Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Menarik Tentang…

10 Fakta Menarik Tentang Motif Stripe Yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Dikenal sebagai salah satu motif yang ikonik dan menjadi bukti bagaimana mode dapat mengalami perubahan, motif stripe  atau motif garis-garis yang tetap menjadi bagian penting dari budaya fashion selama berabad-abad teryata juga menyimpan banyak sekali fakta unik dan menarik yang perlu kamu ketahui lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Stripe

Motif stripe atau motif garis-garis merupakan sejenis motif atau pola yang terdiri dari garis-garis paralel yang berjajar secara teratur dan seringkali memiliki warna yang berbeda. Beberapa jenis motif stripes yang paling populer antara lain berupa:

  • Motif stripe horizontal yang terdiri dari susunan garis-garis mendatar dari kiri ke kanan.
  • Motif stripe vertikal yang terdiri dari susunan garis-garis dari atas ke bawah.  
  • Motif stripe diagonal yang berjalan miring dari sudut atas kiri ke sudut bawah kanan atau sebaliknya.
  • Stripes chevron yang terdiri dari garis-garis miring yang bertemu di tengah untuk membentuk pola V yang khas.

Fakta Menarik Motif Stripe

Sebagai salah satu motif terpopuler yang umum ditemukan pada desain dan mode, motif stripe sendiri pada prinsipnya juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut beberapa fakta menarik tentang motif stripe yang perlu kamu ketahui.

1. Punya Banyak Variasi Ukuran

Motif stripes alias motif garis-garis hadir dalam berbagai tingkat ketebalan yang berbeda-beda, mulai yang garisnya tipis maupun yang tebal. Garis-garis dalam motif stripe biasanya juga memiliki lebar dan jarak antara garis-garis yang beragam, sehingga menghasilkan tampilan yang bervariasi.

Motif Stripe

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Hadir Dalam Beragam Warna

Selain memiliki ukuran yang berbeda-beda, motif stripe juga hadir dalam berbagai warna, mulai dari kombinasi warna netral hingga warna-warna cerah dan mencolok. Dengan karakteristiknya yang begitu unik, motif stripe bisa memberikan fleksibilitas dalam berbagai gaya.

Motif Stripe

Sumber : https://blog.treasurie.com/

3. Pernah Jadi Simbol Satanis

Pada abad pertengahan, motif stripe atau motif garis-garis dianggap sebagai simbol dari “satanis”. Pernyataan yang sama bahkan tertulis dalam buku “The Devil’s Cloth: A History of Stripe and Striped Fabric” yang ditulis oleh Michel Pastoureau pada tahun 2001.

4. Menjadi Motif Baju Tahanan

Selain dianggap sebagai simbol satanis, motif stripe juga kerap diidentikkan sebagai simbol kriminalitas karena dulu juga digunakan sebagai seragam oleh para tahanan atau pelaku kriminaldi Amerika Utara.

  • Warna garis yang digunakan sebagai seragam tahanan yaitu berupa hitam dan putih.
  • Motif tersebut umumnya juga memiliki ukuran yang besar untuk meningkatkan visibilitas dan membuat para tahanan lebih sulit untuk melarikan diri.

Motif Stripe

Sumber : https://medium.com/

5. Identik Dengan Dunia Nautikal

Motif stripe  atau motif garis-garis sering kali dikaitkan dengan dunia nautikal dan pelaut. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya motif stripe yang terdiri dari garis-garis horizontal biru dan putih sebagai seragam resmi Angkatan Laut Perancis pada abad ke-19.

  • Motif stripe yang menjadi seragam Angkatan Laut Perancis dikenal pula dengan nama “breton stripe”.
  • Motif stripe tersebut lantas menjadi populer di dunia mode dan masih tetap menjadi ikon nautikal hingga hari ini.

Motif Stripe

Sumber : https://www.feraggio.com/

6. Berubah Jadi Simbol Kebaikan

Setelah melewati proses yang cukup panjang motif stripe selanjutnya juga mulai dikenal sebagai simbol kebaikan dan motif yang dekat dengan anak, ketika Ratu Victoria mendandani pangeran Albert Edward dengan kaos bermotif garis-garis layaknya bajak laut pada abad ke-18.

7. Menandai Adanya Perubahan Gaya

Motif stripes  atau motif garis-garis menjadi bagian penting dari perubahan gaya sepanjang sejarah mode. Hal ini bermula ketika Coco Chanel mulai memperkenalkan pakaian bergaris-garis yang terinspirasi dari seragam resmi Angkatan Laut Perancis.

  • Desainer mode terkenal Coco Chanel mengubah motif stripe menjadi trend mode yang lebih luas pada tahun 1917.
  • Sumber inspirasinya sendiri tidak lain adalah seragam Angkatan Laut yang dilihatnya ketika melakukan perjalanan menuju French Rivera. 

Motif Stripe

Sumber : https://cdgdbentre.edu.vn/

Berikutnya pada tahun 1950-an, barulah para perempuan mulai mengenakan baju motif stripe atau motif garis-garis.

  • Pada tahun 1950-an keberadaan baju bermotif garis kemudian menjadi lambang keberanian, ketegasan dan perubahan.
  • Ikon fashion yang memiliki pengaruh cukup besar dalam mempopulerkan baju motif stripe yaitu Marilyn Monroe, Audrey Hepburn dan Brigitte Bardot.

Motif Stripe

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

8. Tak Lekang Oleh Waktu

Motif stripe  atau motif garis-garis termasuk kedalam motif yang bersifat everlasting alias tidak pernah ketinggalan zaman.

  • Motif stripe sering digunakan dalam dunia mode karena kesederhanaannya dan kemampuannya untuk memberikan tampilan yang bersih, klasik dan serbaguna.
  • Motif stripe juga dianggap selalu relevan dan cocok untuk digunakan di berbagai kesempatan, mulai dari kesempatan formal hingga kesempatan casual.

Motif Stripe

Sumber : https://chasingcait.com/

9. Dapat Menciptakan Ilusi Optik

Motif stripe atau motif garis-garis dapat menciptakan ilusi optik yang menarik. Garis-garis vertikal dapat membuat seseorang terlihat lebih tinggi, sementara garis-garis horizontal dapat memberikan ilusi tubuh yang lebih lebar atau lebih berisi.

10. Aplikasi Motif Stripe Lainnya

Selain diaplikasikan pada berbagai produk fashion, motif stripe atau motif garis-garis juga dapat digunakan pada desain interior, seni grafis, lenan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Motif Stripe

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dalam dunia olahraga, motif stripe bahkan sering digunakan pada seragam tim olahraga. Fungsi utamanya tidak lain adalah untuk membantu membedakan tim kawan dan tim lawan serta memberikan tampilan yang menarik dan profesional pada pemakainya.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta menarik tentang motif stripe atau motif garis-garis yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan kamu akan motif stripe dan pemanfaatannya hingga saat ini ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.