Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Mengemas / Menata…

7 Tips Mengemas / Menata Baju di Koper Biar Tetap Rapi

Jangan mengemas baju ke dalam koper secara asal-asalan!. Khusus untuk kamu yang ingin bepergian jarak jauh dengan menggunakan koper, berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menata baju di dalam koper agar tetap rapi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Manfaat Menata Baju di Koper

Menata baju di koper dengan cara yang baik dan benar termasuk ke dalam salah satu jenis keterampilan yang bermanfaat terutama saat bepergian jauh atau berlibur. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya:

  • Membantu mengurangi risiko terbentuknya kerutan pada baju dan mencegah kusut.
  • Mengoptimalkan penggunaan ruang di dalam koper, tanpa perlu khawatir kelebihan berat atau koper yang terlalu penuh.
  • Memudahkan proses pencarian barang-barang yang dibutuhkan tanpa harus mengacaukan isi koper secara keseluruhan.
  • Memungkinkan akses pakaian atau barang-barang lain yang ada di dalam koper dengan cepat dan efisien.
  • Membantu menjaga keamanan barang-barang di dalam koper, sehingga risiko kerusakan dapat dikurangi.

Packing Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

Tips Menata Baju di Koper

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang daat diterapkan untuk menata baju di koper agar tetap rapi tapi juga muat banyak ya?. Buat kamu yang mau bepergian mungkin kamu bisa menerapkan tips berikut ini.

1. Seleksi Baju Yang Akan Kamu Pakai

Jangan langsung mengambil semua baju di alemari lalu memasukkannya ke dalam koper. Tapi sebaiknya buatlah daftar rencana mengenai pakaian apa saja yang akan kamu gunakan ketika sampai di tempat tujuan.

  • Pilih baju yang ringan dan tidak memakan banyak ruangan di dalam koper kecuali jika memang kamu sangat membutuhkannya.
  • Pilih baju yang mudah dikombinasikan atau dipadupadankan supaya kamu tidak perlu membawa banyak baju di dalam koper.
  • Jika memungkinkan pilih baju yang bahannya tidak perlu disetrika agar tampilannya senantiasa tetap rapi meski disimpan di dalam koper.

Packing Baju

Sumber : https://twitter.com/MUJIindonesia/

Selain membuat daftar pakaian jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan lain yang mungkin kamu butuhkan saat tiba di tempat tujuan, misalnya saja peralatan mandi, makeup dan obat-obatan, untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal nantinya.

2. Pilih Koper Yang Sesuai Kebutuhan

Siapkan koper yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan kamu. Dalam hal ini pastikan koper tersebut memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk semua pakaian dan barang lain yang kamu bawa tanpa membuatnya terlalu penuh sehingga dapat menghindari kerutan pada baju.

Packing Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Gulung atau Lipat Baju Dengan Rapi

Hindari menumpuk baju secara acak, karena hal semacam ini dapat menyebabkan timbulnya kusut dan kerutan pada baju. Sebagai gantinya gulung atau lipat baju dengan rapi dan seragam, baru kemudian disusun di dalam koper.

  • Gulung atau lipat baju secara rapi satu per satu sebelum dimasukkan ke dalam koper.
  • Untuk menghemat ruang koper gulung kaos, celana jeans, kaos kaki dan beberapa pakaian lain yang kamu miliki.
  • Tapi kalau kamu harus membawa pakaian yang mudah kusut kamu cukup melipatnya hingga berukuran kecil saja.
  • Susun baju hingga semua ruang di dalam koper terisi tapi jangan sampai terlalu penuh dan berdesakan.

Packing Baju

Sumber : https://www.amazon.ca/

Selain membantu mengurangi kemungkinan kusut, teknik tersebut juga efektif diterapkan untuk membantu menghemat ruang di dalam koper.

4. Gunakan Organizer Bag

Lebih bagus lagi gunakan organizer bag untuk mengelompokkan jenis pakaian tertentu, seperti pakaian dalam, kaos kaki atau pakaian tidur. Tidak hanya membantu menjaga isi koper agar tetap rapi, namun penggunaan organizer bag ini juga akan mempermudah kamu dalam menemukan barang-barang saat tiba di tujuan.

Packing Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Maksimalkan Semua Ruang Yang Ada

Gunakan semua ruang yang ada di dalam koper dan juga celah kosong yang ada di antara baju untuk menyimpan barang-barang kecil atau aksesori lainnya seperti sepatu, topi atau perlengkapan mandi.

6. Gunakan Metode Pengemasan Kubus

Alternatif lain kamu juga bisa mengemas baju di dalam koper dengan menerapkan metode pengemasan kubus agar lebih mudah ketika mengambil barang bawaan dari koper. Caranya yaitu:

  • Pisahkan perlengkapan mandi, perlengkapan kosmetik, underwear dan pakaian biasa.
  • Masukkan setiap perlengkapan sesuai jenisnya ke dalam kantong vakum khusus yang berbentuk seperti kubus.
  • Jika sudah masukkan kantong-kantong tersebut satu per satu ke dalam koper.

Packing Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Susun Baju Sesuai Beratnya

Berikutnya susun baju di dalam koper berdasarkan beratnya (mulai dari yang paling berat ke yang paling ringan) untuk membantu menjaga koper agar tetap seimbang, mudah dibawa dan baju di dalamnya juga tetap rapi, terutama jika kamu ingin memakai koper yang beroda.

Packing Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

Jadi kalau kamu ingin memasukkan baju yang bahannya rentan kusut atau berkerut seperti linen atau katun, usahakan untuk menatanya di bagian teratas koper agar tampilannya tetap rapi dan tidak kusut karena tertimpa pakaian lain yang lebih berat.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai bagaimana cara terbaik yang dapat kamu terapkan untuk menata baju di koper. Dengan menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, semoga kamu dapat mengemas baju di koper dengan lebih efisien dan menjaganya tetap rapi selama perjalanan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk furing koper?. Yuk intip koleksi Kain Parasut Diamond (WP) dan Kain Parasut Honey Cons (WP) terbaik yang ada di katalog kain kami.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.