Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Walking Shoes…

7 Tips Memilih Walking Shoes Yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas jalan kaki memang menjadi salah satu latihan sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan. Tapi ingat untuk menunjang aktivitas tersebut penting bagi anda untuk memilih walking shoes yang tepat dan dibuat dari bahan yang berkualitas.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Walking Shoes

Walking shoes termasuk ke dalam jenis sepatu yang didesain untuk kegunaan khusus yakni berjalan. Meski sekilas tampak mirip dengan running shoes, sepatu ini sebenarnya tidaklah sama karena penggunaan kaki dan bentuk tubuh pada saat berjalan atau berlari juga berbeda.

Walking Shoes

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan walking shoes dengan running shoes yaitu:

  • Walking shoes secara keseluruhan memiliki bobot lebih berat dari pada running shoes karena saat berjalan seseorang membutuhkan sepatu yang lebih berat agar dapat berjalan dengan lebih seimbang.
  • Walking shoes bantalannya lebih tipis dibanding running shoes yang punya bantalan berlapis-lapis untuk meredam getaran selama berlari.

Tips Memilih Walking Shoes

Berencana untuk membeli walking shoes dalam wakktu dekat tapi masih bingung harus memilih walking shoes yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih walking shoes berikut kami bagikan beberapa hal penting yang layak anda pertimbangkan.

1. Tujuan Penggunaannya

Untuk memaksimalkan penampilan, pilihlah walking shoes berdasarkan tujuan penggunannya.

  • Jika anda berencana menggunakan walking shoes untuk berolahraga maka anda bisa memilih sepatu yang berdesain sporty.
  • Jika anda berencana menggunakan walking shoes untuk jalan santai di area outdor maupun shopping maka pilihlah walking shoes yang berdesain kasual.
  • Jika anda berencana menggunakan walking shoes untuk ke kantor atau sekolah maka pilihlah walking shoes yang berdesain lebih formal.

Walking Shoes

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

2. Kemudahan Dalam Pemakaian

Pilih model walking shoes yang paling sesuai dengan selera anda, dalam hal ini anda bebas mau memilih walking shoes dengan model slip on maupun model bertali.

  • Bila anda menginginkan sepatu yang mudah dilepas pasang carilah walking shoes model slip on atau walking shoes yang dilengkapi dengan velcro.

Walking Shoes

Sumber : https://footwearnews.com/

  • Bila anda menginginkan sepatu yang lebih stabil untuk jalan santai akan lebih baik jika anda memilih walking shoes model bertali.

Walking Shoes

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Bahan Walking Shoes

Untuk alasan kenyamanan pilih walking shoes yang dibuat dari bahan-bahan berkulitas agar sepatu yang anda miliki dapat menopang kaki dengan baik dan tidak menyebabkan cidera saat  melakukan perjalanan yang cukup jauh.

  • Khusus untuk anda yang biasa bepergian dengan menggunakan motor atau angkutan umum saat musim penghujan, utamakan untuk memilih walking shoes yang dilengkapi pula dengan fitur anti air.
  • Selain itu pertimbangkan walking shoes yang bersifat breathable, tidak akan mudah lembap dan tidak menyebabkan bau. Sebab pada saat berjalan kaki, kulit seseorang biasanya akan cenderung mudah berkeringat.

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, walking shoes sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang cukup bervariasi. Beberapa jenis bahan yang dimaksud antara lain berupa:

  • Scuba

Bahan scuba merupakan sejenis bahan kain yang memiliki karakteristik tebal, bersifat lentur dan seratnya seratnya terasa halus serta lembut.

  • Bahan scuba termasuk dalam bahan sintetis, karena dihasilkan dari pencampuran bahan polyester dan spandeks.
  • Kandungan polyester dan spandeks dalam scuba menjadikan bahan ini elastis.

Walking Shoes

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kulit

Bahan kulit baik itu kulit asli maupun kulit sintetis termasuk ke dalam jenis bahan terpopuler yang banyak dipakai untuk membuat walking shoes karena selain nyaman sepatu ini biasanya juga lebih awet.

Walking Shoes

Sumber : https://www.marksandspencer.com/

  • Knit

Bahan knit merupakan bahan sepatu yang bisa anda pilih jika anda mencari walking shoes yang empuk dan dapat membantu kaki berjalan dengan stabil.

Walking Shoes

Sumber : https://www.decathlon.co.id/

  • Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis kain yang memiliki serat yang tebal dan kuat. Walking shoes yang dibuat dari kain kanvas inipun juga bisa mengikuti bentuk kaki dan cenderung mudah untuk dibersihkan.

Walking Shoes

Sumber : https://www.ubuy.co.id/

4. Ukuran Sepatu

Pastikan walking shoes yang anda pilih ukurannya tepat dan pas di bagian kaki untuk menghindari ketidaknyamanan. Dalam menentukan ukuran sepatu, negara Indonesia sendiri mengikuti standar ukuran Eropa alias EU yang dinyatakan di dalam puluhan.

Berikut adalah standar ukuran sepatu orang dewasa Indonesia:

  • Ukuran 43 = 26,5 – 27 cm
  • Ukuran 42 = 26 – 26,5 cm
  • Ukuran 41 = 25,5 – 26 cm
  • Ukuran 40 = 24,5 – 25 cm
  • Ukuran 39 = 24 – 24,5 cm
  • Ukuran 38 = 23,5 – 24 cm
  • Ukuran 37 = 23 – 23,5 cm
  • Ukuran 36 = 22,5 – 23 cm
  • Ukuran 35 = 22 –  22,5 cm

Jadi bila sepatu yang hendak anda beli merupakan produk import yang dibuat dari negara lain misal US,  ada baiknya cari tahu konversi ukurannya di internet biar lebih pasti.

Ingat juga bahwa setiap produsen sepatu pasti memiliki standar ukuran tersendiri untuk produk yang dibuatnya. Jadi sepatu yang dibuat oleh brand satu dengan brand yang lain mungkin saja berbeda-beda di kaki anda meski ukurannya sama.

5. Outsole Sepatu

Pilih walking shoes dengan outsol atau tapak sepatu yang tidak licin dan anti slip. Outsole  sendiri merupakan bagian penting yang bertugas melindungi telapak kaki yang letaknya berada dibawah sepatu.

Walking Shoes

Sumber : https://www.lazada.com.my/

6. Pilih Saat Sore Atau Malam

Untuk mendapatkan sepatu yang tepat, usahakan pula untuk membeli sepatu pada saat sore atau malam hari, karena ukuran kaki seseorang biasanya akan lebih besar ketimbang di pagi hari.

Bila anda ingin mengenakan walking shoes dengan kaus kaki, pertimbangkan juga ketebalan kaus kaki yang biasa anda kenakan. Dalam hal ini anda bisa mencoba mencoba sepatu sembari memakai kaus kaki.

7. Kulitas Jahitan Sepatu

Ingat juga bahwa dalam memilih walking foot, kualitas jahitan juga menjadi hal yang utama harus dipertimbangkan.

  • Walking shoes yang berkualitas baik umumnya dijahit menggunakan stik kecil.
  • Walking shoes yang berkualitas baik jahitannya tidak loncat, tidak renggang dan halus.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk benang, velcro maupun pelengkap lainnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih walking foot. Dengan menerapkan tips di atas semoga anda bisa lebih mudah menemukan walking shoes yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain kanvas dan bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat walking shoes?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Kanvas dan Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.