Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Tips Penting Memilih Ritsleting…

7 Tips Penting Memilih Ritsleting Sesuai Kebutuhan

Dalam kegiatan produksi pakaian, jaket, celana, tas ataupun koper tentu kita tidak bisa lepas dari salah satu bahan yang disebut resleting atau zipper. Lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ritsleting yang tepat sesuai dengan kebutuhan?.

Memilih Ritsleting

Sumber : https://www.ebay.com/

Karena tiap-tiap ritsleting dibuat sesuai dengan kondisi yang berbeda, maka saat membeli ritsleting semestinya anda juga harus mempertimbangkan dengan baik beberapa hal berikut.

  1. Ketahui terlebih dahulu dimana ritsleting akan digunakan, apakah untuk jaket, jas hujan, celana jeans, blouse, gamis, atau keperluan lain. Jika anda sudah tahu apa yang anda butuhkan, maka selanjutnya anda bisa lebih mudah untuk mencarinya.
  2. Pilih merek ritsleting yang sudah terpercaya dan sudah teruji bagus. Kalau anda ingin mendapatkan ritsleting yang berkualitas tapi harganya relatif terjangkau anda bisa melihat-lihat dulu katalog produk kami Di Sini.
  3. Sesuaikan warna ritsleting dengan produk yang sedang anda buat. Kalau tidak menemukan warna yang benar-benar sama anda bisa menggunakan warna ritsleting yang relatif netral atau paling tidak mendekati warna utama bahan.
  4. Ukur seberapa panjang ritsleting yang anda butuhkan. Jika ritsleting yang dibutuhkan cukup banyak, sebaiknya pilih saja ritsleting yang dijual dalam bentuk meteran. Setelah itu anda tinggal membeli dan memasang kepala ritsleting sendiri.
  5. Untuk mendapatkan resleting dengan kualitas terbaik perhatikan pula jenis gigi yang terpasang pada pita resleting.
    • Gunakan plastic zipper untuk membuat bukaan jaket, mantel, maupun tas.
    • Gunakan coil zipper untuk membuat bukaan rok (skirts) dan celana bahan.
    • Gunakan invisible zipper  untuk membuat bukaan blouse dan gaun (dresses).
    • Gunakan waterproof zipper untuk membuat bukaan pakaian selam dan jas hujan.
    • Gunakan fireproof zipper untuk membuat bukaan pakaian pemadam kebakaran atau produk lain seperti jok mobil.
  6. Sesuaikan ukuran gigi ritsleting dengan produk yang akan anda buat, apakah yang dibutuhkan adalah resleting dengan gigi yang besar atau sedikit lebih kecil. Ukuran resleting sendiri secara keseluruhan dapat dibagi menjadi beberapa golongan yakni #3, #5, dan #8. Semakin besar angka yang digunakan untuk menyatakan ukuran ritsleting maka semakin besar pula gigi ritsletingnya. Simak penjelasannya selengkapnya pada artikel Klasifikasi Ritsleting Berdasarkan Jenis dan Ukurannya.
  7. Pilih slider ritsleting yang bernomor sama dengan gigi gitsleting. Contoh untuk ritsleting dengan nomor  #3 sebaiknya gunakan pula slider ritsleting yang bersesuaian agar ritsleting tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Memilih Ritsleting

Sumber : https://noodle-head.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang anda jadi makin tahu kan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli ritsleting. Semoga tips yang kami bagikan bisa membantu anda untuk menemukan ritsleting yang tepat sesuai kebutuhan.

Memilih Ritsleting

Sumber : http://www.clothstory.com/

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang ritsleting anda bisa mempelajarinya melalui ebook menjahit kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.