Article

Homepage Article Tenun/Lurik Mengenal Lebih Dekat Kain…

Mengenal Lebih Dekat Kain Tenun Saori Asal Jepang

Suka memakai kain tenun buatan tangan?. Jika selama ini anda beranggapan kalau kain tenun itu semuanya memiliki pola yang jelas, mungkin anda belum pernah menemukan kain tenun saori asal jepang yang ditemukan oleh Misao Jo. Kain tenun saori dari Jepang sangatlah berbeda. 

Saori Tenun Jepang

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sejarah awal ditemukannya saori dimulai ketika Misao Ji seorang wanita asal Osaka, Jepang yang lahir pada tahun 1913 mencoba untuk menenun obi, sabuk untuk baju tradisional Jepang. Karena hasil tenun obi yang dibuatnya justru berantakan dan tidak jelas obi yang dibuatnya pun akhirnya diberi nama saori. 

Saori Tenun Jepang

Sumber : http://www.saorinomori.com/

Dalam terminologi Zen “sai” berarti kehormatan dan “ori” berarti menenun. Dengan menerapkan filosofi “setiap penenun bisa mengembangkan kreativitas tanpa batas” motif saori bisa dikreasikan sesuai imajinasi pembuatnya. Gaya bebas saori menjadikan semua orang bisa belajar tanpa pengalaman dan menenun tanpa belajar pola tertentu. 

Saori Tenun Jepang

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Hasil tenun saori juga merepresentasikan kualitas martabat seseorang. Orang yang belajar menenun saori juga bisa latihan untuk merefleksikan hati orang yang menenun. Latihan menenun saori konon bisa menjadi obat untuk mencegah seseorang berbuat jahat dan membantu penenun untuk menemukan ketenangan batin.

Saori Tenun Jepang

Sumber : https://www.craftsy.com/

Saori kini semakin populer dan mendunia karena keunikannya yakni bisa dibuat tanpa pola dan penuh warna sehingga memungkinkan seseorang menenun secara mandiri. Tapi untuk membuat kain tenun saori anda diharuskan menggunakan mesin tenun yang bernama saori. Ini adalah alat tenun buatan “Saori Japan” untuk menenun dengan gaya “saori”.

Saori Tenun Jepang

Sumber : https://id.pinterest.com/

Mesin tenun tradisional saori merupakan alat tenun yang dibuat sesederhana mungkin untuk dapat dioperasikan oleh penggunanya. Alat untuk menggulung benangnya pun dibuat dengan petunjuk sederhana. Hal itu menjadi sebuah solusi karena mesin tenun yang digunakan penenun profesional lebih rumit dan menggunakan lebih banyak benang.

Saori Tenun Jepang

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bagi desainer pemula, anda bahkan tidak perlu mengingat tekniknya. Untuk bisa membuat kain tenun saori sahabat Fitinline bisa berlatih sekitar satu minggu dan anda dijamin akan langsung terbiasa. Lebih lanjut anda juga bisa mengembangkan desain motif sesuai kreasi anda sendiri.

Saori Tenun Jepang

Sumber : https://retreatrecreate.com/

Semoga bermanfaat.

 

Kalau sahabat Fitinline tertarik untuk mempelajari lebih banyak tentang teknik dan ragam tenun tradisional yang berkembang di tanah air, anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Tenun

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.