.