Article

Homepage Article Fashion Design 11 Jenis Pakaian Ini Sebaiknya…

11 Jenis Pakaian Ini Sebaiknya Dilipat atau Digantung

Lebih suka menyimpan pakaian dengan cara dilipat atau digantung?. Meski kelihatannya sepele ternyata cara menyimpan juga sangat berpengaruh pada kualitas, penampilan dan ketahanan pakaian yang kamu miliki lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Metode Menyimpan Pakaian

Menyimpan pakaian dengan cara dilipat dan digantung, dapat dikategorikan ke dalam dua jenie metode yang paling umum digunakan untuk mengorganisir pakaian dalam almari. Namun perlu diketahui juga bahwa metode penyimpanan tersebut juga perlu disesuaikan dengan jenis dan bahan pakaian kamu.

Pakaian Yang Sebaiknya Dilipat

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja jenis-jenis pakaian yang sebaiknya disimpan dengan cara dilipat?. Berikut beberapa contoh model pakaian yang lebih baik disimpan dengan cara dilipat.

1. T-shirt atau Kaos

Pertama ada t-shirt atau kaos yang memiliki sifat stretch atau elastisitas karena bahannya dapat meregang dan kembali ke bentuk asalnya setelah ditarik. Alasan mengapa melipat kaos dianggap sebagai metode penyimpanan yang baik yaitu:

  • Melipat kaos bisa menghindari kemungkinan stretching pada bahan kain.
  • Melipat kaos dengan benar bisa membantu mencegah terbentuknya kerutan pada bahan.
  • Melipat kaos bisa membantu menghemat ruang penyimpanan dan memungkinkan kamuuntuk menyimpan lebih banyak pakaian dalam ruang yang terbatas.
  • Melipat kaos bisa membuat almari lebih terorganisir dan memberikan kesan estetika yang lebih baik.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://wedolaundry.ca/

2. Sweater dan Rajutan Tebal

Kedua ada sweater dan pakaian berbahan rajutan tebal yang sebaiknya dilipat bukan digantung.

  • Melipat sweater dengan benar dapat mencegah peregangan bahan yang merusak tekstur pakaian rajutan.
  • Melipat sweater memungkinkan kamu untuk menyusunnya dalam tumpukan yang rapi dan menghemat ruang penyimpanan dalam lemari atau laci.
  • Melipat  sweater efektif diterapkan untuk memastikan bahwa pakaian tersebut tidak kehilangan bentuk yang mungkin terjadi jika digantung.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://global.llbean.com/

3. Hoodie Jumper

Ketiga ada hoodie jumper yang kualitasnya bisa menurun dan berpotensi mengalai perubahaan bentuk jika digantung. Karena alasan itu maka sebaiknya lipat hoodie jumper dengan cara slipat agar pakaian tersebut bisa dipakai untuk waktu yang lebih lama.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Celana Jeans

Keempat ada celana jeans yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni berupa kain denim yang tebal dan kokoh. Alasan mengapa melipat celana jeans dianggap sebagai metode penyimpanan yang baik yaitu:

  • Melipat celana jeans dengan benar dapat membantu mempertahankan detail desain atau lipatan yang diinginkan.
  • Melipat celana jeans dapat meminimalkan gesekan antara bagian dalam celana dan membantu mempertahankan warna asli pada celana.
  • Melipat celana jeans memungkinkan kamu untuk menyusunnya dalam tumpukan yang rapi dan menghemat ruang penyimpanan di almari atau laci.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

5. Legging dan Celana Casual

Kelima lipat celana casual sehari-hari seperti legging, yoga pants, celana training untuk membantu mempertahankan bentuk asli celana dan menghindari penurunan elastisitas pada pinggangnya.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://www.blibli.com/

6. Pakaian Dalam

Keenam ada pakaian dalam seperti halnya bra, celana dalam, singlet dan kaus kaki yang lebih baik dilipat daripada digantung. Selain menghemat ruang penyimpanan di almari atau laci, melipat pakaian juga bisa membantu mempertahankan bentuk asli pakaian dalam.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://shopee.co.id/

Pakaian Yang Sebaiknya Digantung

Sementara untuk pakaian yang sebaiknya disimpan dengan cara digantung dibandingkan disimpan dengan cara dilipat antara lain berupa:

1. Pakaian Formal

Pertama ada pakaian formal seperti layaknya setelan jas, blazer, pants suit dan berbagai pakaian formal lainnya. Alasan mengapa menggantung pakaian formal dianggap sebagai metode penyimpanan yang baik yaitu:

  • Menggantung pakaian formal bisa membantu menjaga bentuknya agar tetap terlihat rapi.
  • Menggantung pakaian formal bisa membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyetrika dan membuat pakaian tetap tampak segar.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://www.walmart.com/

2. Dress dan Gaun

Kedua ada dress dan gaun dari bahan satin atau sutra yang sebaiknya digantung untuk mencegah timbulnya kerutan yang dapat merusak tampilan pakaian. Tapi ingat pastikan gantungan baju yang kamu pakai sesuai dengan model pakaian yang kamu miliki.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://www.brides.com/

3. Kemeja dan Blus

Ketiga ada kemeja pria dan blus wanita yang dibuat dari bahan linen atau katun yang mudah kusut jika dilipat. Alasan mengapa menggantung kemeja pria dan blus wanita dianggap sebagai metode penyimpanan yang baik yaitu:

  • Menggantung kemeja pria dan blus wanita akan mempertahankan bentuk dan kerapiannya daripada dilipat.
  • Menggantung kemeja pria dan blus wanita bisa mencegah timbulnya efek lipatan yang terlalu tajam.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://www.amazon.sg/

Jika kamu ingin menggantung kemeja pria dan blus wanita pastikan jahitan di sepanjang bahu sejajar dengan tepi gantungan. Untuk mencegah agar pakaian tidak mudah kusut pastikan pula pakaian yang kamu simpan tidak saling berdesakan di dalam almari penyimpanan.

4. Jaket

Keempat ada jaket parka, jaket bomber, jaket puffer, jaket harrington, jaket kulit dan berbagai model jaket lain yang akan memakan banyak tempat ketika disimpan dengan cara dilipat. Selain lebih hemat tempat, menggantung jaket juga akan membuatmu lebih mudah menemukannya.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

Download Pola Jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola jaket yang sudah jadi.

5. Pakaian Berpayet

Kelima ada pakaian berpayet sepert halnya kebaya dan gaun yang memiliki detail cukup rumit. Beberapa alasan mengapa menggantung pakaiann berpayet lebih disarankan yaitu:

  • Menggantung pakaian berpayet dapat membantu mempertahankan bentuk dan hiasan pakaian dengan baik.
  • Menggantung pakaian berpayet dapat membantu mencegah hiasan, payet atau detail lainnya menjadi rusak karena terkena gesekan dengan permukaan lain.
  • Menggantung pakaian berpayet bisa membuat tampilannya tampak lebih rapi terutama jika pakaian tersebut terbuat dari bahan kain yang cenderung mudah kusut.

Menyimpan Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

Hal terpenting yang perlu diingat jika kamu ingin menyimpan pakaian berpayet dengan cara digantung yaitu pastikan gantungan yang kamu pakai memiliki karakteristik lembut untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bahu atau hiasan pakaian.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa contoh pakaian yang sebaiknya disimpan dengan cara dilipat dan digantung. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam menyimpan pakaian kesayangan yang kamu miliki ya.

Hal penting lainnya yang perlu kamu pertimbangkan saat menyimpan pakaian yaitu:

  • Pilih metode penyimpanan yang sesuai dengan ruang penyimpanan yang kamu miliki.
  • Sesuaikan cara menyimpan pakaian dengan bahan dan berat pakaian agar bisa dipakai untuk waktu yang lama.
  • Letakkan pakaian yang sering digunakan di tempat yang mudah diakses, sedangkan yang lebih jarang dipakai dapat disimpan di bagian yang lebih sulit dijangkau.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.