Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memotong dan Menjahit…

7 Tips Memotong dan Menjahit Kain Bermotif Garis-Garis

Memotong dan menjahit kain bermotif garis-garis atau motif stripe tidak dapat dipungkiri memang memerlukan sedikit keterampilan dan perhatian agar garis-garisnya tetap rapi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Apa Itu Kain Bermotif Stripe

Kain dengan motif stripe merupakan salah satu jenis bahan kain yang sangat digemari oleh banyak orang karena selain memiliki tampilan yang unik, kain tersebut juga sangat cocok digunakan untuk banyak keperluan, baik itu keperluan formal, semi formal maupun casual.

  • Motif stripe atau motif garis-garis umumnya terdiri dari garis-garis paralel yang berjajar secara teratur.
  • Motif stripe atau motif garis-garis hadir dalam berbagai tingkat ketebalan yang berbeda-beda, mulai yang garisnya tipis maupun yang tebal.
  • Motif stripe atau motif garis-garis seringkali memiliki warna yang berbeda-beda.

Sayangnya kalau dibandingkan dengan kain yang cenderung polos atau memiliki pola abstrak, kain bermotif garis-garis ini sebenarnya termasuk kain yang cukup sulit untuk dipotong dan dijahit.

  • Untuk kain yang bermotif stripe atau bermotif garis-garis harus diperhatikan betul peletakan polanya.
  • Ketika dijahit pun tiap bagian sambungan pakaian seperti garis tengah muka atau tengah belakang, pertemuan sisi badan serta pertemuan antara motif pada badan dan sakunya juga harus sama.

Karena alasan itulah jika kamu ingin membuat pakaian, tas atau produk jahit lainnya dari kain bermotif stripe atau kain bermotif garis-garis, penting bagi kamu untuk melakukan pemotongan bahan dengan benar begitupun saat menjahitnya.

Menjahit Kain Bermotif Stripe

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memotong dan menjahit kain bermotif stripe biar hasilnya simetris?. Berikut kami bagikan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berencana menjahit kain yang bermotif garis-garis.

1. Persiapkan Bahan Kain

Pastikan kain sudah disetrika dengan rapi untuk menghilangkan kerutan dan lipatan yang terdapat pada bahan akibat dari penyimpanan kain yang kurang baik.

  • Setrika kain pada bagian belakang atau bagian buruknya ke arah memanjang (arah lungsin).
  • Jika kain sulit diratakan, dapat dibantu dengan cara basahi permukaan kain kemudian setrika sampai bahannya benar-benar rata.

Menjahit Kain Motif Stripe

Sumber : http://sewaholic.net/

2. Tentukan Arah Potongan Bahan

Tentukan arah potongan bahan kain sesuai dengan motif stripe yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin potongan lurus sejajar dengan garis stripe atau miring (diagonal).

  • Dalam penggunaan bahan bergaris terdapat tiga arah utama yang bisa kamu pilih misalnya, arah vertikal (kearah lebar), arah horisontal (kearah panjang) dan garis diagonal.
  • Arah pemotongan bahan dapat menghasilkan versi yang seimbang (balanced) atau tidak seimbang (unbalanced).

Pada saat memilih pola atau model baju untuk bahan kain yang memiliki motif stripe atau motif garis-garis pilihlah desain baju yang sederhana dengan jumlah sambungan yang sangat sedikit supaya hasilnya jauh lebih baik.

3. Luruskan Benang di Ujung Bahan

Tarik satu atau dua helai benang pakan dari tepi ke tepi kemudian digunting mengikuti garis benang pakan yang dilepas tersebut agar hasilnya lebih terlihat bagus setelah menjadi pakaian.

Untuk meluruskan ujung bahan kain bermotif stripe atau bermotif garis-garis yang tidak dapat mengikuti arah benangnya (mungkin karena kainnya bowing atau skewing) kamu bisa mengikuti motif (sejauh penyimpangan arah benangnya tidak besar).

4. Jangan Sembarangan Melipat Kain

Selesai meluruskan kain menurut arah benang atau motif, jangan melipat kemudian memotong bahan kain secara asal. Tapi sebaiknya letakkan kain secara mendatar pada permukaan yang lebar dan rata kemudian potong setiap bagian pola satu demi satu.

5. Sematkan Banyak Jarum Pentul

Kalau kamu ingin mendapatkan dua lembar potongan bahan sekaligus yang simetris (misal badan sebelah kanan dan kiri), pastikan kamu melipat bahan kain dengan lebih hati-hati biar hasilnya lebih rapi.

Menjahit Kain Motif Stripe

Sumber : http://sewaholic.net/

Caranya yaitu lipat bahan kain menjadi dua lalu gunakan jarum pentul sebanyak mungkin untuk menahan lipatan kain dan memastikan bahwa garis-garis yang terdapat di kedua sisi kain benar-benar sama.

  • Pertama-tama lipat kain menjadi dua bagian atau sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah tempatkan beberapa buah jarum pentul pada motif yang segaris.
  • Selalu periksa sisi depan dan belakang kain untuk melihat apakah kamu sudah mensejajarkan garisnya dengan akurat.
  • Perbaiki posisinya jika tidak sejajar atau kurang sempurna.

Menjahit Kain Motif Stripe

Sumber : http://sewaholic.net/

6. Meletakkan Pola dan Memotong Bahan

Jika sudah sekarang kamu bisa langsung meletakkan pola diatas kain dan memotongnya dengan menggunakan gunting yang tajam.

Menjahit Kain Motif Stripe

Sumber :  http://sewaholic.net/

Hal terpenting yang perlu diperhatikan saat meletakkan pola pada bahan kain yang bergaris horisontal sejajar yaitu:

  • Mulailah dengan menentukan posisi keliman pada seluruh lembaran pola dan beri tanda yang jelas pada pola.
  • Letakkan posisi garis keliman pada bagian bawah dari garis paling dominan sebagai langkah awal.
  • Kalau garis keliman mempunyai lengkungan yang jelas, letakkan garis dominan pada bagian tengah belakang atau tengah muka.
  • Pastikan pula semua sambungan mempunyai garis yang cocok.

Menjahit Kain Motif Stripe

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sementara untuk bahan kain yang bergaris vertikal letakkan lembaran pola dengan posisi tanda garis seratnya sejajar dengan garis pola. Pastikan pola tengah muka dan tengah belakang pada garis dominan sehingga saat dijahit akan terlihat garis yang tidak patah atau menyambung.

Menjahit Kain Motif Stripe

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Periksa Hasil Potongan

Setelah selesai melakukan pemotongan bahan, sekarang periksa lagi hasilnya untuk memastikan bahwa garis-garis yang terdapat pada potongan kain tetap rapi kemudian satukan potongan-potongan bahan tersebut sesuai desain yang kamu inginkan.

Menjahit Kain Motif Stripe

Sumber : http://sewaholic.net/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk memotong dan menjahit bahan kain yang bermotif stripe biar hasilnya lebih rapi. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membuat kamu semakin terampil dalam memotong kain yang kamu inginkan ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.