Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Merawat Cardigan…

7 Tips Merawat Cardigan Rajut Supaya Tidak Mudah Melar

Jadi salah satu fashion item yang sering dipilih karena fleksibilitasnya dalam melengkapi berbagai gaya busana (mulai dari gaya kasual hingga gaya yang lebih formal), cardigan rajut (knit cardigan) sebenarnya sangat rentan melar jika tidak dirawat dengan cara yang tepat lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Cardigan Rajut

Cardigan rajut (knit cardigan) termasuk ke dalam jenis pakaian luar dari bahan rajutan yang biasanya memiliki desain terbuka di bagian depan, sehingga bisa dikenakan dengan mudah tanpa harus ditarik melewati kepala. Jenis rajutan yang digunakan pun dapat bervariasi, mulai dari yang ringan dan halus sampai yang lebih tebal dan kasar.

  • Cardigan rajut (knit cardigan) yang bahannya lebih ringan dan halus sangat cocok untuk cuaca hangat.
  • Cardigan rajut (knit cardigan) yang bahannya lebih tebal dan kasar sangat cocok untuk cuaca dingin.

Cardigan Rajut 

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk pilihan modelnya cardigan rajut sendiri juga dapat dijumpai dalam berbagai model yang berbeda dan bisa kamu pilih sesuai selera pribadi, kebutuhan fungsional serta estetika yang kamu inginkan. Beberapa model cardigan yang populer antara lain berupa:

  • Cardigan rajut kancing depan yang modelnya klasik dan bisa dikenakan terbuka atau tertutup.
  • Cardigan rajut terbuka yang tidak memiliki kancing atau ritsleting saa sekali sehingga saat dipakai bisa memberikan kesan lebih santai.
  • Cardigan rajut oversized yang sengaja dibuat dalam ukuran longgar dan lebih besar dari ukuran tubuh.
  • Cardigan rajut panjang yang panjangnya bisa mencapai lutut atau bahkan lebih panjang.
  • Cardigan rajut crop yang panjangnya hanya sampai pinggang atau sedikit di atas pinggang.
  • Cardigan rajut asimetris yang memiliki potongan asimetris di bagian depan atau bawah sehingga kesannya lebih modern dan edgy.

Cardigan Rajut

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Merawat Cardigan Rajut

Berbicara mengenai cardigan rajut (knit cardigan), lantas bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk merawatnya agar tetap awet dan tidak mudah melar ya?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa tips merawat cardigan rajut yang bisa kamu coba.

1. Jangan Mencucinya Terlalu Sering

Jangan keseringan mencuci cardigan rajut karena bakal bikin bahannya cepat melar dan berbulu. Kalau baru dipakai sekali atau dua kali kamu bisa menjemurnya ditempat berangin supaya bisa dipakai kembali.

  • Cuci cardigan rajut hanya saat diperlukan untuk mengurangi kerusakan karena proses pencucian yang berulang.
  • Selalu periksa label perawatan pada cardigan rajut untuk instruksi khusus yang mungkin diberikan oleh produsen.

Cardigan Rajut

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Stop mencuci cardigan rajut dengan mesin cuci, apalagi mencampurnya dengan pakaian lain yang ada kancingnya karena bisa merusak rajutan. Sebagai gantinya kamu bisa mencuci cardigan rajut dengan tangan sambil dikucek-kucek perlahan.

3. Jangan Menguceknya Terlalu Lama

Hindari kebiasaan mengucek cardigan terlalu lama, agar permukaannya tidak berbulu dan serat kainnya tidak melar. Bila dirasa ada noda yang membandel, kamu bisa mengoleskan detergen ke bagian tersebut dan membersihkannya secara perlahan hingga noda menghilang.

  • Pilih deterjen yang lembut dan memang dirancang khusus untuk pakaian yang berbahan halus seperti bahan wol.
  • Jangan gunakan pemutih atau bahan kimia keras lainnya kalau kamu tidak ingin warnanya jadi mudah luntur.

4. Jangan Gunakan Air Panas

Jangan mencuci cardigan rajut dengan air panas dapat merusak serat kain dan menyebabkan beberapa masalah lain yang cukup serius.

  • Air panas dapat menyebabkan serat rajut, terutama yang terbuat dari bahan alami seperti wol menyusut dan mengubah ukuran serta bentuk cardigan.
  • Air panas dapat menyebabkan warna cardigan mudah luntur atau memudar lebih cepat.
  • Serat cardigan rajut (knit cardigan) bisa menjadi kasar dan kehilangan kelembutannya jika sering dicuci dengan air panas.

Cardigan Rajut

Sumber : https://www.ae.com/

5. Jangan Memerasnya Terlalu Kuat

Setelah dicuci, hindari memeras atau memelintir cardigan terlalu kuat. Untuk mengeluarkan kelebihan air sebaiknya cukup tekan-tekan cardigan dengan lembut.

  • Letakkan cardigan rajut di atas handuk kering, lalu gulung handuk untuk menyerap kelembapan.
  • Setelah itu ratakan cardigan di permukaan datar, seperti rak pengering atau handuk kering lainnya untuk dikeringkan.

6. Hindari Penggunaan Mesin Pengering

Hindari penggunaan mesin pengering karena proses pengeringan yang tidak alami bisa menyebabkan penyusutan dan peregangan pada pakaian rajut, termasuk cardigan.

  • Untuk mengeringkan cardigan rajut, kamu bisa menjemurnya dalam posisi tergelar di permukaan yang rata.
  • Jangan menggantung cardigan rajut saat basah karena dapat menyebabkan serat rajutan meregang dan membuat rajutan cardigan menjadi longgar.

7. Jangan Disimpan Dengan Cara Digantung

Jangan menyimpan cardigan rajut dengan cara digantung karena bisa menyebabkan bentuknya berubah dan menjadi melar. Untuk mengantisipasi hal tersebut kamu bisa menyimpan cardigan rajut dengan cara dilipat kemudian diletakkan di tembat yang bersih dan bebas lembab.

  • Lipat cardigan rajut dengan rapi dan simpan di rak atau laci. Hindari menggantungnya dalam waktu lama karena beratnya dapat menyebabkan rajutan melar.
  • Simpan cardigan di dalam tas kain atau dengan lembaran pelindung moth untuk mencegah kerusakan oleh ngengat atau serangga lainnya.
  • Jangan menumpuk terlalu banyak pakaian di atas cardigan rajut agar bentuknya tetap terjaga.

Simak juga 11 Jenis Pakaian Ini Sebaiknya Dilipat atau Digantung.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat cardigan rajut supaya tetap awet dan tidak mudah melar. Dengan cara perawatan yang tepat, kondisi cardigan rajut kesayangan kamu pastinya akan senantiasa bagus dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat cardigan, jaket, blazer dan berbagai model outer lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan, yuk intip koleksi Bahan Kain Jaket dan Kain Seragam, Jas, Blazer terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.