Article

Homepage Article Kain Tekstil 10 Langkah Memotong Bahan…

10 Langkah Memotong Bahan Kain Bermotif Supaya Hasilnya Tampak Lebih Keren Setelah Dijahit

Memotong bahan kemeja, blouse, rok atau jenis pakaian lain yang dibuat dari kain bermotif misal bunga-bunga atau kain batik pada prinsipnya berbeda dengan cara memotong kain polos, karena gambar motifnya harus dibuat saling bertemu agar terlihat bagus dan tampak lebih rapi. 

Memotong Kain Bermotif

Sumber : https://clothhabit.com/

Masih sering dibuat bingung dengan cara memotong bahan kainnya?. Bila anda yang ingin mempelajari cara memotong kain bermotif dengan cara yang mudah anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Memotong Kain Bermotif

Sumber : https://so-sew-easy.com/

Untuk mendapatkan motif yang matching, sebenarnya anda hanya perlu memotong sebelah badan lebih dahulu dari pola baju. Selanjutnya cocokan potongan bahan tersebut dengan kain yang masih utuh. Setelah didapatkan gambar yang pas barulah kemudian di gunting pola yang satunya.

Memotong Kain Bermotif

Sumber : https://cutitoutstitchitup.wordpress.com/

Memotong Kain Bermotif

Sumber : https://cutitoutstitchitup.wordpress.com/

Langkah-Langkah Memotong Bahan Kain Bermotif

  1. Mula-mula bentangkan kain bermotif di atas meja kemudian amati gambar motif yang paling mencolok dan sekiranya bagus jika ditempatkan di bagian tengah baju.
  2. Tandai bagian motif yang akan anda gunakan sebagai titik tengah baju dengan menggunakan garis lurus. Lanjutkan dengan membuat garis lurus kedua, dengan jarak 1.5 cm dari garis yang pertama untuk tempat menumpuknya kancing dan lubang kancing.
  3. Buat pola baju bagian depan seperti biasa. Bisa sebelah kanan dulu atau sebelah kirinya terlebih dahulu. Setelah jadi langsung saja potong bahan kainnya dengan memberikan kelebihan sebanyak 3 cm di bagian depan untuk keliman tempat kancing dan rumah kancing.
  4. Cari gambar motif pada kain yang masih utuh atau belum digunting untuk dijadikan pasangan dari gambar motif kain yang sebelumnya telah dipotong.
  5. Lipat potongan kain yang pertama tepat pada garis tengah badannya, lalu tempelkan potongan bahan tersebut di atas kain yang masih utuh sesuai gambar motif yang sama persis.
  6. Tandai bagian motif kain yang sama dengan menggunakan garis lurus. Bagian ini nantinya akan menjadi bagian tengah baju.
  7. Tumpuk potongan kain yang pertama tepat di atas lembaran kain yang masih utuh dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan. Pastikan pula garis tengah baju dari kedua bahan berada pada satu garis yang sama.
  8. Jika dirasa sudah pas selanjutnya anda bisa langsung menggunting kain tersebut. Samakan guntingan kain ini dengan pola yang pertama.
  9. Cek kesesuaian motifnya dengan cara melipat bagian keliman tempat kancing dan rumah kancing dari masing-masing pola badan depan selebar 3 cm, lalu tumpuk bagian tempat kancing dan rumah kancing tersebut.
  10. Setelah dirasa cukup pas selanjutnya buat pola baju bagian belakang dan pola tangan seperti biasa, kemudian jahit baju tersebut sampai selesai.

Bila anda ingin membuat pakaian dari bahan kain yang bermotif usahakan untuk membeli kain dengan ukuran yang dilebihkan. Jika biasanya anda hanya membeli kain 1.5 meter maka untuk proyek kali ini belilah kain 2 meter. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda bisa mendapatkan motif yang pas sesuai dengan desain rancangan busana.

Saat memotong bahan kain, sebaiknya potong terlebih dahulu bagian yang lebih mudah terlihat misal bagian garis tengah badan depan baru dilanjutkan dengan memotong bagian lain, misal badan belakang, lengan, saku, dan kerah,

Cukup mudah bukan?. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline. Jika anda tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat pola bajunya anda bisa melihat video tutorial dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.